Alta School, Sekolah Modern yang Menerapkan Metode Blended Learning

6 Sep 2021 19:30 198 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Alta School, Sekolah Modern Yang Menerapkan Metode Blended Learning

Hingga saat ini wabah virus corona atau covid-19 telah menyebabkan kekhawatiran yang sangat luar biasa bagi seluruh umat di dunia ini. Covid-19 telah menelurkan dampak nyata yang dapat mengganggu proses kegiatan di berbagai sektor kehidupan. Karena untuk mencegah penyebaran virus semakin besar, diberlakukan pembatasan kegiatan rutin sehari-hari manusia, termasuk kegiatan belajar dan mengajar. Proses utama kegiatan di bidang pendidikan sampai saat ini belum diperbolehkan diselenggarakan melalui tatap muka secara normal.

Sehubungan dengan kondisi buruk tersebut di atas, masalah bisa teratasi untuk sementara waktu hanya dengan membutuhkan yaitu bagaimana jalan keluar agar proses belajar dan mengajar di lembaga pendidikan (sekolah) tetap bisa berjalan dengan normal seperti dulu. Salah satu solusi yang terbaik bisa dilakukan adalah melalui cara memadukan sistem daring dengan tatap muka antara murid dengan tim pengajar. Seperti blended learning atau proses pembelajaran campuran adalah salah satu model pembelajaran yang dinilai tepat dilakukan di tengah masa pandemi covid-19 ini. Metode blended learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang sudah banyak dilakukan di negara-negara Jepang, Eropa dan Amerika yaitu metode yang mengkombinasikan antara pembelajaran digital dan tatap muka. Diharapkan model pembelajaran yang seperti ini menjadi proyek dan eksperimen menyenangkan dilakukan bagi seluruh murid.

Kelebihan dari metode blended learning ini untuk anak-anak usia dini adalah sifatnya lebih fleksibel, hemat biaya dan waktu, interaktif dan efisiensi. Nah guna menjembatani kebutuhan model pembelajaran pada PAUD maka saat ini yang tepat dilakukan adalah merekomendasikan blended learning Alta School, salah satu sekolah online berijazah resmi yang ada di Indonesia. 

Alta School adalah salah satu jenis sekolah online berijazah resmi yang mengaplikasikan model belajar mengajar dengan memakai metode blended learning yang sifatnya interaktif dengan penetapan jadwal pembelajaran yang flesibel sehingga memudahkan murid dalam menggali minat dan bakatnya.

Sekolah online Alta School memiliki dua tingkatan Sekolah Online Alta School yang terdiri dari dua tingkatan pendidikan antara lain Alta School PAUD dan Alta School Sekolah Dasar kelas 1 sampai dengan 3. Alta School tepat ditujukan buah murid PAUD yang membutuhkan materi-materi pembelajaran terarah sesuai dengan kurikulum standard nasional (kurikulum 2013 PAUD) dimana hingga saat ini memiliki murid mencapai 50 orang.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas belajar yang tersedia di Alta School saat ini adalah antara lain :

  • Live teaching : durasi sekitar 45 menit hingga 3 kali pertemuan per minggu.
  • Homebase project : dengan memanfaatkan alat / media yang saling berhubungan yang bisa di dapat di rumah untuk melakukan proses pembelajaran sebagai media pembelajaran yang aktif antara guru dengan mudir.
  • Offline activity with parent adalah melibatkan orangtua / pengasuh dalam kegiatan belajar para murid.
  • Turoring class : murid mempunyai tutor guna membantu memperdalam dan memperlancar kegiatan tanya jawab dan mengenatui tingkat kesulitan dalam belajar daring.
  • Kelas add on : berisikan kelas tambahan untuk lebih terfokus dalam mengasah kemampuan murid dengan memakai metode pembelajaran melalui bantuan video, lagu, film animasi, lembar kerja siswa dan assignment (karya).
  • Life skill education.
  • Learning kit : para orangtua / pengasuh peserta didik akan dikirimkan learning kit untuk menunjang proses pembelajaran.
  • Konseling.
  • Modul : akan disiapkan modul pembelajaran untuk menentukan dan menetapkan waktu belajar yang pas sesuai dengan tahapan perkembangan murid selama mengikuti kegiatan daring.
  • Memiliki kartu pelajar : memperoleh kartu pelajar untuk fungsi menunjukkan identitas murid selama mengikuti serangkaian kegiatan belajar mengajar.
  • Laporan proses pembelajaran : merupakan rapot progress nilai atau keterangan kegiatan bekajar siswa di sekolah online.
  • Field trip & outbound : kegiatan dilapangan yang bersifat opsional dengan melihat kondisi pandemi saat ini.

Untuk Alta School kategori Sekolah Dasar tersedia tingkatan kela yaitu kelas 1 hingga kelas 3, disesuaikan untuk murid yang ingin menambahkan kemampuan akademis dan soft skills yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari murid.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas untuk Alta School Sekolah Dasar kelas 1 s/d 3 antara lain :

  • Live teaching : durasi 60 menit hingga 5x per minggu.
  • Homebase project
  • Offline activity with parent
  • Tutoring class
  • Kelas add on

Metode blended learning di Alta School online setelah tamat mendapatkan ijazah resmi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Alta School, Sekolah Modern Yang Menerapkan Metode Blended Learning’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel