Beberapa Contoh Tanaman yang Mampu Tumbuh Subur di Tanah Berpasir

14 Jan 2022 15:05 10392 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa Contoh Tanaman Yang Mampu Tumbuh Subur Di Tanah Berpasir 

Di planet yang bernama bumi ini ditemukan penghuninya yaitu beberapa jenis mahluk hidup yang menempati bagian atas lapisan bumi bernama kerak bumi atau secara umum orang awam menyebutnya dengan nama tanah. Juga dikenal beberapa mahluk hidup yang tinggal di dalam perairan baik itu perairan dangkal dan perairan dalam. Sedangkan mahluk hidup yang menetap di permukaan bumi adalah tanaman atu beragam tumbuhan.

Tanaman atau tumbuhan merupakan salah satu mahluk hidup yang mampu menghasilkan sumber makanan sendiri. Ini disebabkan karena tanaman menyimpan zat hijau daun yang disebut dengan nama klorofil. Klorofil inilah yang menyebabkan tumbuhan bisa mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen dengan bantuan dari sinar matahari. Berdasarkan habitat atau tempat tinggalnya, tanaman bisa dibagi ke dalam 3 kelompok besar yaitu xerofit (kelompok tanaman yang hidup di tempat kering), hidrofit (tanaman yang hidup di tempat tergenang atau di air) dan higrofit (adalah tumbuhan yang hidup di tempat lembab). Dimana sebagian besar tanaman dikenal sebagai mahluk hidup yang tergantung tumbuh dan berkembang biak di atas permukaan tanah. Yang terfokus untuk diperhatikan adalah kondisi tanah haruslah dalam kondisi subur, mengandung banyak zat hara, termasuk tanah humus, cukup air dan garam mineral yang dibutuhkan oleh tanaman bersangkutan. Tetapi ada juga tanaman yang mampu bertahan hidup meskipun berada di tanah yang kurang subur seperti tanah berpasir.

Apa sajakah tanaman yang mampu tumbuh di tanah berpasir ? Berikut daftarnya.

1/ Kurma

Pohon kurma adalah termasuk ke dalam salah satu keluarga palem yang banyak tumbuh di kawasan timur tengah. Dimana seperti diketahui bahwa wilayah timur tengah sebagian besar berupa daratan tanah berpasir. Namun di sini pohon kurma mampu tumbuh dengan subur yaitu berbuah lebat dan menghasilkan buah yang berlimpah ketika sedang musim panen. Pohon kurma rata-rata memiliki ketinggian sedang yaitu antara 15 sampai dengan 25 meter berbatang tunggal yang berasal dari sistem akar tunggal. Buah kurma mempunyai nilai jual rata-rata tinggi setiap panen dan biasanya d ekspor ke berbagai negara. Buah kurma mengandung nutrisi yang bisa menggantikan gula darah yang hilang di dalam tubuh terutama untuk orang-orang yang sedang berpuasa.

2/ Kelapa

Pohon ini banyak ditemukan di wilayah peisisr yang sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Kelapa banyak ditemukan di wilayah tropis termasuk Indonesia. Tanaman ini tergolong ke dalam kelompok monokotil atau tanaman berkeping satu yang mampu tumbuh di ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Juga bisa tumbuh dengan subur jika berada di dekat pantai atau tanah berpasir. Oleh sebab itu budidaya tanaman kelapa banyak dikembangkan di wilayah pesisir dimana semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan terutama buahnya. Daging kelapa bisa diolah menjadi minyak kelapa yaitu salah satu barang berkeonomis tinggi sebab menajdi bahan baku utama pembuatan minyak kelapa atau di bidang kecantikan dan kesehatan.

3/ Semangka

Tanaman yang memiliki nama latin citrullus lanatus ini termasuk sebagai salah satu jenis tanaman merambat yang berasal dari wilayah bergurun pasir di Afrika bagian selatan. Oleh karena itu semangka sangat cocok dibudidayakan di tanah yang menyimpan struktur berpasir. Sehingga tak mengherankan jika para petani semangka di dalam mengolah lahan mereka dengan tanah pasir akan menciptakan kondisi tanah yang kering dan kelembaban rendah menjadi tanah subur. Semangka membutuhkan sinar matahari yang lebih untuk bisa tumbuh dengan baik.

4/ Singkong

Bagi warga masyarakat di Indonesia, singkong banyak dibudidayakan di perkebunan-perkebunan atau tegalan dengan struktur tanah sedikit berpasir. Tanaman singkong dapat dengan mudah ditanam pada tanah dengan kondisi yang keras atau terlalu padat tetapi akan mendapatkan pertumbuhan umbi singkong tidak sebaik jika ditanam di tanah berpasir. Juga akan memudahkan ketika pemanenan umbi singkong tiba akan lebih mudah dicabut jika berada di dalam tanah berpasir. Selanjutnya hasil panen yang biasanya melimpah akan diolah menjadi tepung singkong atau mokaf.

5/ Pitaya / Buah Naga

Seperti diketahui bahwa tanaman buah naga masih satu keluarga dengan pohon kaktus dan merupakan tanaman yang berasal dari daratan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Saat ini buah naga sudah mulai banyak dibudidayakan di kawasan Asia terutama di Indonesia. Sesuai dengan habitat asalnya, buah naga harus ditanam di tanah berpasir dengan durasi sinar matahari yang cukup panjang serta bersuhu antara 38 derajat C sampai dengan 40 derajat C. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna maka buah naga masih membutuhkan unsur hara yang mencukupi agar dapat tumbuh dan berbuah lebih mudah dan cepat. Dalam 1 tahun tanaman buah naga dapat mencapai ketinggian lebih dari 3 meter.

6/ Bawang Merah dan Cabai

Saat ini terutama di daerah pedesaan di seluruh Indonesia sudah mulai membudidayakan tanaman bawang merah dan tanaman cabai dalam skala besar di tanah-tanah berpasir seperti di Bantul atau di Yogyakarta. Meskipun sebelumnya sebagian besar masyarakat tidak yakin jika lahan berpasir dapat ditanami oleh tanaman palawija seperti cabai dan bawang merah. Pertama kali dilakukan tidaklah mudah dimana tanaman ini harus sering disiram yaitu dua kali dalam sehari agar tidak menjadi kekeringan.

7/ Katang

Katang-katang adalah termasuk salah satu jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Katang-katang bukanlah tanaman berbatang tetapi termasuk sebagai tanaman rambat yang mempunyai akar serabut. Meskipun ini termasuk tanaman liar, katang-katang menjadi salah satu jenis kelompok tanaman penahan abrasi pantai. Bentuk perakaran serabut dari tanaman ini berfungsi untuk menahan pasir agar tidak mudah hilang ketika diterjang oleh ombak hingga naik ke daratan. Tak mengherankan jika pasir yang tertutupi oleh katang-katang lama-lama akan membentuk bebukitan. Juga dari kejauhan katang-katang terlihat indah dalam rumpunnya yang dihiasi dengan gerombolan bunga berwarna biru keunguan.

8/ Tanaman Rumput Lari-Lari

Tanaman ini diberikan nama yang lucu sesuai dengan kondisinya yaitu akan berlari ketika diterpa angin. Tanaman ini banyak ditemukan di sekitar pantai yang berbukit atau sand dunes. Bentuknya menyerupai landak laut dengan duri-duri panjang menyelimuti seluruh permukaannya. Rumput lari-lari mampu tumbuh dengan subur di daerah yang mengandung salinitas tinggi dan dalam kondisi gersang. Sama seperti katang-katang, rumput lari-lari memiliki peranan yang sangat penting sebagai pengikat pasir yang ada di sekitar pantai. Akar tanaman ini masuk ke dalam tanah lalu mengikat pasir agar tetap berbentuk bukit dalam jangka waktu lama meskipun hujan sedang turun.

Itulah 8 contoh tanaman yang cocok hidup di tanah berpasir. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel