Batu Gabro : Pengertian, Proses Pembentukan dan Manfaat yang Diberikan untuk Manusia

9 Dec 2021 10:20 12870 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Batu Gabro : Pengertian, Proses Pembentukan Dan Manfaat Yang Diberikan Untuk Manusia 

Di dalam planet bumi banyak ditemukan batuan yang menajdi salah satu elemen pelengkap harta terpendam di bumi. Batuan ini banyak memiliki jenis yang biasanya ditemukan pada permukaan bumi atau kerak bumi atau yang terkubur di dalam perut bumi. Beberapa jenis batuan yang dikenal antara lain batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Ketiga jenis batuan ini selanjutnya masih akan dibagi-bagi lagi menjadi beberapa klasifikasi yang lebih spesifik. Untuk itulah anda perlu mengenali beragam jenis batuan di bumi ini yaitu salah satu jenis batuan yang ada di bumi adalah batuan gabro.

Pengertian Dari Batuan Gabro

Batuan gabro adalah salah satu jenis batuan beku intrusive yang menyimpan koleksi warna-warna gelap dan tersusun atas kristal-kristal dalam kondisi kasar. Batu gabro cenderung menonjolkan sisi warna gelap karena mineral utama yang menyusunnya adalah dari jenis mineral plagioklas dan pirauksen. Jenis batu ini terbanyak ditemukan di dasar samudera atau kerak samudera. Nah dari pengertian ini bisa diambil kesimpulan mengenai ciri-ciri batuan gabro, antara lain sebagai berikut :

  • Pada umumnya banyak ditemukan di kerak samudera.
  • Kasar karena terdiri atas kristal-kristal yang dalam kondisi kasar.
  • Berwarna gelas cenderung hitam atau hijau tua.
  • Sekilas pandang batuan gabro mirip sekali dengan batu basalt. Karena komposisi mineral sebagai pembentuknya adalah serupa. Namun terdapat sedikit perbedaan yaitu batu basalt mempunyai mineral penyusun yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan batuan gabro. Hal ini disebabkan karena batuan basalt lebih mudah cepat mengalami proses pendinginan dibandingkan dengan batuan gabro sehingga mineral yang terbentuk mempunyai ukuran rata-rata lebih besar daripada batuan basal.
  • Seperti halnya batu basalt, batuan gabro terbentuk dari proses pendinginan lava yang berasal dari dalam perut bumi.

Rangkaian Proses Pembentukan Batuan Gabro

Antara batuan yang satu dengan jenis batuan yang lainnya melalui serangkaian proses pembentukan yang berbeda-beda. Ini tidak lepas dari yang namanya material pembentuk batuan bersangkutan. Seperti halnya batuan gabro ini terbentuk pertama kali dari proses pendinginan lava atau magma yang keluar dari perut bumi. Ahli menemukan bahwa batuan basalt jumlahnya sangat melimpah di kerak samudera. Namun jika diteliti lebih terfokus ditemukan bahwa batuan basalt di dasar samudera ukurannya tipis sekali, justru di bawahnya ditemukan kandungan batuan gabro dalam jumlah banyak. Lalu mengapa kondisi ini bisa terjadi ? Karena di permukaan kerak samudera ditemukan lava menumpuk yang mengalami proses pendinginan sangat cepat maka dari itulah mineral yang terbentuk akan berukuran kecil-kecil. Sedangkan di bagian bawahnya, mineral akan menjadi lebih cepat berkembang karena melalui proses pendinginan yang agak lambat. Hal inilah yang menyebabkan lebih banyak terbentuk menjadi batuan gabro yaitu karena pendinginan lava atau magma yang melambat sehingga memberikan kesempatan pada mineral untuk berkembang.

Manfaat Yang Diberikan Batuan Gabro Untuk Manusia

Semua jenis batuan yang ada di bumi mempunyai manfaat yang banyak untuk manusia, demikian juga dengan batuan gabro. Batuan jenis ini mempunyai beberapa manfaat besar untuk kehidupan sehari-hari yang sedang dijalani oleh manusia. Beberapa manfaat dari batuan gabro antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai batu nisan yang unik.
  • Sebagai ubin lantai rumah yang eksotik.
  • Facing stone.
  • Sebagai base material construction yang memegang peranan sangat penting bagi bidang konstruksi.
  • Batuan gabro yang telah dihancurkan bisa digunakan dalam pembangunan jalan raya, kereta api dan landasan konstruksi bangunan karena sifatnya yang sangat kokoh.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.ilmugeografi.com/geologi/batu-gabro/

 

 

Tags

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel