Tips Menghindarkan Anak Anda dari Rasa Bosan Selama di Rumah Saja

11 Apr 2022 16:00 1027 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tips Menghindarkan Anak Anda Dari Rasa Bosan Selama Di Rumah Saja

Untuk dapat memperlambat penyebaran virus corona atau covid-19 adalah dengan melakukan social distancing. Ini mengharuskan semua anggota keluarga terutama anak-anak untuk tetap berada di rumah saja. Inilah yang menjadi penyebab utama anak-anak terserang rasa bosan dan kemungkinan merindukan kegiatan bermain bersama dengan teman-temannya di luar rumah seperti jalan-jalan ke mall atau bermain di taman kota. Dr. Jack Maypole, dokter anak di Boston Medical Center, AS., berpesan agar para orangtua berpegang teguh kepada aturan untuk tidak memberikan izin kepada anak-anak bermain di luar rumah untuk sementara waktu ini. Nah untuk dapat menghibur anak-anak selama berdiam diri di dalam rumah, lakukan aktivitas seru ini bersama dengan mereka di rumah saja.

1/ Membaca buku

Aktivitas pertama yang dapat dilakukan adalah membaca buku dimana akan menjadi lebih menarik jika anda meluangkan sedikit waktu untuk membacakan buku-buku pilihan kepada anak-anak anda. Agar suasana tidak membosankan maka anda bisa meminta si kecil bergantian membacakan buku untuk anda. Mungkin mereka belum lancar bisa membaca namun pastikan mereka mampu menghafal isi bukunya sehingga akan memudahkan mereka untuk tertarik memahami isi bacaan sehingga membantu menghilangkan rasa bosan.

2/ Main tebak lagu

Senandungkan sebuah lagu tanpa lirik lalu minta si kecil untuk menebaknya dan bergantianlah melakukannya.

3/ Lakukan art and craft

Si kecil bisa anda ajak membuat proyek seni yang sifatnya bebas. Sediakan krayon, cat air, buku gambar besar, gunting anak, lem, kertas warna-warni, manic-manik dan perlengkapan pembantu yang lainnya. Buat kreasi yang menarik dari bahan-bahan ini dengan cara yang paling mudah dan pajang hasilnya di pigura.

4/ Berkebun di halaman belakang rumah  

Ajaklah anak-anak anda untuk mengisi waktu luang dengan cara berkebun. Mereka bisa bertugas menyirami tanaman dan memberikan pupuk. Berkebun akan memberikan anak-anak stumulasi sensori dan motorik.

5/ Main petak umpet

Untuk anak-anak yang sudah memasuki usia di atas balita (duduk di bangku TK / SD) ajaklah mereka untuk bermain petak umpet karena sejak dulu permainan ini tak pernah gagal membuat mereka bisa bersenang-senang.

6/ Rendahkan ring basket

Untuk dapat bermain basket, pasang ember ukuran besar atau keranjang sampah warna-warni di seberang ruangan atau halaman dan anak-anak diadu lari guna melihat siapa yang bisa lebih dulu memasukkan bola. Gunakan bola empuk yang ringan atau bola plastik daripada bola basket betulan.

7/ Cobalah bermain sepakbola solo

Anda dan anak-anak bisa secara bergantian menggiring bola sambil berlari ke seberang halaman. Hitung jumlah tendangan anda lalu tantang si kecil untuk mampu mengalahkan rekor anda. Berikan anak tantangan yang lebih kecil saja karena mereka biasanya akan kesulitan untuk mengalahkan anda seperti menilai jarak yang akan dicapai setelah beberapa kali tendangan. 

8/ Bermain engklek

Mainkan permainan ini sambil berjemur di waktu pagi hari di teras rumah anda. Bisa bersantai sambil olahraga yang bagus untuk kesehatan tubuh.

9/ Bermain zebra cross

Ini adalah salah satu referensi permainan fisik yaitu dengan menyiapkan selotip warna hitam lalu membuat beberapa garis dengan menyisipkan jeda ukuran 40 cm. Mintalah anak-anak untuk melompat lalu berhenti di masing-masing garis hitam saja. Mereka tidak boleh mendaratkan kaki di luar garis hitam.

10/ Menonton filma keluarga bersama-sama

Temukan genre film yang anda dan anak-anak sukai lalu jadikan waktu di rumah sebagai we time. Setelah menonton film pilihan selanjutnya ajaklah si kecil mengobrol tentang film tadi misalnya tentang bagaimana mereka memandang tokoh utama, tanyakan apa yang mereka rasakan dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi pintu masuk untuk membuat anak-anak lebih bersifat terbuka kepada anda. Jangan lupa siapkan cokelat, roti, permen, atau popcorn dan camilan lainnya agar aktivitas ini menyenangkan dilakukan.

Untuk menjaga agar anak-anak tertib menjalankan rutinitas barunya di rumah maka anda perlu membuat jadwal. Dengan demikian mereka akan menjadi lebih mampu memprediksi apa yang akan mereka lakukan dan melatih kedisiplinan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel