Makan Jagung Rebus di Pagi Hari Memberikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

9 May 2022 09:57 2212 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Makan Jagung Rebus Di Pagi Hari Memberikan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Seperti diketahui bahwa jagung banyak mengandung serat, asam folat, vitamin C, karbohidrat, kalium, protein dan zat ryptoxanthin. Terutama untuk jagung yang diolah dengan cara direbus akan menyumbangkan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh karena di dalamnya mengandung antioksidan dimana kandungan ini bagus untuk menjaga kekebalan tubuh anda. Kandungan nutrisi jagung rebus inilah yang membuat anda memiliki kondisi kesehatan tubuh yang bagus jika dikonsumsi secara rutin setiap hari terutama untuk menu sarapan pagi.

Di bawah ini kami berikan beberapa manfaat makan jagung rebus yang dilakukan pada waktu pagi hari secara rutin untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Sebagai sumber energi

Manfaat pertama dari jagung rebus yang dikonsumsi pada waktu pagi hari adalah jagung rebus merupakan salah satu sumber energi yang baik bagi tubuh. Ini diperoleh karena adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalam jagung rebus. Sehingga tak mengherankan jika ada sekelompok orang di daerah tertentu yang mengkonsumsi jagung rebus untuk digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk penambah stamina tubuh ketika anda melakukan kegiatan sepanjang hari serta bisa menjadi metabolisme untuk tubuh. Menurut penelitian kesehatan dibutuhkan sekitar 50 persen kalori untuk tubuh, maka dari itu untuk mendapatkan kalori tersebut anda bisa mengkonsumsi jagung rebus untuk sarapan pagi.  

2/ Sebagai sumber vitamin B

Manfaat kedua dari jagung rebus yang dikonsumsi pada waktu pagi hari adalah sebagai sumber vitamin B dimana jagung adalah salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin B3, B5, B6 dan B9. Semua kandungan vitamin ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa serta ibu hamil. Kandungan vitamin B3 di dalam jagung rebus mempunyai fungsi untuk menjaga sistem saraf serta membuat kulit anda terlihat lebih bersih. Kandungan vitamin B5 bisa untuk membantu anda mendapatkan energi dan kandungan B6 bisa membantu mengatasi morning sickness maupun bisa untuk menghasilkan sel-sel darah merah bagi tubuh anda.

3/ Sebagai sumber asam folat

Manfaat ketiga adalah ditujukan untuk ibu-ibu yang lagi hamil muda, dimana jagung rebus berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Jagung rebus bisa menjaga kesehatan janin di dalam kandungan para ibu hamil yang secara rutin mengkonsumsinya terutama di waktu pagi hari. Ini bisa terjadi karena kandungan asam folat yang ada di dalam jagung rebus jumlahnya cukup besar. Dimana diketahui jika ibu kurang berhati-hati dalam menjaga kondisi kandungan terutama di usia muda maka bisa menyebabkan kecacatan saat lahir terutama pada otak dan saraf bayi. Inilah yang menyebabkan kenapa jagung rebus wajib dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi yang utama oleh ibu-ibu hamil secara rutin.

4/ Sebagai sumber antioksidan

Manfaat jagung rebus yang keempat adalah menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Sumber antioksidan ini bisa membantu melindungi kesehatan mata dari kerusakan sel-sel pada area mata. Juga kandungan zeaxanthin merupakan karotenoid yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan mata orang-orang yang rutin mengkonsumsinya. Juga ada kandungan lutein yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata yang mengkonsumsinya. Hal-hal inilah yang menyebabkan jagung rebus sangat penting untuk disantap pada waktu pagi hari. 

5/ Menjaga kesehatan jantung

Yang kelima adalah jagung rebus bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Karena di dalamnya banyak mengandung vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid. Kandungan nutrisi ini berguna untuk menjaga kolesterol dalam darah tetap dalam kondisi seimbang yang sekaligus bisa mengontrol kesehatan jantung dari masalah kardiovaskuler atau sakit jantung. Vitamin C yang ada dalam jagung rebus bisa untuk menurunkan asam amino dalam tubuh karena jika asam amino di dalam tubuh menumpuk dalam jumlah tinggi maka akan menyebabkan munculnya masalah pada pembuluh darah anda.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel