Apakah Anda Mengetahui Bahwa Tanaman Pisang Memiliki Sejuta Manfaat dari Akar Hingga Buahnya ?

26 Jan 2022 09:11 204 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda Mengetahui Bahwa Tanaman Pisang Memiliki Sejuta Manfaat Dari Akar Hingga Buahnya ?

Di setiap daerah di Indonesia sering ditemukan tanaman pisang atau pohon pisang yang berumpun. Bahkan saat ini ada banyak orang yang menanam beberapa batang pohon pisang di halaman rumah mereka. Dimana diketahui bahwa tanaman pisang berasal dari Pasifik Barat Daya yang kemudian mengalamai perkembangan yang sangat subur hingga Asia Tenggara karena daerah ini dikenal memiliki iklim tropis yang sangat cocok dengan tanaman ini untuk hidup. Tanaman pisang merupakan tanaman serbaguna. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tidak ada kesulitan untuk merawat atau memelihara tanaman ini yaitu hanya rutin memberi pupuk, tanah gembur dan air sudah dapat tumbuh dengan subur dan mudah berkembang biak. 

Tanaman pisang kaya akan manfaat yaitu mulai dari akr sampai dengan buahnya dapat difungsikan untuk beragam keperluan manusia.

1/ Manfaat akar pohon pisang

Akar dari pohon pisang bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang gurih seperti keripik akar pohon pisang. Akar pohon pisang juga bagus untuk mengatasi rambut yang rusak parah. Karena di dalam akar pohon pisang mengandung berbagai khasiat seperti anti virus dan anti septik. Akar ini juga bagus untuk mengatasi masalah kulit dan juga memperbaiki gangguan pada pembuluh darah. 

2/ Manfaat batang pohon pisang

Batang pohon pisang atau biasa dengan nama populer debog mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Batang ini mampu mengapung di permukaan air maka dari itu banyak yang menggunakan batang pohon pisang untuk bahan utama membuat rakit guna menyeberangi sungai. Manfaat selanjutnya adalah jus, batang pisang adalah termasuk ke dalam kelompok sayur yang bisa dijus untuk kesehatan tubuh. Dapat mencegah diabetes, diare maupun kolera.

3/ Manfaat jantung pisang

Pada beberapa daerah di Indonesia, jantung pisang digunakan sebagai salah satu bahan mencampur makanan yang nantinya setelah dimasak menjadi sayur teman makan nasi yang enak. Contohnya adalah sayur lodeh jantung pisang, sayur urap jantung pisang atau bakwan jantung pisang yang saat ini sedang tren dikalangan ibu-ibu rumah tangga sebagai salah satu camilan ringan yang terbuat dari adonan tepung dan irisan jantung pisang. Jantung pisang berguna untuk mengatasi stroke dan pendarahan pada otak.

4/ Manfaat dari daun pisang

Daun pisang menyimpan banyak sekali manfaat bagi orang-orang terutama di desa-desa yaitu yang populer adalah sebagai pembungkus makanan seperti tempe, tahu, pepes atau alas untuk piring makan tradisional. Khasiat dari daun pisang untuk kesehatan juga ada yaitu untuk mengatasi masalah pada kulit seperti kulit melepuh, terbakar bahkan bisa digunakan untuk menghentikan mimisan pada lubang hidung.

5/ Manfaat dari buah pisang

Seperti diketahui bahwa buah pisang mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang lembut cocok untuk dijadikan sebagai buah favorit bagi anak-anak dan kelompok semua usia dari remaja, dewasa dan lansia. Buah pisang matang bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang rasanya enak seperti pisang goreng, kolak pisang, jus pisang atau yang masih mentah bisa diolah menjadi keripik pisang. Buah pisang berkhasiat sebagai pengobatan tradisional seperti obat alami jantung, sariawan atau hipertensi. Karena di dalam buah pisang banyak mengandung karbohidrat, serat, protein, magnesium dan lain dimana buah pisang mentah juga dapat bermanfaat sebagai pengobatan seperti diabetes dan diare.

6/ Manfaat dari kulit buah pisang

Mungkin tidak banyak orang awam yang mengetahui bahwa kulit buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu apabila sedang makan buah pisang sebaiknya kulit buahnya dikumpulkan (jangan dibuang). Di beberapa daerah di Indonesia kulit buah pisang dimanfaaatkan sebagai bahan makanan seperti keripik kulit pisang atau selai kulit pisang yang rasanya sangat manis. Rasanya tak kalah enak dengan bahan yang digunakan dari buah pisang. Juga di desa-desa kulit buah pisang bisa dijadikan sebagai pakan hewan seperti kerbau, sapi atau babi dan kambing. Dan kadang-kadang dimanfaatkan untuk pupuk organik

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.haloedukasi.com/manfaat-tanaman-pisang/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel