Bagaimana Cara Memasak Kulit Pastel yang Tahan Lama dan Garing ?

6 Apr 2022 16:00 6213 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Memasak Kulit Pastel Yang Tahan Lama Dan Garing ?

Pastel adalah salah satu jajanan basah yang banyak memiliki penggemar dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang enak dengan tekstur kulit yang renyah dan bentuk unik yang menarik. Untuk isian pastel menggunakan daging ayam dan aneka sayuran segar yang berwarna dan juga bihun dicampur dengan bumbu spesial menjadikannya sebagai salah satu jajanan kekinian yang rasanya gurih dan lengket di lidah. Nikmat disantap ketika keadaan hangat-hangat kuku bersama dengan minuman pendamping sebagai kudapan. Pastel bisa dengan mudah dibuat di rumah dimana yang perlu mendapatkan perhatian adalah membuat kulit pastel hingga mengisinya dengan bahan-bahan isian. Jangan takut gagal membuat kulit pastel, sebab dengan mengetahui tips membuat kulit pastel yang tepat maka anda bisa mendapatkan kulit pastel yang renyah / garing dan enak. Simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

Resep Membuat Kulit Pastel Sederhana

Waktu yang dipersiapkan sekitar 15 menit, waktu memasak 45 menit, porsi 12 orang dan kandungan kalori sekitar 235 kcal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 3 sdm minyak
  • 3 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • 150 ml air dingin
  • 2 sdt gula pasir atau sesuai dengan selera

Cara membuat kulit pastel yang sempurna :

Siapkan terlebih dahulu semua bahan untuk membuat kulit pastel. Pertama silahkan terlebih dahulu panaskan minyak goreng sebanyak 3 sdm lalu masukkan margarin untuk dipanaskan atau dicairkan. Sisihkan. Kedua siapkan wadah yang akan dipakai untuk membuat adonan. Masukkan ke dalamnya terigu, minyak panas, lalu aduk-aduk dengan merata hingga menjadi butiran seperti pasir. Ketiga silahkan masukkan margarin yang sudah dicairkan. Aduk-aduk kembali hingga merata. Selanjutnya masukkan air dingin setengahnya saja dan uleni adonan sampai merata. Untyk sisanya jika masih kurang anda bisa menambahkan lagi sedikit air. Uleni hingga merata. Langkah berikutnya adalah membentuk adonan menjadi bulat dan masukkan ke dalam plastik untuk diletakkan dalam kulkas selama kurang lebih 20 menit. Jika mencapai 20 menit, silahkan keluarkan kulit pastel dari dalam kulkas. Adona pastel bisa dibagi ke dalam beberapa bagian untuk digiling tipis-tips dengan memakai cetakan pastel atau tangan. Barulah tambahkan isian pastel sesuai dengan selera.   

Membuat kulit pastel haruslah dilakukan dengan cara yang benar agar menghasilkan tekstur kulit yang garing saat digoreng. Kemudian perhatikan bahan isian sesuai selera untuk mendapatkan hidangan pastel yang benar-benar enak.

Tips Membuat Kulit Pastel Agar Sukses Dan Hasilnya Renyah

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika berencana untuk membuat kulit pastel. Simak tipsnya berikut ini :

  • Sebaiknya anda menggunakan air es. Penggunaan air es akan menjadikan kulit pastel lebih renyah. Juga, hasil ulenan akan menjadi lebih elastic dan tidak mudah sobek.
  • Perhatikan takaran adonan kulit pastel. Perhatikan porsi garam serta margarin dalam adonan kulit pastel akan membuat kulit pastel menjadi lebih gurih. Jangan membuat adonan yang terlalu tipis atau terlalu tebal. Jika kulit pastel terlalu tipis maka akan mudah robek ketika digoreng. Sedangkan jika terlalu tebal maka kulit pastel bisa menjadi tidak renyah.
  • Gilas hingga benar-benar halus. Jika adonan kulit sudah siap, anda bisa segera gilas atau pipihkan kulit pastel agar menjadi lebih halus. Gunakan penggilas kayu atu mesin untuk menggiling mie guna menipiskan adonan kulit pastel yang sedang dibuat. Bila memakai gilingan mie maka anda bisa memakai nomer 5. Sedangkan jika memakai penggilas kayu maka anda cukup menggilas adonan sampai benar-benar halus dan adonan tidak sobek.
  • Uleni adonan secukupnya. Ini dilakukan agar hasilnya menjadi lebih elatis dan lembut. Sebaiknya jangan uleni adonan pastel terlalu lama karena akan membuat lemak dari margarin mencair. Jika sudah seperti ini maka kulit pastel akan menjadi kurang rnyah pada saat digoreng.
  • Gunakan minyak panas saat akan menggoreng. Ini dilakukan agar kulitnya tetap dalam kondisi renyah dan tidak lembek. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum anda memasukkan pastel ke dalam wajan untuk digoreng. Bila sudah matang maka silahkan angkat dan tiriskan 2 kali agar kulit pastel tidak mudah lembek dan berminyak. Jangan membolak-balikkan pastel ketika menggoreng karena akan membuat pastel tidak mengembang. Ketika pastel sudah dimasukkan ke dalam penggorengan maka sebaiknya langsung menyiram dengan minyak goreng panas. Seperti ini akan membuat kulit pastel mengembang bahkan membuat tampilannya terlihat menarik.
  • Perhatikan isian pastel yang akan digunakan. Pastikan isian pastel tidak mempengaruhi kerenyahan kulit pastel. Hindari membuat isian pastel yang terlalu basah kemudian memasukkan ke dalam kulit pastel dalam keadaan panas. Ini akan membuat kulit pastel menjadi lembek dan berbintil-bintl. Sebaiknya buat bahan isian kulit pastel sehari sebelum membuat kulit pastel. Kemudian simpan dalam kulkas agar tidak membuat kulit pastel lembek.
  • Sebagian pastel disimpan dalam kulkas. Jika anda membuat pastel dalam jumlah banyak, anda bisa menggorengnya setengah kering kemudian simpan dalam lemari es ataupun freezer. Jika akan disajikan, anda bisa menggoreng lagi pastel sampai benar-benar kering. Cara ini akan membuat kulit pastel tetap renyah serta tidak mudah sobek, bahkan jika sudah dingin, kulit pastel tidak akan menjadi lembek.   

Semoga bermanfaat.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel