Pendapat Para Ahli Tentang Reboisasi dan Manfaatnya

7 Apr 2022 19:30 3118 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pendapat Para Ahli Tentang Reboisasi Dan Manfaatnya  

Reboisasi / reforestation adalah salah satu kegiatan berupa penanaman kembali bibit pepohonan pada lahan yang tandus dan gundul yang disebabkan oleh ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Reboisasi penting dilakukan karena pepohonan bisa menyediakan oksigen dalam jumlah yang mencukupi serta mampu menangkap polusi serta karbondioksida. Pepohonan juga mempunyai manfaat lain yang berguna bagi kelangsungan kehidupan manusia, lingkungan dan seluruh mahkluk hidup lainnya di bumi dan menghindari terjadinya abrasi dan erosi yang bisa merugikan seluruh mahkluk hidup di bumi.

Reboisasi Menurut Penjelasan Para Ahli

Tersebut di bawah ini adalah beberapa pengertian reboisasi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut :

1/ Manan (1978) berpendapat bahwa reboisasi adalah salah satu kegiatan penghutanan kembali terhadap lahan dalam kondisi gundul dan terdapat bekas tebangan ataupun lahan-lahan kosong di dalam hutan.

2/ Kadri dkk (1992) menjelaskan bahwa reboisasi merupakan salah satu kegiatan untuk membangun hutan kembali di dalam area yang telah habis, bekas tebangan maupun pada lahan-lahan kosong yang terdapat di dalam area hutan. Kegiatan reboisasi ini termasuk peremajaan pohon, penanaman pohon kembali dan menanam jenis pohon lainnya yang belum ada di dalam area hutan bersangkutan.

3/ PP no. 35 tahun 2002, reboisasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menanam pohon di kawasan hutan yang telah rusak atau pada lahan-lahan kosong yang biasanya berisikan alang-alang dan semak belukar agar fungsi lahan tersebut bisa dikembalikan sebagaimana mestinya dengan baik.

4/ Kepmenhut 797/Kpts-II/ tahun 1998 berpendapat bahwa reboisasi adalah salah satu jenis kegiatan peremajaan pohon dan penanaman kembali pohon di area hutan yang rusak dimana kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan untuk menunjang keselamatan hutan. Penanaman hutan ini dilakukan terhadap pohon yang sengaja diperuntukkan untuk menjadi hutan atau lahan hijau.

Reboisasi Dan Manfaatnya

Reboisasi merupakan salah satu bentuk dari kepedulian manusia terhadap alam yang wajib dilakukan karena jika tidak maka alam bisa menjadi rusak dan punah. Sebagai kelompok generasi muda di dunia haruslah memberikan aksi nyata dengan melakukan reboisasi ini yang sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan di area hutan saja namun juga bisa dilakukan di dalam lingkungan sekitar dengan membuka lahan hijau.

1/ Manfaat secara ekonomis

Pepohonan mempunyai manfaat secara ekonomis contohnya adalah memfungsikannya menjadi bagian dari pohon itu sendiri seperti buah, daun, batang, akar dan lainnya sebagai salah satu komoditas perdagangan yang menghasilkan nilai-nilai ekonomis tinggi dimana hal ini harus selalu dikombinasikan dengan usaha penyelamatan pohon bukan malah mengeksplotasinya.

2/ Manfaat secara hidrologis

Manfaat kedua yang bisa diambil dari pepohonan adalah bisa menyimpan cadangan air yang ada di dalam tanah. Semakin banyak pohon yang ditanam maka kapasitas air yang disimpan di dalam tanah akan semakin besar dan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia karena bisa memberikan cadangan air ketika musim kemarau tiba dan menghindarkan banjir serta penyebab pemanasan global.

3/ Manfaat secara klimatologis

Manfaat pepohonan yang ketiga adalah kemampuan dirinya di dalam menghasilkan oksigen karena proses fotosintesis yang dilakukan bisa menghasilkan oksigen, pepohonan juga bisa menyerap karbondioksida di udara sehingga udara akan bebas dari polusi dan dampak pencemaran.

4/ Manfaat secara orologis

Manfaat pepohonan yang keempat adalah secara orologis yaitu dapat menahan erosi tanah sehingga tidak mudah terjadi longsor.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel