Fakta yang Berhubungan dengan Dampak Polusi Tanah Terhadap Lingkungan Sekitarnya

22 Dec 2021 10:21 2346 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Yang Berhubungan Dengan Dampak Polusi Tanah Terhadap Lingkungan Sekitarnya

Beragam jenis pencemaran di muka bumi ini tidak terjadi begitu saja melainkan ada banyak penyebab pencemaran yang bisa anda temui contohnya di lingkungan sekitar anda tinggal, termasuk penyebab pencemaran tanah. Beberapa penyebab pencemaran tanah ini bisa timbul karena adanya proses alam maupun karena ulah sengaja dari manusia.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari pencemaran tanah antara lain sebagai berikut :

  • Adanya pengikisan humus yang dilakukan oleh air.
  • Adanya pembuangan berbagai jenis benda maupun bahan-bahan sisa yang sulit terdekomposisi seperti sampah-sampah plastik, logam, pecahan kaca dan juga karet yang secara langsung menutupi permukaan tanah.
  • Adanya sisa-sisa sabun atau detergen dari aktivitas rumah tangga maupun limbah industri yang secara langsung dibuang ke tanah.
  • Adanya penggunaan pestisida dalam bidang pertanian yang terlalu berlebihan sehingga meninggalkan residu melalui peresapan ke dalam tanah.
  • Adanya penimbunan senyawa asam akibat peristiwa hujan asam sehingga akan mencemari ekosistem air tawar dan juga ekosistem tanah.
  • Adanya pengelolaan sampah yang kurang baik berada di lingkungan sekitar tanah.
  • Adanya praktik irigasi yang tidak menguntungkan dan justru akan menambah bahaya untuk tanah itu sendiri.
  • Adanya sistem septic dan pemeliharaan yang tidak tepat.
  • ADanya kebocoran limbah sanitasi.
  • Terjadinya kebocoran bahan bakar dari kendaraan bermotor yang dapat meresap ke dalam tanah di sekitarnya.
  • Adanya teknik pengelolaan sampah yang kurang sehat yang ditandai dengan pelepasan limbah ke dasar pembuangan besar yang berada di sungai di sekitar tanah tersebut.

Sadar ataupun tidak sadar, ada banyak sekali penyebab dari polusi tanah yang bersumber pada beragam aktivitas manusia seperti demi untuk memperoleh keuntungan secara pribadi, manusia rela melakukan apa saja sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran atau polusi tanah pun tidak dipedulikannya. Yang sebenarnya jika anda pikirkan bersama-sama, maka polusi tanah tersebut pada akhirnya juga berdampak bagi manusia itu sendiri dan juga kepada mereka yang menyebabkan polusi tanah tersebut. Maka apabila anda telisik lebih dalam mengenai dampak dari pencemaran tanah, pastilah anda akan menemukan bahwa semuanya adalah dampak yang sifatnya negatif.

Dampak Polusi Pada Tanah Dan Sekitarnya

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa polusi tanah dan juga pencemaran tanah merupakan dua kasus yang bisa dikelompokkan sebagai masalah kembar. Polusi merupakan suatu kondisi yang tercemar sehingga apabila polusi ini menyerang atau terjadi pada tanah akan dinamakan pencemaran tanah. Nah seperti halnya pada polusi yang pada umumnya terjadi pada polusi udara dan polusi air, polusi tanah juga menimbulkan banyak dampak atau akibat. Dimana dampak uang ditimbulkan kebanyakan merupakan dampak yang sifatnya negatif. Beberapa macam dampak polusi tanah antara lain sebagai berikut :

1/ Menurunkan tingkat kesuburan tanah

Dampak pertama yang ditimbulkan akibat adanya polusi tanah adalah menurunnya tingkat kesuburan pada tanah. Bagaimanapun juga polusi tanah merupakan bercampurnya polutan-polutan ke dalam tanah. Polutan adalah sekumpulan zat yang sifatnya merugikan sehingga hal ini dapat merusak kemampuan yang dimiliki oleh tanah termasuk kesuburan tanah. Dengan menurunnya kesuburan tanah ini pada akhirnya akan berakibat luas hingga mencakup keberlangsungan kehidupan mahkluk hidup. 

2/ Menurunnya produktivitas tanah

Dampak selanjutnya yang akan terjadi pada tanah yang terlanjur terkena polusi adalah menurunnya produktivitas tanah. Jika tanah kehilangan kesuburannya sebagai akibat dari adanya polusi tanah maka secara otomatis tanah bersangkutan juga akan kehilangan produktivitasnya. Saat tanah sudah kehilangan produktivitasnya maka hal ini secara otomatis akan mengurangi fungsi tanah itu sendiri.

3/ Tanah akan kehilangan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya

Sifat dari tanah yang subur muncul karena tanah bersangkutan mempunyai banyak sekali unsur hara dan juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi ini pada akhirnya akan ditularkan atau ditransfer kepada tumbuhan yang notabene hidup karena tanah tersebut. Maka dari itu tanaman yang tumbuh di tanah yang subur akan menjadi sehat dengan pertumbuhannya yang sangat cepat. Dan sebaliknya juga begitu, tanah yang kurang subur artinya tidak mengandung banyak nutrisi sehingga banyak tumbuhan yang akan layu dan mati.

4/ Terganggunya keseimbangan flora dan fauna yang ada di dalam tanah

Polusi tanah akan menyebabkan tanah bersangkutan kehilangan keseimbangan flora dan fauna sebagai hal yang sangat berharga. Flora dan fauna yang hidup di dalam tanah ini membutuhkan tempay yang spesial yaitu dipenuhi nutrisi. Apabila tanah tidak mempunyai nutrisi sebagai akibat polusi tanah maka hal ini akan menyebabkan flora dan fauna yang berhubungan di dalamnya menjadi terganggu kehidupan mereka dan terancam akan kehilangan keseimbangannya. Keseimbangan flora dan fauna akan menyebar kepada komponen-komponen yang lainnya baik itu biotik dan abiotik.

5/ Menyebabkan pencemaran udara

Selanjutnya dampak dari polusi tanah yang terakhir adalah menyebabkan adanya pencemaran udara. Tanah yang terkena polusi apabila kering akan menimbulkan butiran-butiran kecil yang dapat terbawa angin. Nah ketika ada angin yang melintas di sekitarnya maka bagian-bagian kecil dari tanah tersebut akan terbawa oleh angin dan akan bercampur dengan udara. Hal ini tentu saja akan menyebabkan udara menjadi kotor dan otomatis ikut tercemar. Apabila sudah dihirup oleh manusia maka akan sangat mungkin memicu terjadinya penyakit paru-paru ataupun penyakit pada saluran pernafasan yang lainnya.

Upaya Manusia Untuk Mencegah Polusi Tanah

Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari polusi tanah memang sangat diperlukan berbagai macam upaya untuk menanggulangi maupun mencegah terjadinya polusi tanah. Beragam upaya yang dapat dilakukan oleh manusia sebagai mahkluk hidup tertinggi yang memegang kendali terhadap kondisi alam dapat dilakukan untuk menanggulangi polusi tanah antara lain sebagai berikut :

  1. Mengelola sampah dengan profesional.
  2. Membudayakan dan mengembangkan program daur ulang.
  3. Membuat sistem pengolahan limbah baik itu limbah padat, cair atau gas.
  4. Mengurangi penggunaan pestisida yang berlebihan.
  5. Mengurangi pemakaian sabun, detergendan shampoo yang berlebihan.
  6. Mengurangi penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor yang berlebihan.
  7. Mulai memakai bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan.
  8. Menggunakan bahan bakar akternatif yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan maupun kotoran binatang.
  9. Menggunakan bahan-bahan pembersih rumah tangga yang terbuat dari bahan-bahan tradisional atau herbal.
  10. Mulai membudidyakan penggunaan transportasi umum.
  11. Membatasi usaha pertambangan.

Itu adalah beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya polusi tanah. Jika anda melihat kembali penjelasan kami tersebut di atas, cara-cara tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Mulailah dari sekarang untuk menyelamatkan tanah di bumi ini dari polusi tanah yang lebih parah. Maka dari itu anda wajib melakukan hal-hal tersebut di atas dengan kesungguhan hati.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/dampak-polusi-tanah/

Tags Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel