Serenity (Ketenangan)

14 Jan 2022 14:05 468 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Mari kita coba untuk memiliki ruangan tersebut di diri kita, sehingga segaduh apapun situasi yang sedang kita hadapi, tubuh - pikiran - jiwa - roh kita tetap selaras dalam ketenangan damai sejahtera.
“If you are depressed you are living in the past if you are anxious you are living in the future, if you are at peace, you are living in the present.” (Lao Tzu)

Suatu sore sekitar jam 5 an saya akhirnya memutuskan untuk berjalan keluar di tengah suasana awan kelabu sedari pagi untuk berjalan kaki sore.

Awalnya, belum turun hujan tapi angin bertiup semakin kencang, badai, dan saya lanjutkan jalan keliling memutari apartemen sekitar 4 putaran  dan angin makin menderu-deru disertai hujan deras, akhirnya saya putuskan masuk dalam kembali ke unit.

Ketika sudah masuk melewati pintu lobby, suara deruan angin berangsur mereda dan makin mereda lagi ketika masuk lift dan sampai di unit saya yang di lantai cukup atas, tenang, tidak ada suara angin maupun hujan lagi, hanya memang pemandangan luar kelabu dan rapat oleh hujan.

Dari pengalaman singkat terhadap fenomena alam dan dampaknya ke diri saya sekitar 30 menit ini, saya jadi berpikir, realitas yang ada sebenarnya kan hujan badai dengan deruan angin kencang sedang berlangsung tetapi ada saat & kondisi saya bisa rasakan langsung efek nya dan sangat gaduh, yakni ketika berjalan di sekeliling, ada saat & kondisi yang hanya sebagian dirasakan, yakni sewaktu masuk lobby akan tetapi ada pula saat & kondisi yang hampir tidak merasakan sama sekali, berada dalam ketenangan sendiri, yakni ketika sudah berada di unit yang memang ada di lantai atas.

Dan dengan demikian saya merenungkan, hal ini tentu terjadi di hari demi hari hidup kita, tentu sangat banyak kegaduhan-kegaduhan terjadi di sekitar, baik akibat interaksi dengan sesama ataupun karena pikiran kita yang memang selalu aktif, apalagi bila aktif pikiran masa lalu dan masa depan, atau pikirkan di sana, di situ dan entah dimana bukannya fokus di sini.

Jadi sebenarnya diri kita bisa memutuskan memilih suatu saat & kondisi yang bisa melampaui kegaduhan-kegaduhan itu yakni ketika kita mampu menemukan ruang di diri kita yang bisa menjaga jarak terhadap semuanya,  ibarat nya mirip kondisi di unit saya yang berada di lantai atas.

Lalu bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan pilihan ketenangan - serenity tersebut? Mungkin bila yang sudah saya pelajari dan coba dipraktekkan adalah dengan latihan selalu berada di sini dan di saat ini, be here & now , mindfulness sehingga kita bisa menciptakan ruangan dalam diri kita yang berada didalam ketenangan - serenity  damai sejahtera sehingga kita bisa nyaman dan menyapa diri sendiri dan Pencipta kita.

Mari kita coba untuk memiliki ruangan tersebut di diri kita, sehingga segaduh apapun situasi yang sedang kita hadapi, tubuh - pikiran - jiwa - roh kita tetap selaras dalam ketenangan damai sejahtera.



"Build yourself a cell in your heart and retire there to pray" (St. Catherine of Siena)


#innerpeace
#serenity
#peaceful
#mindfulness
#hereandnow
#everydayismiracle
#keeploving
#keeppraying

AP-20220112
Tags

About The Author

Airin Pangastuti 13
Novice

Airin Pangastuti

seorang manusia bumi pecinta kehidupan yang selalu rindu bersama Sang Pencipta, berniat menjalani mindfulness, heartfulness, Godfulness & contemplative life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel