Mengenal Bintang Terbesar Sepanjang Masa yang Menyebar di Alam Semesta

12 Dec 2021 08:40 1637 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Mengenal Bintang Terbesar Sepanjang Masa Yang Menyebar Di Alam Semesta 

Setiap malam anda bisa melihat berjuta kerlip bintang di langit malam yang cerah. Dilihat dari bumi yang datar atau bulat ini oleh mata manusia, jumlah bintang yang begitu banyak akan sangat sulit sekali untuk dihitung. Menghitung bintang di angkasa sama halnya dengan menghitung butiran-butiran pasir dalam gundukan tanah pasir, sangat sulit untuk dilakukan.

Bintang itu sendiri sudah dikenal sejak anda mulai mempelajari ilmu tentang tata surya maka secara langsung anda akan mengetahui bahwa jumlah bintang di dunia ini jauh lebih banyak dari apa yang anda lihat melalui permukaan bumi. Anda akan mengenal bintang yang paling besar di dunia ini yaitu matahari dimana matahari merupakan kiblat dari galaksi Bimasakti dalam susunan tata surya secara umum.

Ada satu hal terpenting yang perlu diketahui oleh semua manusia di planet bumi ini bahwasanya di jagat raya atau alam semesta ini ternyata galaksi tidak hanya satu saja yaitu dikenal dengan nama Bimasakti, anda bisa mengenal galaksi sebagai kumpulan dari beberapa planet dan juga benda-benda langit lainnya yang antara satu dengan lainnya saling mengelilingi suatu pusat secara teratur. Di galaksi Bimasakti ada beberapa planet di tata surya yang memiliki satu pusat yakni matahari dimana di luar galaksi Bimasakti masih banyak betebaran galaksi-galaksi yang lainnya. Dengan ditemukannya teknologi mengenai bidang astronomis menyebabkan anda menjadi semakin mudah mengenal alam raya. Karena ada galaksi-galaksi lain di luar galaksi Bimasakti maka kemungkinan juga aka nada planet lain yang memiliki sifat mirip dengan planet bumi yaitu dapat ditinggali. Hal ini terus dieksplorasi manusia dengan semakin mengembangkan teknologi.

Dengan banyaknya ditemukan bintang di luar sana maka tidak bisa disangkal bahwa ada matahari lainnya di luar tata surya yang memiliki ukuran lebih besar berkali-kali lipat daripada matahari. Ini merupakan penyangkalan terhadap pengetahuan mengenai bintang-bintang yang terbesar ukurannya di jagat raya dan pastinya lebih panas dibandingkan matahari. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mempelajari mengenai hal tersebut di atas yaitu langkah awalnya adalah dengan mengenal kelompok bintang terbesar sepanjang masa di alam semesta seperti yang kami jelaskan beberapa diantaranya tersebut di bawah ini :

1/ Bintang Betelgeuse

Bintang Betelgeuse adalah bintang terbesar pertama di alam semesta yang mempunyai warna menyala yaitu merah darah dan menjadi bintang paling terang di rasi bintang Sirius. Jarak bintang ini dari bumi diperkirakan sekitar 640 tahun cahay namun masih sangat jelas terlihat dari bumi. Untuk hal ukuran, bintang yang satu ini mempunyai rata-rata ukuran sekitar 700 kali lipat dari matahari dan merupakan salah satu bintang yang diprediksi mempunyai umur pendek dan sebentar lagi akan mati. 

2/ Bintang Antares

Bintang Antares merupakan salah satu jenis bintang raksasa yang memiliki cahaya paling terang di rasi bintang Scorpius. Jarak antara bumi dengan bintang ini mencapai sekitar 550 tahun cahaya. Meskipun terbilang sangat jauh namun bintang ini mempunyai sinar pancar rata-rata 57.500 kali lebih terang daripada matahari. Ukuran yang dimiliki oleh bintang ini seperti halnya orbit antara matahari dengan planet Mars. Bintang Antares diperkirakan 850 kali lebih besar daripada matahari.

3/ Bintang Mu Cephei

Bintang terbesar ketiga di jagat raya dikenal dengan nama bintang Mu Cephei. Bintang ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan atau peneliti asal Jerman yang terkenal yaitu William Hersechel. Mu Cephei merupakan bintang yang berada di konstelasi Cepheus. Bintang ini mempunyai warna merah darah yang bersinar sangat terang. Dimana saking terangnya cahaya yang keluar dari bintang ini bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Untuk mengimbangi cahaya yang dimiliki oleh bintang ini dibutuhkan 100 ribu sinar dari matahari. Sedangkan untuk ukuran yang dimiliki bintang ini diperkirakan sedikit lebih besar dari orbit Jupiter ke matahari. Bintang inilah yang selalu diamati oleh para ilmuwan namun belakangan ini terlihat vahaya Mu Cephei yang semakin meredup karena kemungkinan sebentar lagi bintang ini akan mati.

4/ Bintang Aldebaran

Bintang terbesar keempat di jagat raya dinamakan Aldebaran diperkirakan mempunyai ukuran sekitar 44,2 kali lebih besar daripada matahari. Aldebaran merupakan bintang yang mengeluarkan warna terang orange yang mempunyai jarak dari bumi sekitar 65 tahun cahaya. Selain sangat besar, bintang ini merupakan bintang yang panas yaitu suhu permukaan Aldebaran diperkirakan mencapai angka 3.910K. Pancaran cahaya dari bintang besar ini diperkirakan rata-rata 425 kali lebih terang daripada matahari.

5/ Bintang Rigel

Bintang Rigel adalah menjadi salah satu bintang terbesar kelima di alam semesta yang mengeluarkan cahaya sangat terang. Rigel merupakan bintang paling terang di rasi bintang Orion. Jarak antara Rigel ke bumi mencapai ukuran sekitar 850 tahun cahaya. Cahaya bintang ini terlihat sangat terang ketika malam hari tiba. Terangnya bisa mencapai 12.000 kali lebih terang daripada sinar matahari di waktu siang hari. Sedangkan besar bintang ini adalah sekitar 78 kali lebih besar daripada matahari.

6/ Bintang Pistol Star

Bintang terbesar di jagat raya yang keenam diberi nama Pistol Star yaitu pertama kali ditemukan oleh para peneliti dengan menggunakan sebuah teleskop yaitu teleskop Hubble. Bintang besar ini ditemukan sekitar tahun 1991 yang lalu yang diperkirakan memiliki ukuran sekitar 80 hingga 150 kali lebih besar daripada matahari. Sementara jarak antara bumi ke bintang ini diperkirakan rata-rata 25 ribu tahun cahaya. Karena memiliki ukuran yang sangat besar inilah maka bintang ini menghasilkan cahaya yang sangat terang dan sangat panas. Ukuran yang berates-ratus lipat ini mampu mengimbangi pancaran cahaya matahari selama sekitar 1 detik saja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bintang ini termasuk bintang yang sangat panas.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/astronomi/bintang-terbesar-di-alam-semesta/

 

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel