Daya Beli Akan Meningkat dengan Memperhatikan 5 Faktor Keberhasilan Desain Produk

8 Apr 2022 18:00 3480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Daya Beli Akan Meningkat Dengan Memperhatikan 5 Faktor Keberhasilan Desain Produk

Suatu perusahaan harus benar-benar mampu merencanakan dengan matang tentang desain dari produk yang akan dikeluarkan. Ini Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk meningkatkan daya beli akan sebuah produk, sebuah perusahaan wajib melakukan ini. Dimana hal utama yang akan memegang peranan penting keberhasilannya adalah berhubungan dengan kemasan dari suatu produk yang akan pertama kali dilihat untuk meningkatkan daya tarik konsumen untuk bersedia membeli produk-produk perusahaan bersangkutan. Kemasan atau desain sebuah produk bisa mewakili kualitas produk tersebut karena pertama kali yang bisa meyakinkan para konsumen untuk membelinya adalah desain produk atau kemasan ini. Maka dari itu sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk benar-benar merencanakan mengenai desain produk ini yaitu tidak hanya menggambarkan tentang kualitas produk saja melainkan juga bisa mengomunikasikan manfaat dari produk bersangkutan.

Apa sebenarnya yang bisa menjadi faktor utama mempengaruhi suatu desain produk di dalam sebuah perusahaan ? Berikut ini adalah penjelasan secara mendetail mengenai faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap desain produk yang perlu anda ketahui.

1/ Standar dan spesifikasi desain

Yang pertama adalah dalam menciptakan suatu desain produk perusahaan haruslah memperhatikan karakteristik produk yang hendak ditawarkan. Hal ini sangat mempengaruhi desain produk yang akan dibuat nantinya. Karakteristik dari produk inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk memilih color palate warna yang sesuai dengan produk, model ilustrasi yang bagaimana bisa mewakili tujuan dari produk dan lain-lainnya. Pembuatan dari desain produk ini haruslah mengandung keseluruhan informasi yang mendetail.

2/ Harga dan volume produk

Pihak perusahaan atau produsen harus mempertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan harga dan volume produk yang akan diproduksi nantinya. Ini tidak lain dan tidak bukan dimaksudkan agar ketika hendak memproduksi kemasan dan juga produk itu sendiri tidak menyebabkan terjadinya lonjakan anggaran yang besar. Karena hal ini bisa saja merugikan pihak perusahaan apabila jumlah yang dikeluarkan tidak bersesuaian dengan anggaran yang diterima.

3/ Prototype produk

Prototype adalah model yang umumnya dikeluarkan oleh perusahaan guna bisa mewakili produk-produk asli yang akan ditawarkan terhadap para konsumen. Ini diperuntukkan agar para konsumen benar-benar bisa mengenali dengan mudah ragam jenis produk yang akan ditawarkan dengan baik. Prototype yang dikeluarkan oleh perusahaan erat hubungannya dengan produk yang terwujud dalam bentuk sampel produk yang akan diberikan secara gratis untuk mempermudah para konsumen merasakan produk anda sebelum nantinya memutuskan untuk membeli. Ini dilakukan lebih tepatnya untuk meyakinkan konsumen saja bahwa produk yang ditawarkan benar-benar terjamin kualitas dan rasa seperti yang tertera dalam kemasan produk. Ukuran dari prototype produk rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan yang asli.

4/ Fungsi dan kegunaan produk

Suatu desain produk haruslah bisa mengkomunikasikan mengenai detail produk yang hendak ditawarkan untuk konsumen dengan gamblang. Ini memiliki tujuan untuk menjadikan konsumen lebih mudah mengerti mengenai kandungan dari produk, untuk siapa produk itu ditujukan dan lain sebagainya. Juga untuk membuat para konsumen mengetahui dengan lebih jelas untuk siapa saja produk tersebut akan diperjualbelikan. Beberapa komposisi produk seringkali berada dalam kemasan produk bersangkutan.

5/ Tanggung jawab terhadap produk

Yang kelima adalah tanggung jawab terhadap produk yaitu pemberian kepastian atau jaminan perusahaan terhadap produk-produk yang mereka tawarkan. Ini tak lain dan tak bukan bertujuan untuk menghilangkan keraguan para konsumen terhadap produk yang ditawarkan dan semakin mendongkrak keyakinan konsumen terhadap produk anda. Contohnya adalah berhubungan dengan desain produk suatu perusahaan yang mencantumkan logo halal, pihak perusahaan sudah menjamin dan memberikan kepastian bahwa produk yang ditawarkan tersebut sudah memenuhi ketentuan yang ada dan kehalalannya sudah diperiksa. Sehingga para konsumen tidak perlu resah akan hal tersebut.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.haloedukasi.com/faktor-yang-mempengaruhi-desain-produk/

 

Tags Apple

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel