Negara-Negara di Dunia yang Dikenal sebagai Penghasil Batu Bara Terbesar

11 Dec 2021 15:40 1026 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Negara-Negara Di Dunia Yang Dikenal Sebagai Penghasil Batu Bara Terbesar

Salah satu jenis barang tambang yang tersimpan di dalam inti bumi adalah dikenal dengan nama batu bara. Seperti diketahui bahwa planet bumi memiliki banyak sekali simpanan kekayaan alam yang disebut sebagai sumber daya alam dimana sumber daya alam mini merupakan kekayaan alam yang secara langsung dimanfaatkan oleh manusia untuk selanjutnya diolah menjadi barang yang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dimana sumber daya alam di dunia ini sangat besar jumlah ketersediaannya yaitu ada sumber daya alam yang bisa diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Untuk sumber daya alam yang bisa diperbaharui contohnya adalah tumbuh-tumbuhan dan juga kelompok binatang. Disebut dengan istilah diperbaharui karena apabila habis maka proses pengembalian jumlah ke asal mula tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, sumber daya ala mini apabila sudah menipis atau habis maka pemulihannya akan membutuhkan waktu yang sangat lama seperti barang-barang tambang berupa emas, perak, tembaga, minyak bumi, gas alam hingga batu bara. Benda-benda berharga yang diperoleh dari dalam bumi contohnya minyak bumi berasal dari fosil mahluk hidup yang sudah mati jutaan tahun yang lalu. Maka dari itulah apabila minyak bumi habis maka untuk pemulihannya akan memerlukan waktu yang sangat lama. Contoh yang lainnya adalah batu bara yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Negara-Negara Penghasil Batu Bara Terbesar Di Dunia

Saat ini batu bara sudah mulai diperdagangkan di pasar-pasar internasional sebagai suatu komoditas ekspor. Ada banyak sekali negara di dunia ini yang wilayahnya menghasilkan batu bara termasuk Indonesia. Berikut di bawah ini merupakan negara-negara yang menghasilkan batu bara dengan jumlah terbesar di dunia. Negara-negara ini selanjutnya menjadikan batu bara sebagai komoditas ekspor yang memiliki   nilai jual tinggi. Beberapa negara penghasil batu bara terbesar di dunia antara lain sebagai berikut :

1/ Negara China

Negara penghasil batu bara terbesar pertama di dunia adalah negara China yang mempunyai penduduk terbanyak di dunia, merupakan salah satu negara besar yang lokasinya berada di benua Asia. Produksi terbesar batu bara di dunia ada di negara ini namun tingkat konsumsi akan batu bara jumlahnya sangat besar yaitu lebih besar dari jumlah produksi tahunannya. Untuk lebih detailnya berhubungan dengan jumlahnya maka berikut ini merupakan informasi tentang produksi batu bara oleh China :

  • Jumlah produksi : rata-rata 1.844,6 juta ton.
  • Jumlah konsumsi : rata-rata 1.962,4 juta ton.
  • Jumlah cadangan : rata-rata 114.500 juta ton.

Dengan jumlah produksi yang mencapai angka ribuan ton ini maka China menjadi salah satu negara dengan produksi batu bara terbesar di dunia.Tentunya batu bara ini menjadi sumber daya alam yang sangat vital di China yang menghendaki pencapaian angka konsumsi akan batu bara yang juga fantastis.

2/ Negara Amerika Serikat

Negara kedua yang merupakan negara terbesar di dunia dalam menghasilkan batu bara adalah negara Amerika Serikat / USA yang menjadi penghasil batu bara dengan jumlah yang besar. Untuk bisa mengetahui lebih detail mengenai jumlah yang diproduksi oleh negara ini maka perhatikan informasi berikut ini :

  • Jumlah produksi : rata-rata 507,8 juta ton.
  • Jumlah konsumsi : rata-rata 453,4 juta ton.
  • Jumlah cadangan : rata-rata 237.295 juta ton.

Mengenai jumlah konsumsi yang rata-rata dihabiskan oleh warga Amerika Serikat akan kebutuhan batu bara ini hingga saat ini masih dicover oleh jumlah produksinya, meskipun demikian, jumlah cadangan menjadi sangat penting untuk difokuskan bagi negara yang terletak di benua Amerika Utara ini.

3/ Negara Indonesia

Selanjutnya yang menduduki negara terbesar di dunia dalam urutan ketiga memproduksi batu bara adalah Indonesia yang sejak dulu dikenal sebagai surga dunia karena kondisi tanahnya yang sangat kaya. Yang dimaksud dengan kondisi tanah yang kaya ini adalah kondisi tanah di Indonesia rata-rata banyak menyimpan benda-benda tambang salah satunya adalah batu bara. Untuk bisa mengetahui lebih rinci atau lebih dalam tentang jumlah produksi batu bara di Indonesia, silahkan lihat data-data sebagai berikut :

  • Jumlah produksi : 281,8 juta ton.
  • Jumlah konsumsi : 60,8 juta ton.
  • Jumlah cadangan : 28.017 juta ton.

Itulah jumlah produksi, jumlah cadangan dan jumlah konsumsi batu bara di Indonesia dimana jika dibandingkan dengan kedua negara sebelumnya memang Indonesia ini tergolong kecil tetapi jumlah konsumsi yang dikeluarkan Indonesia untuk batu bara sangat kecil dengan selisih yang sangat jauh dengan kedua negara sebelumnya sehingga berpengaruh juga terhadap jumlah cadangan yang dimiliki oleh Indonesia menjadi hanya sebagian kecil saja.

4/ Negara Australia

Yang keempat sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia adalah Australia. Negara yang satu ini adalah negara yang berlokasi di benua Australia atau benua Oseania. Negara Australia hampir setiap tahunnya memproduksi batu bara yang jumlahnya tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Untuk mengetahui lebih rinci tentang kondisi ini maka berikut kami berikan rincian jumlah dari produksi batu bara di Australia.

  • Jumlah produksi rata-rata : 280,8 juta ton.
  • Jumlah konsumsi rata-rata : 43,8 juta ton.
  • Jumlah cadangan rata-rata : 76.400 juta ton.

Sebagai negara keempat penghasil batu bara terbesar di dunia, negara Australia di dalam memproduksi batu bara memakai jumlah yang hanya selisih sedikit dengan Indonesia namun jika melihat jumlah konsumsinya maka terlihat bahwa negara Australia ini sangat hemat akan batubara. Dengan jumlah produksi sekian besar dan jumlah konsumsi yang sekian banyak maka selisihnya bisa dibilang cukup besar. Melihat jumlah cadangannya pun negara ini cukup besar mempunyai cadangan.

5/ Negara India

India merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah terbesar di dunia dan menyimpan jumlah penduduk terbesar kedua setelah China di dunia. Negara India merupakan penghasil batu bara terbesar kelima di dunia dimana untuk jumlah produksinya tidak banyak berbeda dengan Indonesia. Meskipun demikian, konsumsi warga masyarakat India akan batu bara jauh lebih besar dibandingkan dengan Indonesia dan Australia. Untuk lebih jelasnya, marilah dilihat data-data mengenai jumlah produksi dan juga jumlah konsumsi negara ini akan batu bara.

  • Jumlah rata-rata produksi : 243,5 juta ton.
  • Jumlah rata-rata konsumsi : 360,2 juta ton.
  • Jumlah rata-rata cadangan : 60.600 juta ton.

India adalah salah satu negara yang terletak di benua Asia. Negara yang berlokasi di Asia sebelah timur ini terkenal sangat boros dalam pemakaian batu bara. Bisa dilihat dari jumlah produksi negara India dan jumlah konsumsinya. Bandingkan dengan banyaknya konsumsi daripada produksinya.

6/ Negara Rusia

Rusia adalah saah satu negara yang sangat terkenal di dunia sebagai negara kaya raya. Dimana diketahui bahwa negara ini menyimpan luas wilayah yang sangat besar namun termasuk ke dalam negara yang memproduksi batu bara tergolong tidak terlalu banyak sehingga ditempatkan sebagai negara terbesar keenam dalam memproduksi batu bara. Guna bisa mengetahui lebih rinci mengenai jumlah yang dihasilkan maka berikut ini adalah data-data yang telah kami rangkum antara lain sebagai berikut :

  • Jumlah produksi rata-rata sebesar 170,9 juta ton.
  • Jumlah konsumsi rata-rata sebesar 85,2 juta ton.
  • Jumlah cadangan rata-rata sebesar 157,010 juta ton.

Negara Rusia tersebut di atas merupakan salah satu negara besar yang terletak di antara dua benua yaitu benua Eropa dan juga benua Asia. Dilihat dari jumlah produksi batu bara setiap tahunnya tampak lebih banyak dari Indonesia. Namun untuk jumlah konsumsinya, negara Indonesia sedikit lebih unggul karena bisa berhemat. Dengan jumlah yang sekian ini maka Rusia termasuk ke dalam negara yang mempunyai banyak keunggulan dalam memproduksi batu bara.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-penghasil-batu-bara/

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel