Bagaimana Cara agar Usaha Kuliner Salad Bar Anda Meraih Keuntungan Besar? Ikuti 10 Tips Berikut Ini Ya!

8 Dec 2021 11:55 899 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana cara supaya usaha kuliner salad bar anda mampu meraih keuntungan besar ? Ikuti 10 tips berikut Ini ya.

Apakah anda adalah seorang penyuka makanan segar seperti salad ? Tentu semua orang mengenal sajian yang satu ini dimana sejak dahulu sudah terstigma bahwa salad adalah identik dengan makanan sehat yang bahan-bahannya berasal dari buah dan sayuran segar bercita rasa hambar. Memang benar bahwa salad adalah salah satu makanan sehat yang dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk anda konsumsi setiap hari karena mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh karena buah dan sayuran segar sebagai bahan yang utama kaya akan kandungan serat dan antioksidan. Contohnya adalah Salad Bar by Hadi Kitchen, restoran makanan sehat kekinian ini saat ini sedang tren di kalangan para wanita karir di kota-kota besar di Indonesia terutama di Jakarta. Tidak hanya menyuguhkan menu salad segar saja, juga ada varian rasa seperti salad wrap dan smoothies buah dan sayur segar seperti ingin mematahkan stigma bahwa salad tidak hanya sebagai makanan sehat yang bercita rasa hambar tetapi juga bisa dikembangkan menjadi sajian lezat yang banyak disukai oleh orang-orang terutama anak-anak yang dikenal sebagai kelompok sangat sulit untuk makan buah dan sayur segar.

Salad Bar by Hadi Kitchen membawa pesan bahwa makan buah dan sayur sefar bisa dilakukan dengan cara-cara yang mengasikkan. Contohnya salah satu menu andalan mereka berupa tortilla rasa dan warna baru untuk menu-menu salad wrap.

Pertama kali hadir di Indonesia, tim kerja mereka sudah berhasil meluncurkan varian rasa yang memberikan warna baru terhadap jenis makanan bernama salad ini dimana beberapa bahan tambahan seperti daging ayam dan ikan laut diasapi dengan cara charcoal yaitu membakar / memanggang dengan arang berwarna hitam atau spinach / bayam dengan kesegaran warna hijau dan tomat untuk menghadirkan warna merah. Salad Bar selanjutnya mengalami perkembangan yang cukup memuaskan karena mendapat banyak pengaruh dari tren hidup dan makan sehat di Indonesia kini sudah meningkat. Inilah yang memotivasi Salad Bar by Hadi Kitchen untuk tetap memberikan inovasi-inovasi terbaru agar mampu memikat hati orang-orang untuk mencoba makanan sehat berupa salad yang tetap enak dan praktis.

Berdiri sejak tahun 2019, ini merupakan pertama kala Salad Bar by Hadi Kitchen memberikan rasa dan tata penyajian terbaru terutama pada tortilanya diharapkan mampu memberikan sensasi dan kenikmatan baru kepada para pelanggan dan pengunjung baru. Salad Bar menjadi salah satu inovasi terhadap usaha kuliner yang mendapat minat terbanyak di Indonesia karena orang-orang sudah semakin sadar betapa pentingnya untuk hidup sehat. Dimana sebelumnya restoran ini menyuguhkan menu serba fast food berupa menu dari bahan utama daging dan makanan serba manis. Kini dengan mengusung konsep fast food yang sama, para pengusaha inovatif menjadikan buah segar dan sayur-mayur ditambah protein sebagai menu andalan mereka.

Berminat untuk menekuni usaha / berbisnis ala Salad Bar tersebut di atas ? Anda berada di artikel yang tepat karena di sini kami akan membahas tentang 10 tips yang wajib dijalankan untuk faktor pendorong usaha Salad Bar anda mampu mengumpulkan profit yang maksimum.

1/ Pastikan untuk selalu menjaga kesegaran bahan makanan

Membuka usaha Salad Bar berarti fokus kepada bahan-bahan makanan berupa sayur-mayur, sumber-sumber protein dan karbohidrat akan disuguhkan di hadapan para pelanggan dan pembeli baru. Pastilah para pelanggan apalagi pembeli baru ingin bahan makanan ini dilihat dalam kondisi segar yang beraroma nyaman di hidung. Maka dari itu anda harus pastikan mempunyai stok bahan makanan yang cukup dalam wadah yang bersih serta memiliki cadangan yang cukup dalam tempat penyimpanan yang bersih dan sehat. Cara ini akan membantu anda untuk nantinya menentukan harga makanan berdasarkan atas kualitasnya yaitu semakin segar bahan makanan yang terjaga dengan baik maka akan menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan di restoran anda.

2/ Bersihkan semua sayuran dengan air yang mengalir lalu potong-potong

Dalam hal ini ukuran makanan memegang peranan yang sangat penting. Seberapa sering anda melihat menu makanan anda dipotong-potong dengan ukuran yang lebih kecil oleh pembeli ? Apakah anda akan merasa tertarik untuk membeli salad dengan sekaligus tiga kepala brokolo dalam satu ukuran atau paprika utuh ? Maka dari itu memotong sayuran disesuaikan dengan ukuran mulut rata-rata orang Indonesia dewasa akan membantu anda memperoleh bahan makanan dalam jumlah besar dari jumlah produk yang sama, ini akan mengurangi biaya bahan makanan agar tidak berlebihan. Di samping itu para pembeli justru dapat menikmati salad anda tanpa merasa terganggu dengan potongan makanan yang terlalu besar seperti melampaui porsi yang seharusnya.

3/ Putar produk anda

Ini tidak ada hubungannya dengan mengubah urutan wadah bahan makanan namun yang dimaksudkan adalah mengubah urutan di dalam wadah makanan. Kadang-kadang ditemukan seorang karyawan panik saat bahan makanannya tinggal sedikit. Mereka biasanya buru-buru akan menumpuk produk baru di atas produk lama. Apa hasilnya ? Produk lama di bagian bawah wadah otomatis terlupakan dan tidak diketahui bahwa kondisinya sudah tidak lagi segar. Ini bisa memberikan aroma kurang sedap terhadap produk baru yang menumpuk mereka. Solusinya adalah latih dan ingatkan selalu karyawan anda untuk selalu meletakkan produk yang paling segar di bagian terbawah. Memutar produk anda seperti ini akan mampu menghemat uang anda untuk keperluan membeli bahan dalam jumlah berlebihan, mengurangi sampah dan membuat tampilan bahan makanan tetap cantik.

4/ Letakkan produk-produk yang paling murah di bagian depan

Pernahkah anda diajari oleh orangtua untuk terbiasa memulai mengerjakan sesuatu dari kiri ke kanan. Seperti membaca dan akan menyebabkan mata anda bergerak dengan arah tersebut ketika melihat objek tertentu. Atau pernahkah anda dilatih untuk selalu fokus pada benda-benda yang ada di depan mata anda ? Ini ada hubungannya dengan tips yang keempat yaitu disarankan untuk letakkan produk yang termurah di bagian kiri depan jika siklus Salad Bar anda mulai dari kiri ke kanan dimana saat pelanggan anda hendak memilih item yang mahal, mereka tidak akan mengambil banyak karena piring sudah hampir penuh oleh bahan di bagian depan. Tata makanan sumber protein di belakang dan lebih mengutamakan untuk mengedepankan sayuran segar, ini bisa mengurangi sampah bahan makanan yang tak terpakai sekaligus meningkatkan keuntungan. 

5/ Pakai penjepit makanan, sendok dan botol salad dressing yang kecil

Peralatan seperti penjepit makanan, sendok atau botol salad dressing sebaiknya dipilih dalam ukuran yang kecil saja. Ini dimaksudkan agar para pelanggan anda mengambil sejumlah makanan yang secukupnya saja. Untuk penjepit makanan misalnya pilihlah yang memiliki jarak capitan yang kecil cenderung sedang sehingga pembeli bisa mengambil selada secara sekaligus beberapa lembar. Begitu pun dengan sendok, biasanya pelanggan tidak hanya akan memilih satu item saja dari sekian banyaknya pilihan yang tersedia, pilihan sendok dengan ukuran kecil bertujuan agar proporsi makanan yang diambil tidak terlalu banyak. Sedangkan yang terakhir adalah untuk botol-botol salad dressing sebaiknya memilih lubang botol yang terkecil karena akan bermanfaat agar salad dressing yang diambil pembeli bisa dikontrol sehingga pengeluaran anda pun menjadi terkendali.

6/ Pakai wadah yang pendek

Wadah-wadah yang berukuran pendek akan menciptakan tampilan dan kualitas produk yang lebih menarik. Jika memakai wadah yang terlalu dalam maka kemungkinan produk anda tersisa banyak dan mudah menjadi tidak segar. Ini berlaku untuk bahan makanan berupa segala jenis sayuran.

Tujuan memakai wadah yang pendek adalah :

  • Menjaga kesegaran produk.
  • Memudahkan rotasi produk.
  • Mencegah bahan dari sayuran mudah layu.
  • Bayangkan saja jika anda meletakkan jamur di dalam wadah yang dalam sepanjang hari, jamur rentan menjadi tidak segar di penghujung hari yang kemungkinan besar berakhir di tempat sampah dan pastinya ini akan merugikan anda.

7/ Usahakan menomorsatukan tampilan yang sempurna

Tampilan yang optimal tidak selalu berarti memakai desain bar yang bagus dan berkesan mewah. Tampilan yang sempurna adalah dengan menyimpan dan memberikan pilihan sayur-mayur dan produk lainnya yang beragam dalam tata letak yang nyaman dilihat dan mudah dijangkau. Dimana orang-orang tidak hanya ingin melihat selada, jagung manis, tomat atau sayuran yang itu-itu saja, sekali waktu berikan mereka pilihan protein, karbohidrat dan dressing yang beragam. Pilihan yang beragam akan menyebabkan Salad Bar yang anda kelola akan terlihat semakin berwarna dan memberikan tampilan yang baik.

8/ Ubah tata letak Salad Bar

Sesekali yang dilakukan setiap bulan adalah mengubah bunga kol dengan daun kola tau buah zaitun hijau dengan buah zaitun berwarna hitam. Bisa juga anda menerapkan menu seasonal yang diletakkan di bagian kiri depan. Letakkan juga produk-produk favorit di bagian depan bar yang anda kelola. Bila ada produk favorit yang memiliki stok tinggal sedikit maka anda bisa memindahkan ke bagian tengah untuk mengurangi jumlah produk yang terambil oleh satu orang saja.

9/ Utamakan untuk memilih sayuran organik

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, sayuran organik sejak pertama kali ditemukan, tidak pernah sepi dari pembeli. Di samping lebih sehat, juga berpengaruh baik terhadap perubahan iklim dimana sayuran yang diberi pupuk berupa bahan-bahan kimia seperti pestisida akan menyebabkan iklim mengalami gangguan. Maka dari itu disarankan untuk memilih sayuran organik saja. Di samping itu, para pembeli akan merasa lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang tersedia dan diproduksi oleh petani lokal. Nah di sini anda bisa memasarkan salad anda sebagai makanan yang alami, bebas pestisida dan tanpa hormon.

10/ Pastikan kebersihan bahan-bahan selalu terjaga

Pelanggan kadang-kadang merasa khawatir berlebihan terhadap bakteri e.coli yang melekat pada bahan-bahan membuat sayur yang menyebabkan munculnya penyakit di area pencernaan. Maka dari itu sebelum ditata sedemikian menarik buat pembeli ada baiknya anda harus benar-benar memilih buah dan sayuran yang bebas dari bakteri dan mengikuti standar kebersihan makanan sesuai dengan kebijakan di daerah anda.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.hashmicro.com/id/blog/10-tips-menjalankan-usaha-kuliner-salad-bar/

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel