Bumi dan Makhluk Hidup didalamnya Sangat Tergantung dari Manfaat Hujan Berikut ini

21 Dec 2021 11:16 363 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bumi Dan Makhluk Hidup Di Dalamnya Sangat Tergantung Dari Manfaat Hujan Berikut Ini

Bumi adalah salah satu planet yang tertata apik di dalam lintasan tata surya di alam semesta. Sama dengan planet lainnya, bumi terdiri dari unsur-unsur yang memiliki fungsi untuk menyusun bagian terpenting bumi di dalamnya. Dimana unsur-unsur ini akan saling berhubungan satu dengan yang lainnya menjadikan bumi kadang-kadang mengalami peristiwa tertentu. Ini disebabkan karena masing-masing unsur mengalami perubahan secara rutin dalam kurun waktu tertentu yang dibarengi dengan kemunculan peristiwa tertentu pula. Peristiwa-peristiwa alam yang terjadi ini ada beragam jenis misalnya hujan, petir, angin topan, pelangi, munculnya aurora hingga pemanasan global dan yang lainnya.

Nah seperti yang kami jelaskan dengan singkat tersebut di atas, ada berbagai macam peristiwa di bumi yang muncul karena adanya beberapa faktor yang terkait dengan unsur penyusun bumi yaitu yang paling umum dan sering dijumpai setiap tahun adalah hujan. Hujan merupakan salah satu peristiwa yang terumum dan paling sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup yang membangun kehidupannya di bumi. Tuhan menciptakan proses terjadinya hujan sedemikian rupa bukan tanpa alasan. Dimana dibalik terjadinya hujan, manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi akan memperoleh banyak sekali manfaat yang membantu keberlangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya menjadi aman dan nyaman.

Hujan Dan Manfaatnya Bagi Manusia Dan Makhluk Hidup Lainnya

Ditemukan banyak sekali manfaat hujan untuk manusia dan makhluk hidup di bumi yang disadari maupun tanpa disadari. Adapun beberapa manfaat dari hujan antara lain bisa kami jelaskan satu per satu tersebut di bawah ini.

1/ Hujan bermanfaat untuk menyuburkan tanaman

Manfaat dari airh hujan yang pertama adalah untuk menyuburkan tetanaman. Ini merupakan manfaat terbesar yang bisa anda dapatkan dari hujan karena pada umumnya tetanaman sangat membutuhkan air untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangbiakan. Di sini air memegang peranan yang sangat penting sebagai air minum untuk tetanaman yaitu air yang diterima dalam jumlah mencukupi oleh tetanaman akan menyebabkan tanaman tersebut tumbuh dengan subur dan mudah melakukan perkembangan. Maka dari itu sangat lumrah ditemukan ketika sedang musim hujan maka annda melihat tetanaman akan lebih subur tumbuh dibandingkan ketika memasuki musim kemarau. Ketika musim penghujan tiba maka lingkungan di sekitar anda akan tampil lebih hijau, segar dan menjadi lebih subur.

2/ Hujan bermanfaat untuk persediaan air minum

Manfaat hujan yang kedua adalah sebagai salah satu media penyedia air minum. Meskipun pada umumnya air minum biasanya diambil dari sumber air yang ada di dalam tanah atau dari daerah pegunungan, namun pada kenyataannya air minum bisa disediakan dari air hujan. Air hujan yang jumlahnya melimpah ini akan diolah menjadi air minum yang bersih untuk menghindarkan peminum dari berbagai macam penyakit yang ada di dalamnya. Diketahui bahwa kadar asam yang terkandung di dalam air hujan perlu diturunkan terlebih dahulu supaya bisa dikonsumsi dengan aman oleh perut manusia atau hewan yang memanfaatkannya. Dengan mengolah air hujan menjadi air minum maka anda bisa menghemat pemakaian air tanah sehingga persediaan air tanah akan cukup digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

3/ Hujan bermanfaat sebagai sumber perekonomian sebagian masyarakat

Manfaat air hujan yang ketiga adalah sebagai sumber penghasilan untuk beberapa warga masyarakat di daerah tertentu. Ada beberapa profesi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan turunnya hujan seperti ojek payung, taksi atau orang-orang yang menjual beberapa perlengkapan hujan. Dengan demikian orang-orang ini akan mampu mengumpulkan penghasilan lebih ketika musim hujan datang. Prose lainnya yang mampu mengumpulkan keuntungan saat sedang musim hujan adalah penjual makanan serba hangat atau makanan berkuah hangat akan lebih banyak mendapatkan penghasilan karena orang-orang membutuhkan jenis makanan ini guna menghangatkan tubuh ketika cuaca sedang dingin karena hujan.

4/ Hujan bermanfaat sebagai sumber tenaga listrik

Manfaat hujan selanjutnya adalah sebagai sumber tenaga listrik. Hujan yang sangat lebat kadang-kadang mampu menimbulkan kekuatan guna bisa memunculkan energi listrik. Hujan yang terjadi secara terus-menerus kadang-kadang disertai kemunculan petir. Petir adalah listrik alam. Dimana di Jepang sudah ditemukan beberapa alat yang bisa difungsikan untuk menangkap kekuatan dari petir lalu menyimpannya sebagai sumber listri. Listrik alam ini jika dikumpulkan maka bisa menghemat pembuatan listrik dari bahan-bahan fosil yang kadang-kadang dapat membahaykan manusia di sekitarnya.

5/ Hujan bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara

Manfaat dari air hujan yang terakhir adalah sebagai media untuk memperbaiki kualitas udara di sekitar lingkungan dimana anda menetap. Seperti diketahui bahwa udara yang berada di sekitar anda kadang-kadang sudah banyak sekali tercemar polusi udara. Polusi udara ini muncul karena bermacam-macam hal seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan penggunaan beberapa macam peralatan elektronik yang rentan menimbulkan zat-zat tertentu. Dengan turunnya hujan maka keadaan udara yang tercemar tadi akan dinetralisir. Sama halnya ketika udara di sekitar anda tercemar oleh banyak sekali debu, maka ketika menyiram dengan air, debu-debu tersebut akan hilang dan udara sekitar kembali menjadi bersih.

Itulah 5 manfaat dari adanya hujan yang turun ke bumi dimana manfaat lainnya masih banyak sekali bisa dirasakan baik secara sadar maupun tidak disadari.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/manfaat-hujan/

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel