Hubungan Antar Manusia akan Saling Bermanfaat dengan Adanya Interaksi Antara Individu dan Kelompok, Inilah Contohnya

3 Dec 2021 19:25 1776 Hits 8 Comments Approved by Plimbi

Hubungan antar manusia akan saling bermanfaat dengan adanya interaksi antara individu dan kelompok, inilah contohnya.  

Apakah terpikirkan oleh anda bagaimana jika manusia di bumi ini tidak saling berhubungan atau berkomunikasi dengan manusia lain sejak mereka lahir ? Manusia diharapkan setiap waktu melakukan interaksi karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial dimana mereka tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Hubungan yang terjadi antar manusia akan saling mempengaruhi, mengubah dan memberi manfaat satu sama yang lainnya. Proses komunikasi di dalamnya bisa memberikan pengaruh terhadap tindakan-tindakan dan juga pikiran. Dalam hal ini interaksi memiliki beberapa jenis yang biasa dilakukan oleh manusia. Salah satunya adalah interaksi antara individu dengan kelompok.

Interaksi Antara Individu Dan Kelompok Dan Pengertiannya

Seperti diketahui bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, interaksi bisa berbentuk sedemikian yang dikehendaki karena adanya struktur sosial dan budaya yang menyertai di dalamnya. Interaksi ini selanjutnya akan membuahkan sebuah hubungan khusus yang bisa memberikan dampak bagi keseluruhan kehidupan manusia. Definisi interaksi antara individu dengan kelompok merupakan sebuah proses interaksi sosial dimana dilakukan oleh seseorang terhadap suatu kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan bersama. 

Interaksi antara individu dan kelompok biasanya dapat dijumpai melalui forum-forum yang sifatnya resmi atau tidak resmi terjadi di sekitar seseorang. Di dalam melakukan interaksi antara individu dan kelompok terdapat beberapa aturan atau populer dengan istilah tata tertib yang sifatnya khusus, berbeda dengan jenis interaksi yang lainnya. Meskipun demikian, apabila interaksi antara individu dengan kelompok dilakukan berdasarkan sifat tidak resmi maka pada umumnya interaksi akan terjadi karena adanya ketertarikan sehingga proses yang terjadi menjadi tidak terikat dengan suatu aturan tertentu. Jenis interaksi antara individu dengan kelompok ini bersifat timbal balik sehingga hasil dari interaksi tersebut bisa mempengaruhi perasaan, pikiran, hingga tindakan-tindakan sama seperti terhadap jenis interaksi yang lainnya.

Ini Adalah Beberapa Contoh Antara Individu Dan Kelompok

Tanpa anda sadari, interaksi antara individu dan kelompok sangat mudah dijumpai di sekitar anda dalam kehidupan sehari-hari dimana bahkan tak jarang anda pasti terlibat di dalam jenis interaksi ini baik yang memiliki sifat resmi ataupun tidak resmi.

Untuk memudahkan memahami penjelasan dari kami tersebut di atas, marilah disimak beberapa contoh interaksi antara individu dengan kelompok tersebut di bawah ini untuk selanjutnya bisa dipahami dan anda pun menjadi bisa bergaul dalam lingkungan sosial sekitar anda.

  • Ada seorang kepala sekolah sedang memberikan amanat dengan melakukan pidato pada saat melakukan upacara bendera di lapangan sekolah.

  • Ada seorang guru yang sedang mendidik dengan mengajar murid-muridnya di dalam ruangan kelas ketika pelajaran sedang berlangsung.

  • Ada ketua RT / ketua RW / Kepala Desa sedang memberikan pengumuman dengan berpidato kepada masyarakat dib alai desa.

  • Ada seorang siswa yang sedang melakukan presentasi di depan guru dan teman-teman sekelasnya di dalam ruang kelas.

  • Ada seorang petugas kesehatan, kemasyarakatan atau bidang yang lainnya saling berhubungan sedang memberikan sebuah penyuluhan kesehatan kepada warga dib alai desa.

  • Ada seorang MC/moderator/narasumber yang sedang memberikan penjelasan dengan melakukan presentasi dan berbicara di depan para audien di aula kampus.

  • Ada seorang pramugari yang sedang memberikan penjelasan tentang tata cara maupun peraturan yang berhubungan dengan keamanan saat sedang naik pesawat kepada semua penumpang yang ada di dalamnya.

  • Ada seorang ketua kelas sedang memberikan penjelasan tentang pembagian tugas kelompok dengan teman-temannya di dalam ruangan kelas.

  • Ada seorang artis yang sedang melakukan komunikasi dengan para penontonnya di panggung terbuka alun-alun taman kota.

  • Ada seorang sales yang sedang melakukan promosi produk atau jasa yang sedang ia tawarkan kepada banyak orang di teras salah satu mall terbesar di kota ini.

  • Ada seorang presiden yang sedang melakukan konferensi pers di depan para wartawan berita di gedung kepresidenan.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.kumparan.com/berita-hari-ini/contoh-interaksi-individu-dan-kelompok-dalam-interaksi-sosial-1vMeBgzJN8T/

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel