Kehidupan dan Pembangunan akan Berjalan Harmonis Tergantung dari Fungsi Hutan Lindung ini

10 Dec 2021 14:35 1138 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Kehidupan Dan Pembangunan Akan Berjalan Harmonis Tergantung Dari Fungsi Hutan Lindung ini

 

Secara harfiah hutan lindung adalah salah satu jenis hutan yang sudah ada sebelumnya dan selanjutnya ditetapkan oleh pemerintah sebagai lokasi wajib dilindungi. Hutan lindung di sini merupakan hutan atau lahan berukuran sangat besar yang terdiri dari sekumpulan flora dan fauna yang terbentuk baik secara alami ataupun tidak yang merupakan bagian wilayah hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah (UU Republik Indonesia No.41/1999). Hutan lindung adalah menjadi salah satu kawasan yang secara langsung ditunjuk oleh pemerintah dimana pada umumnya hutan ini terletak pada wilayah hulu sungai. Perkembangan saat ini di Indonesia ditemukan populasi dari hutan lindung yang kondisinya sangat memprihatinkan karena hampir sebagian besar hutan lindung terletak di dalam kondisi yang sulit untuk mendapatkan perawatan secara intensif sehingga cenderung mengalami kerusakan contohnya adalah hutan hujan tropis di beberapa daerah di Indonesia. Meskipun demikian, pada dasarnya hutan lindung memang keberadaannya wajib dilindungi karena mempunyai banyak manfaat baik untuk lingkungan maupun bagi kehidupan manusia.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dari hutan lindung :

1/ Sebagai penyedia oksigen bagi lingkungan di sekitarnya

Fungsi pertama dari hutan lindung merupakan fungsi terpenting yaitu hutan lindung adalah sebagai media untuk menyediakan pasokan oksigen bagi dunia. Sekitar 70 persen pasokan oksigen yang tersedia di dunia atau alam semesta ini disediakan untuk lokasi sebagai hutan lindung. Jadi dapat dibayangkan apabila hutan lindung mengalami kerusakan berarti anda akan mengalami kekurangan pasokan oksigen.

2/ Sebagai tempat tinggal bermacam-macam fauna

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, hutan lindung juga memiliki fungsi yang sangat vital bagi para hewan alias kelompok fauna yang menggantungkan kehidupannya dari keberadaan hutan lindung ini. Dimana di dalam hutan lindung semua kehidupan bagi para hewan tersedia mulai dari tempat tinggal hingga kebutuhan makanan para hewan dan satwa akan terpenuhi. Ini terbukti dengan adanya invasi dari para hewan yang masuk ke rumah-rumah warga saat hutan lindung di sekitar perkampungan padat penduduk dalam kondisi rusak. Dengan kondisi seperti ini maka tentu saja dapat membuktikan bahwa keberadaan hutan lindung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan satwa dan juga hewan-hewan liar di dalamnya.

3/ Sebagai tempat tinggal flora dan tumbuhan

Tidak hanya bermanfaat bagi hewan dan juga para satwa liar, hutan lindung juga merupakan tempat berlindungnya flora alias tumbuhan. Banyak sekali ditemukan flora yang tumbuh dengan subur di tengah hutan lindung bahkan kemungkinan masih banyak lagi ditemukan spesies terbaru dari kelompok flora ini yang belum sempat terjamah oleh tangan manusia sehingga bisa menjadi bahan untuk penelitian dari manusia di masa depan guna menemukan spesies tumbuhan baru.

4/ Sebagai media untuk penyeimbang ekosistem

Fungsi dari hutan lindung yang keempat adalah sebagai penyeimbang ekosistem. Dimana sebagai salah satu lokasi tempat tinggal bagi para hewan dan tumbuhan, hutan lindung berfungsi untuk melestarikan kehidupan mereka. Di sini hutan lindung memberikan beragam jenis ekosistem yang tentu saja sangat bermanfaat bagi para flora dan fauna yang berada di dalam lingkungan tempat tinggal hutan lindung. Sebagai media penyeimbang alam maka segala sesuatu yang ada di dunia ini membutuhkan keseimbangan sehingga menonjolkan fungsi keempat dari hutan lindung yaitu sebagai salah satu media penyeimbang ekosistem sekaligus menyeimbangkan kehidupan di alam semesta ini.

5/ Mencegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor

Fungsi hutan lindung yang kelima adalah sebagai pencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Semakin banyak dan beragam jumlah jenis pepohonan di dalam hutan lindung maka hal ini akan sangat baik untuk membantu menjaga kontur tanah agar menjadi lebih kokoh dan kuat. Selain itu, fungsi akar dari pepohonan ini sangat bagus untuk menyerap air sehingga air hujan yang jatuh akan mengalir secara tidak langsung melainkan akan masuk dan meresap di dalam tanah dan tentu saja bisa mencegah terjadinya banjir.

6/ Sebagai sumber kehidupan bagi warga sekitarnya

Hutan pada umumnya selalu memberikan beragam kehidupan yaitu tidak hanya bagi pepohonan dan juga hewan yang hidup di dalamnya namun manusia pun bisa memetik banyak manfaat dari hutan lindung. Manusia bisa mendapatkan bahan-bahan makanan dan memperoleh kehidupan dari hutan lindung. Manusia bisa mendapatkan bahan makanan sekaligus memperoleh kehidupan dari hutan lindung meskipun tidak semua tumbuhan dan hewan bisa dan boleh untuk diambil dari hutan lindung, namun demikian manusia bisa memanfaatkannya seperti mencari air di sungai, mengumpulkan potongan ranting pohon untuk kayu bakar dan beberapa hewan yang tidak dilindungi pun boleh untuk diburu guna beragam keperluan. Dengan demikian, semua kebutuhan hidup manusia bisa terpenuhi dan cukup banyak tersedia di dalam sebuah hutan lindung.

7/ Sebagai lokasi ekowisata

Lokasi ekowisata adalah merupakan satu manfaat utama dan menjadi fungsi terpenting dari sebuah hutan lindung yang terakhir. Lokasi ekowisata menggabungkan konsep tempat pariwisata dan pembelajaran. Dengan demikian selain bisa mendapatkan kesenangan dalam melakukan wisata, para turis yang berkunjung juga akan memperoleh manfaat lainnya yaitu dapat mempelajari keragaman flora fauna yang ada di dalam hutan lindung tersebut. Hal ini akan membuat para wisatawan menjadi lebih menghargai kekayaan alam Indonesia itu sendiri.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/fungsi-hutan-lindung/

 

Tags PC Windows

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel