Bagaimana Upaya Melestarikan Tanaman Langka di Indonesia ? Berikut 5 Cara yang bisa Ditiru

8 Dec 2021 09:51 2129 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana upaya melestarikan tanaman langka di Indonesia ? Berikut 5 cara yang bisa ditiru.

Berdiskusi tentang keanekaragamn hayati yang ada di seluruh dunia, ada banyak sekali ditemukan jenis flora dan fauna yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu per satu. Dimana masing-masing daerah dan setiap lokasi menyimpan flora dan fauna yang khas dan kadang-kadang berbeda dari yang lainnya. Meskipun kadang-kadang keadaan yang terlihat makmur ini sekali waktu bisa berubah ke kondisi buruk yang menyebabkan mereka menjadi langka di dunia. Tak sedikit flora dan fauna yang ada di bumi ini dikelompokkan sebagai mahluk hidup yang langka yang terlihat dari jumlah mereka menjadi sangat terbatas. Namun kemudian permasalahan muncul apabila terjadi perburuan yang dilakukan secara berlebihan dan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang akan menyebabkan punahnya beberapa jenis flora dan fauna di dalam alam semesta yaitu bumi ini.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna melestarikan flora dan fauna yang hampir mengalami kepunahan. Masing-masing cara tersebut bertujuan untuk menyelamatkan dan menjaga keberlangsungan dari flora dan fauna tersebut. Untuk itulah sangat penting mendiskusikan mengenai cara untuk melestarikan tanaman langka dimana ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dengan terfokus.

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan guna menjaga keberlangsungan dan mencegah agar tanaman langka tidak semakin mengalami kondisi buruk yaitu kepunahan. Beberapa cara bisa ditiru untuk dilakukan seperti penjelasan tersebut di bawah ini.

1/ Menciptakan / membuat perundang-undangan yang tegas

Cara yang kedua ini bisa dikatakan membutuhkan peran serta dari pihak pemerintah untuk pelaksanaannya. Pembuatan undang-undang di sini adalah merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh melalui jalur-jalur resmi. Jika mengacu terhadap pemerintahan yang ada di Indonesia, ada beberapa perundang-undangan yang di dalamnya mengatur mengenai flora atau tanaman khusus langka yang dilindungi. Dimana pada dasarnya untuk selanjutnya beberapa undang-undang tersebut bisa dijadikan sebagai acuan. Contohnya adalah Undang-Undang RI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, PP RI No. 8 tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tanaman dan Satwa Liar, Undang-Undang No. 12 tahun 1992 mengenai Sistem Budidaya Tanaman. Masing-masing dari perundang-undangan tersebut mengatur secara terperinci dan jelas yang mencakup perlindungan dan pemanfaatan satwa langka beserta lingkungannya.

2/ Melakukan penangkaran

Cara melestarikan tanaman langka yang ketiga biasa dikembangkan adalah dengan melakukan penangkaran terhadap tumbuhan yang keberadaannya sudah mulai sedikit jumlahnya. Juga bisa berlaku untuk kelompok hewan yang mengalami kepunahan. Penangkaran secara garis besar terbagi ke dalam 2 bagian utama yaitu in situ dan ex situ. Di dalam penangkaran in situ, tanaman akan dijaga dengan ditangkarkan dalam keadaan asli seperti di alam liar dimana asal mula tanaman tersebut tumbuh. Sedangkan penangkaran yang dilakukan secara ex situ adalah pada waktu penangkaran dilakukan tidak seperti ekosistem alami. Dimana pelestarian keanekaragaman hayati secara in situ dan ex situ merupakan cara yang terbanyak digunakan di Indonesia. Penangkaran adalah salah satu cara yang diaplikasikan guna mengurangi dampak kerusakan flora dan fauna yang tentu saja akan memberikan efek besar terhadap kelangsungan hidup manusia.

3/ Melakukan usaha dengan memperbanyak jumlah dari tanaman yang diketahui sudah memasuki jumlah yang kritis

Untuk bisa melestarikan tanaman langka, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti pada beberapa laboratorium tanaman di Indonesia atau tanaman yang sengaja dikembangbiakkan di beberapa kebun raya yang ada di Indonesia. Dengan memperbanyak tanaman langka menggunakan metode kultur jaringan maka setidaknya diharapkan sedikit banyak bisa memperbanyak jumlah dari tanaman langka yang dimaksudkan. Kultur jaringan itu sendiri merupakan salah satu metode yang diaplikasikan dengan cara menggunakan salah satu bagian dari tanaman untuk bisa menghasilkan individu-individu baru. Ini sangat umum dilakukan pada tanaman langka namun agak berbeda perlakuannya untuk hewan langka.

4/ Pengaruh dari penegakan hukum dalam suatu negara

Ketika suatu negara sudah memberlakukan undang-undang yang jelas dan pasti, maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan tindakan hukum yang jelas dan sesuai seperti penjelsan dalam undang-undang yang tersedia. Diharapkan akan terjadi penanganan dan pelaksanaan yang seimbang maka akan bisa mengurangi berbagai tindakan seperti penyelundupan dari tanaman langka ini. Apalagi jika berbicara tentang kondisi yang terjadi di Indonesia, di sini merupakan salah satu negara yang cukup sering menjadi tujuan utama para pemburu liar guna menemukan beragam koleksi yang eksotik berupa tanaman dan juga hewan yang keberadaannya mulai langka.  

5/ Melakukan penjagaan ekosistem

Lingkungan sekitar tempat tumbuh beberapa jenis tanaman adalah menjadi salah satu dari beberapa faktor yang bisa mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Ada banyak sekali unsur-unsur lingkungan yang wajib dijaga keberadaannya dengan baik supaya tetap mampu menopang keberlangsungan kehidupan tanaman bersangkutan. Juga erat hubungannya dengan penjagaan ekosistem atau terhadap lingkungan adalah menjadi salah satu cara guna melestarikan tanaman langka khususnya yang tumbuh di Indonesia. Di saat lingkungan yang menjadi tempat tumbuh dalam kondisi terjaga unsur-unsur di dalamnya efek yang ditimbukan akan memberikan pengaruh baik terhadap tumbuhan yang hidup di dalamnya. Diketahui ada beberapa jenis tanaman yang sudah punah biasanya disebabkan oleh kerusakan habitat asli dari tumbuhan bersangkutan dimana kondisi mengharuskan beberapa jenis tumbuhan ini tergantung kepada faktor-faktor khusus agar tetap mampu bertahan untuk hidup.

Ragam Tanaman Langka Di Indonesia Yang Wajib Dilestarikan

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa tanaman langka adalah sekelompok flora yang memiliki populasi sedikit dan terus-menerus mengalami penurunan. Ada banyak penyebab tanaman ini menjadi langka, maka dari itu sangat penting untuk melakukan beberapa upaya pelestarian seperti yang sudah kami sebutkan tersebut di atas.

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal banyak menyimpan keanekaragaman hayati di alam semestanya. Tanah-tanah yang subur didukung dengan kondisi agroklimat yang menguntungkan menyebabkan banyak tanaman tumbuh dengan subur di sini. Berdasarkan atas beberapa penelitian yang dilakukan, Indonesia mempunyai 10% dari spesies bunga di seluruh dunia dimana jumlah ini bukan merupakan angka yang sedikit. Bukan hanya bunga saja, Indonesia juga mempunyai ragam jenis tumbuhan yang mampu hidup di berbagai wilayah, beberapa tanaman yang tumbuh tersebut diketahui saat ini adalah tercatat sebagai kelompok tumbuhan langka karena populasinya yang sangat sedikit. Oleh sebab itu, tanaman langka menjadi tumbuhan prioritas yang wajib dilindungi oleh pemerintah setempat bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di dalamnya. Keberadaannya perlu dijaga dan diawasi dimana habitatnya pun menjadi perhatian khusus agar tanaman ini tetap lestari.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh pemerintah dengan pihak-pihak terkait ditemukan sekitar 50 jenis tumbuhan yang terancam punah, beberapa yang terkenal antara lain sebagai berikut :

  • Pinang hutan
  • Palem kapas
  • Pakis hanoman
  • Kantong semar
  • Beberapa spesies bunga anggrek
  • Keruing
  • Ki aksara
  • Durian anggang
  • Acung jangkung
  • Rutan
  • Rotan batang

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61571bb4ec7b4/11-tumbuhan-langka-di-indonesia-dan-upaya-pelestariannya

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel