Membahas Tentang Pengertian, Strategi dan Cara untuk Membedakan Produk Anda dari Diferensiasi Produk

4 Mar 2022 12:25 11641 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Membahas Tentang Pengertian, Strategi Dan Cara Untuk Membedakan Produk Anda Dari Diferensiasi Produk

Yang dimaksud dengan diferensiasi produk adalah serangkaian proses yang digunakan sebagai alat untuk membedakan antara produk atau layanan yang anda lakukan dengan pihak-pihak lainnya. Proses ini melibatkan detail-detail karakteristik dari masing-masing produk yang telah dihargai oleh konsumen dan menjadikannya sesuatu yang unik. Saat berhasil ditonjolkan dari perbedaan yang ada, diferensiasi produk akan menciptakan keunggulan-keunggulan yang sifatnya kompetitif dikarenakan para pelanggan telah melihat produk anda sebagai yang superior.

Sangat penting bagi suatu perusahaan guna membedakannya dengan para competitor dikarenakan ada ratusan produk-produk baru yang sudah masuk ke pasar setiap hari. Dan saat dihadapkan dengan terlalu banyak pilihan maka para konsumen akan bingung dalam memilih lalu pada akhirnya akan mengambil sebuah keputusan untuk tidak membeli barang tersebut. Inilah yang menyebabkan mengapa sangat penting untuk bisnis anda menemukan beberapa cara supaya produk-produk anda terlihat lebih istimewa dan menonjol serta dianggap unik dan berharga dibandingkan barang-barang yang serupa. Tim pemasaran akan berupaya untuk menjelaskan kepada masing-masing pelanggan tentang apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh produk anda dan mampu membandingkannya dengan para pesaing. Apabila perusahaan yang anda kelola mempunyai banyak produk maka pastikan masing-masing produk mempunyai identitas yang jelas guna menghindari kebingungan ketika konsumen diharuskan menentukan pilihan. Menciptakan dan membuat produk-produk yang berbeda adalah hal yang menarik dilakukan bagi calon konsumen. Hal ini bisa membantu membangun keunggulan kompetitif produk dibandingkan merek lainnya. 

Strategi Diferensiasi Produk

Loyalitas merek bisa didapat jika strategi diferensiasi produk dilakukan dengan baik, akan menjadi hal terpenting yang perlu difokuskan untuk masing-masing bisnis yang telah sukses dijalankan. Strategi ini mengkhusus pada persepsi terhadap nilai pembeli. Selama para penjual terus memberikan kualitas pelayanan tertinggi maka basis pelanggan akan tetap loyal. Segmentasi pasar saat ini adalah dihadapkan kepada persaingan bisnis yang sifatnya sangat kompetitif. Apabila suatu produk tidak mempunyai kualitas tinggi secara konsisten maka para konsumen bisa saja akan beralih ke pilihan yang lainnya. Dimana diketahui membuat produk yang sifatnya unik tidak akan cukup guna memperoleh keunggulan kompetitif dari diferensiasi produk apabila pembeli tidak mengetahui perbedaan produk anda dengan merek-merek lainnya.

Para penjual wajib mempunyai pemahaman yang sifatnya menyeluruh tentang harapan para pembeli dan bagaimana produk bersangkutan akan digunakan. Misalnya saja tujuan membeli mobil adalah sebagai alat transportasi tetapi bila membeli mobil juga akan menyumbangkan perasaan berupa pencapaian dan harga diri yang tinggi maka para penjual akan mempunyai keunggulan yang sifatnya kompetitif terhadap produk mobil yang mereka pasarkan. Cara lain diferensiasi produk yang penting untuk diperhatikan adalah memberikan kontribusi kepada persepsi pembeli bahwa tidak ada merek yang sejenis dengan produk yang anda pasarkan. Diferensiasi produk akan menyoroti tentang banyak hal khususnya yang membedakan antara produk-produk anda dengan para competitor. Konsumen akan melihat bahwa masing-masing produk competitor tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka. Inilah yang akan meningkatkan harapan konsumen tentang kesadaran standar kualitas yang akan mereka terima.

Cara Untuk Membedakan Produk Anda

Tentu saja anda tidak ingin produk anda terlihat aneh hanya karena anda menginginkan agar produk anda terlihat berbeda bukan ? Begitu juga sebaliknya, pertimbangkan apa yang paling penting untuk diberikan kepada pelanggan anda lalu membiarkan ini yang menjadi pendorong keputusan anda tentang bagaimana cara membedakan produk-produk anda. Diferensiasi produk anda dalam hal ini harus mampu muncul setelah secara berhati-hati melakukan penelitian terhadap persaingan dan hal ini haruslah menjadi bagian dari visi produk anda yang lebih besar.

Pelayanan Kepada Para Pelanggan

Fitur untuk produk anda kemungkinan akan mirip dengan yang lainnya dalam banyak hal. Tetapi anda bisa membedakan antara produk anda melalui banyak pengalaman tentang pemakaian produk anda dengan cara mengumpulkan tim pelayanan pelanggan yang sifatnya profesional agar memperoleh reputasi yang sifatnya responsif terhadap ide-ide pelanggan, permintaan dan kebutuhan. Ini erat kaitannya dengan aftersales dalam bisnis yaitu menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Perlu anda ketahui bahwa dalam menjaga kesetiaan konsumen terhadap produk anda akan menjadi lebih sulit dilakukan daripada hanya sekedar mendapatkan konsumen yang baru.  

Berhubungan Dengan Kualitas

Apakah produk-produk anda akan bekerja secara optimal atau mempunyai mutu lebih bagus dibandingkan dengan produk pesaing anda ? Apakah anda akan menawarkan beberapa fungsi yang tidak dimiliki pesainga anda ? Bisakah para pengguna atau konsumen mengharapkan produk anda bertahan lebih lama dibandingkan produk-produk lain ? Keunggulan yang sifatnya kompetitif dari produk anda mungkin telah terbukti mampu berfungsi sebagai konstruksi yang lebih unggul dan bisa diandalkan.

Berhubungan Dengan Harga

Ini erat kaitannya dengan harga produk yang anda tawarkan apakah lebih rendah atau lebih tinggi dari produk-produk pesaing anda dan produk lain yang akan anda tawarkan ? Harga yang anda jual haruslah mencerminkan nilai keseluruhan dari nilai dan fitur yang ditawarkan. Misalnya anda bisa saja membenarkan harga yang lebih tinggi apabila para pelanggan mengetahui bahwa produk anda menawarkan kualitas yang terbagus di kelasnya. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Mobil Ferrari yang memasang harga terbilang sangat tinggi untuk setiap jenis mobil keluaran mereka. Tetapi sebaliknya memberikan harga yang terlalu rendah pada produk-produk anda bisa membuat para pelanggan mungkin beranggapan bahwa produk anda bukanlah pilihan terbagus.

Berhubungan Dengan Desain

Apakah produk-produk anda mempunyai desain berbeda-beda dan apakah ini yang membedakannya dari yang lainnya ? Misalnya produk anda memiliki bentuk ramping dan mempunyai pengalaman pengguna yang sifatnya sederhana, sedangkan penawaran pesaing anda tampil agak kuno dan ketinggalan zaman. Perbedaan inilah yang diharapkan bisa membantu para pelanggan terhubung dengan merek anda. Contohnya adalah tentang kepekaan desain modern dari thermostat merek Nest. Alih-alih akan menyalin bentuk persegi panjang dari thermostat lain, perusahaan ini cenderung memilih lingkaran sederhana dengan tampilan yang mudah dibaca dan berubah warna.

Erat Kaitannya Dengan Manfaat

Nilai-nilai apakah yang dapat dikumpulkan oleh para pelanggan jikalau menggunakan produk anda dibandingkan dengan produk kompetitor ? Masalahnya adalah apa saja yang akan dipecahkan oleh produk yang anda buat ? Bagaimana ini akan membuat calon konsumen lebih mudah dan lebih baik ? Misalnya produk anda kemungkinan adalah satu-satunya aplikasi seluler yang bisa mengetahui cuaca di daerah tertentu secara real time. Hal seperti ini sangat dibutuhkan bagi mereka para pekerja lapangan.

Nah pada akhirnya bagaimana cara anda mendeferensiasi produk anda tidak boleh berupa keputusan yang sewenang-wenang atau respons reaktif terhadap apa pun yang dilakukan oleh para pesaing anda. Begitu juga sebaliknya, diferensiasi produk anda haruslah muncul dan lebih unggul dari tujuan tingkat tinggi dan inisiatif khusus untuk produk dan bisnis yang anda kelola. Bersamaan dengan hal ini, mengaplikasikan alat-alat yang tepat untuk bisnis anda merupakan hal lain yang dapat membuat bisnis anda tumbuh secara optimal. Misalnya saja alat untuk pencatatan transaksi dan akuntansi. Di era kecepatan informasi seperti saat ini, memilih aplikasi akuntansi perlu memperhatikan apakah bisa digunakan di kapanpun dan dimanapun adalah salah satu yang wajib bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel