Mechanical Keyboard Zaman Now, Sama Saja atau Lebih Menarik?

14 Feb 2022 13:00 2782 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan singkat soal Mechanical Keyboard sekarang ini, dan modifikasinya.

Sudah bertahun-tahun sejak keyboard mekanikal atau yang lebih dikenal dengan mechanical keyboard hadir dan mendampingi kita dalam aktivitas sehari-hari.

Bagi yang belum tahu, mechanical keyboard itu adalah sebuah jenis keyboard yang menggunakan per dan switch sendiri-sendiri yang memberikan kesan lebih ‘springy’ atau ‘towew-towew’ dibandingkan dengan keyboard yang menggunakan membrane serta memberikan suara dan feel feedback yang berbeda-beda.

mechanical keyboard merek Fantech Maxfit67 dengan layout 65%

Banyak kelebihan yang dimiliki sebuah mechanical keyboard, seperti ketahanan atau durabilitasnya yang lebih superior dibandingkan keyboard biasa. Kemudian juga kemudahan dalam perbaikan jika ada kerusakan; karena pada umumnya mechanical keyboard tidak membutuhkan penggantian part secara menyeluruh untuk perbaikan. Kemudian yang paling utama dan yang mungkin menjadi menyebabkan mechanical keyboard menjadi sebuah hobi sekarang ini adalah karena mechanical keyboard itu banyak yang bisa di-custom sehingga nantinya menjadi sebuah mechanical keyboard sesuai dengan preferensi masing-masing pemiliknya.

Secara umum, ada beberapa bagian yang memang sering di-custom dan dimodifikasi oleh para penggiat hobi mechanical keyboard, seperti switch, keycaps, stabilizer dan casing-nya.  

Semakin kesini, sebetulnya para penggiat hobi mechanical keyboard semakin dimanjakan dengan kemudahan dalam kustomisasi dan modifikasi.

 

Kabel Konektor

Seperti contohnya dulu, kabel yang menghubungkan antara keyboard dan komputer itu tersolder pada PCB, namun sekarang kabel tersebut terhubung ke sebuah port USB sehingga ketika ingin mengganti kabel dari keyboard hanya tinggal membeli kabel yang diinginkan di toko-toko gadget dan elektronik kesayangan kamu.

coiled cable dengan tambahan aviator, salah satu kabel favorit para pemilik mechanical keyboard.

 

Switch

Bagian lain yang tersolder dan sering juga dikustomisasi adalah pada bagian switch. Bagi yang memang sudah menekuni hobi ini sejak tahun 2015 ataupun tahun-tahun sebelumnya, pasti pernah merasakan melakukan desolder pada sebuah mechanical keyboard. Lelah? Pasti! Namun hasil yang didapatkan setelah beres desolder itu adalah sebuah hasil yang worth it.

Berbeda dengan kebanyakan mechanical keyboard yang beredar sekarang ini, switch pada PCB nya tidak lagi disolder, sehingga ketika kita ingin mengganti switch yang ada pada keyboard dengan switch yang lain, maka kita hanya perlu mencabut switch tersebut dengan sebuah alat yang Bernama switch puller.

Ngomong-ngomong soal switch, tidak seperti dulu yang switch-nya didominasi oleh pabrikan Cherry asal Jerman, sekarang kita sudah memiliki banyak pilihan switch yang dibuat banyak pabrikan berbeda dengan kualitas dan inovasi yang mungkin sudah melebihi pendahulunya. Seperti contohnya yang sudah populer sekarang ini adalah outemu dengan keunggulannya dari harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan switch lainnya. Kemudian juga ada gateron yang memiliki performa tangguh dengan harga lumayan bersahabat, juga ada Kailh yang hingga saat ini terus berinovasi mencoba membalap Gateron dan Outemu, dan berbagai switch lainnya dengan harga yang bervariasi bahkan lebih mahal dibandingkan switch buatan Cherry dikarenakan akustik yang dihasilkan dan bahan yang digunakan untuk membuat switch tersebut memang terbilang berkualitas.

Untuk menghasilkan suara sesuai preferensi pemilik, para enthusiast mechanical keyboard ini juga biasanya mengkustomisasi jeroan dari Switch itu sendiri dengan menggunakan sebuah teknik bernama ‘Lubing’. Fungsi dari lubing sendiri adalah untuk memberikan suara yang lebih sesuai dengan preferensi pada switch, serta memberikan smoothness yang lebih baik dibandingkan ketika sebelum di-lube.

 

Keycaps

Keycaps, adalah salah satu bagian dari mechanical keyboard yang paling sering di-custom. Cara kustomisasinya bukan lantas diproduksi sendiri, melainkan diwarnai (dikenal dengan istilah repaint). Namun, banyak yang berpikir bahwa repaint adalah sebuah aktivitas yang memakan waktu dan membutuhkan skill tersendiri. Oleh karena itu, lebih banyak orang memilih untuk membeli keycaps yang memiliki colorway atau paduan warna yang sudah ada. Jangan khawatir, karena paduan warna yang sekarang ini beredar di pasaran sudah cukup banyak. Selain dari colorway, keycaps juga dipilih berdasarkan profile yang dimiliki. Profil dari sebuah keycaps adalah sebuah formasi, bentuk dan ukuran tinggi dari jajaran keycaps yang untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

Setiap profil keycaps memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan sebagian kelebihan dan kekurangannya itu kembali lagi ke preferensi masing-masing. Karena yang seseorang anggap kekurangan di sebuah profil keycaps, bisa saja menjadi kelebihan bagi orang lain.

Tags Teknologi

About The Author

Buricak Burinyai 65
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel