Manfaat Protein Bisa Dikumpulkan dengan Memperhatikan 4 Tips Menu Sehat untuk Anak

26 Apr 2022 14:00 1574 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Protein Bisa Dikumpulkan Dengan Memperhatikan 4 Tips Menu Sehat Untuk Anak

 

Tahukah para ibu bahwa agar anak-anak anda selalu tumbuh dengan sehat dan perkembangan tubuhnya berjalan secara optimal, mereka memerlukan beragam asupan gizi yang seimbang setiap harinya. Ini biasanya ditemukan dalam menu makanan bergizi seimbang yang di dalamnya ada berbagai jenis zat gizi yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. Salah satunya adalah protein. Dalam hal ini protein merupakan salah satu zat gizi makro yang selalu ditemukan di dalam tubuh anda sebagai bagian dari otot, tulang, kulit dan hampir seluruh jaringan tubuh. Protein terbentuk dari zat asam amino yang menghasilkan rantai panjang berasal secara alami terjadi di dalam tubuh ataupun dari asupan makanan sehari-hari.

Protein bermanfaat penting dalam pertumbuhan sel-sel tubuh. Protein akan membentuk enzim yang mendorong reaksi biokimia berfungsi dalam sistem pencernaan, produksi energi, pembekuan darah dan kontraksi otot. Protein akan membantu membangun, menjaga serta memperbaiki jaringan tubuh dan sekaligus sebagai komponen zat gizi terpenting di dalam pembentukan otot, rambut dan kuku. Protein berperan penting terhadap metabolisme tubuh yaitu dalam pembentukan hormon. Manfaat protein selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kekuatan sistem imunitas dengan cara membantu tubuh melalui proses regenerasi sel-sel tubuh ketika sedang melawan bakteri dan virus. Protein membantu produksi hemoglobin yang merupakan salah satu bagian terpenting untuk mengalirkan oksigen dan zat gizi lainnya ke seluruh bagian tubuh. Yang terakhir adalah protein bisa menjadi cadangan neregi ketika tubuh kekurangan karbohidrat.     

Nah manfaat protein bagi tubuh terutama anak-anak sangat banyak, oleh karena itu selalu pastikan anak anda memperoleh asupan protein sesuai dengan kebutuhannya setiap hari. Di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk menyiapkan menu sehat agar anak-anak anda bisa mendapatkan manfaat protein secara optimal.

1/ Pilihlah sumber protein yang tepat untuk anak bisa dikumpulkan dari beberapa jenis sumber makanan. Dalam hal ini anda mempunyai banyak pilihan sumber protein yang dapat diolah menjadi beragam jenis menu sehat. Untuk sumber protein hewani contohnya adalah susu dan produk-produk olahan susu, telur, daging ayam dan sapi rendah lemak, ikan dan lain sebagainya. Juga das umber protein nabati seperti kedelai dan produk olahannya yaitu tahu dan tempe, selai kacang serta beragam jenis kacang-kacangan lainnya.

2/ Siapkan menu sarapan yang banyak mengandung protein, masukkan ke dalamnya bahan makanan sumber protein di setiap waktu makan mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam sebagai salah satu bagian dari pemenuhan gizi yang seimbang. Untuk menjadi inspirasi menu sarapan yang banyak mengandung protein dan rasanya lezat, silahkan melihat di kumpulan resep makanan untuk anak sehat di internet.

3/ Selalu menyediakan protein dalam menu camilan sehat anak-anak. Camilan ini bisa berfungsi yaitu membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi seimbang anak termasuk mengetahui kebutuhan protein yang tepat. Siapkan menu camilan yang di dalamnya banyak mengandung bahan makanan sebagai sumber protein seperti pudding susu, pancake (dengan bahan dasar susu dan telur) atau minuman seperti milkshake, yogurt dan susu siap minum dalam kemasan.

4/ Olahlah bahan pangan sumber protein menjadi salah satu menu makanan yang disukai anak-anak anda. Bahan pangan sumber protein bisa diolah menjadi berbagai menu makanan. Dimana dalam hal ini kandungan protein di dalamnya bukanlah dari jenis zat gizi yang mudah larut atau hilang melalui proses memasak dan bahan pangan sumber protein haruslah dimasak dengan baik agar mudah dicerna dengan optimal oleh tubuh. Gunakanlah cara yang termudah untuk memperkenalkan manfaat protein pada anak-anak anda dengan melibatkan anak dalam menyiapkan menu makan dan arahkan untuk memilih bahan pangan yang sehat. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan bahan pangan yang bervariasi untuk menu makanan yang memenuhi gizi seimbang anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel