Perawatan Metode Kangguru atau PMK Yang Efektif dan Efisien Diaplikasikan Oleh Orang Tua Kepada Bayinya

10 Nov 2021 14:15 712 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hubungan anak dengan orang tua yang baik

Hampir menyerupai hewan kangguru yang banyak hidup di wilayah Australia, perawatan metode kangguru atau PMK akan membantu memberikan rasa nyaman bagi para bayi di dada ibunya. Selain memudahkan para bayi ini untuk minum ASI, juga kontak kulit antara bayi dan ibunya bisa membantu mempererat hubungan tali kasih diantara mereka.

Beberapa Manfaat Yang Diberikan PMK Bagi Bayi Dan Orangtuanya

1/ Manfaat PMK bagi para bayi

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari menerapkan terapi PMK yang terjadi terhadap bayi itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Untuk memperpanjang durasi atau lama menyusui.
  • Lebih aman dan berhasil menyusu secara langsung dengan ibunya.
  • Bayi menjadi kalem dan lebih jarang menangis.
  • Waktu tidur bayi menjadi lebih panjang.
  • Risiko terinfeksi penyakit menjadi lebih kecil.
  • Denyut jantung menjadi lebih stabil.
  • Perkembangan otak bayi lebih encer.
  • Tumbuh lebih mudah dan cepat serta sehat.
  • Memiliki suhu tubuh lebih cepat stabil.

 

2/ Manfaat PMK bagi ibunya

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari menerapkan terapi PMK yang terjadi terhadap ibu dari bayi itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Mendukung pemberian ASI eksklusif.
  • Memperkuat bonding antara ibu dan bayi.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dalam merawat bayi.
  • Kontak secara langsung antara kulit ibu dengan kulit bayi sebaiknya diteruskan setelah bayi lahir hingga 6 bulan pemberian ASI eksklusif.
  • Kontak secara langsung antara bayi dan ibunya wajib tetap dipertahankan sejak menit pertama setelah kelahiran yaitu dengan melalui pemberian ASI. Dimana diketahui bahwa metode ini mampu memberikan 4 faktor utama keperluan bayi yaitu oksigen, kehangatan, nutrisi dan perlindungan. Secara alami semua ini terpenuhi di dalam kantung hewan kangguru.

 

3/ Manfaat PMK bagi ayahnya

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari menerapkan terapi PMK yang terjadi terhadap ayah dari bayi itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Mendorong menumbuhkan rasa peran ayah yang kuat dalam merawat bayi menjadi sangat besar.
  • Memperkuat bonding antara ayah dan bayinya.
  • Bisa untuk menghangatkan bayi ala bayi kangguru. Dimana kehangatan pelukan anda terbukti sangat membantu tumbuh kembang bayi khususnya dalam kondisi lahir prematur.

Melalui riset yang dilakukan oleh Dr. Nils Bergman dari rumah sakit Mowbray Maternity di Cape Town, Afrika Selatan membuktikan betapa besar manfaat dari penerapan metode pengasuhan dan perawatan bayi ala kangguru ini. Para bayi yang baru terlahir khususnya bayi premature diletakkan di dada ibunya sehingga seluruh kulit tubuhnya akan bersentuhan secara langsung dengan kulit sang ibu, ini menunjukkan adanya peningkatan kesehatan yang nyata dibandingkan ditaruh dalam incubator. Itulah sebabnya Dr. Bergman selanjutnya dikenal sebagai pelopor metode kangaroo mother care.

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari pengaplikasian metode ini adalah bisa untuk membantu meningkatkan penambahan berat tubuh para bayi prematur sehingga akan mempersingkat waktu perawatan yang dilakukan di rumah sakit. Cobalah sekali waktu merawat bayi anda dengan metoda kangaroo mother care ini sekali pun bayi anda lahir normal. Dan ingat, sebelum melakukannya, suhu tubuh bayi harus mencapai 36 derajat Celcius sehingga anda akan merasa nyaman pada waktu melakukannya.

 

Komponen Kangaroo Mother Care

Secara garis besar kangaroo mother care terdiri atas 3 komponen yaitu sebagai berikut :

1/ Kontak kulit yang terjadi antara ibu dan bayinya

Jenis kontak ini adalah kontak kulit antara dada bayi dengan dada anda. Sehingga kulit bayi bisa secara langsung merasakan kehangatan kulit anda sebagai orang yang paling dekat dengannya. Kontak ini diharapkan dapat membantu menjaga suhu dan proses oksigenasi tubuh bayi dimana anda bisa melakukannya sambil dalam posisi berdiri ataupun terbaring. Lakukan metode ini selama anda mampu melakukannya terutama apabila bayi kebetulan lahir prematur. Teknik pertama ini merupakan salah satu bentuk inkubator yang dilakukan secara alami guna membantu proses tumbuh kembang sang bayi.

2/ Pemberian ASI secara eksklusif

Kontak kulit yang terjadi di dalam komponen pertama tersebut di atas akan memungkinkan sang bayi mengisap ASI setiap saat mereka memerlukan yaitu ketika merasa lapar dimana kangaroo mother care juga merangkap fungsi untuk memfasilitasi pemberian ASI sejak dini hari kepada sang bayi.

3/ Memberikan dukungan kasih sayang dari ibu kepada bayinya

Anda sebagai orangtua sang bayi akan tetap bisa memberikan dukungan emosi, psikologis dan fisik terutama ketika tindakan medis diperlukan dilakukan terhadap bayi anda. Ini akan meningkatkan kelekatan emosional / bonding antara para orangtua dengan bayinya. Di samping itu dari sisi kondisi terbukti bahwa perkembangan otak bayi membutuhkan elusan rangsangan berupa belaian dan sentuhan atau kontak secara langsung antar kulit dan kontak mata secara langsung antara bayi dengan mata ibunya.

Demikian kami  memberikan  penjelasan  dengan  singkat  mengenai  artikel  dengan  judul         “ Perawatan Metode Kangguru Atau PMK Yang Efektif Dan Efisien Diaplikasikan Oleh Orangtua Dan Bayinya ” dirangkum dari beberapa sumber tulisan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel