Buah dan Bahan Sehat Lainnya Ini jadi Camilan Anak yang Sehat

6 Sep 2021 11:10 110 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Buah Dan Bahan Sehat Lainnya Ini Jadi Camilan Anak Yang Sehat 

Hari Anak Sedunia jatuh setiap tahun. Ini diberlakukan guna mendukung tumbuh kembang anak-anak secara optimal dimana bunda dan para orang tua yang lainnya bisa memberikan daftar makanan sehat untuk anak yang dapat menjadi panduan para orang tua.

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November setiap tahun. Melihat sejarahnya di masa lampau, Hari Anak Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 1954 berdasarkan resolusi PBB nomor 836 (XI). Tujuan peringatannya adalah untuk mempromosikan cita-cita dan tujuan Piagam PBB serta kesejahteraan anak-anak sedunia. Bisa diwujudkan dengan menjaga pola makan anak menjadi fokus para ibu-ibu di tengah pandemi, namun bagi anak yang dibiasakan makan sehat yakni kaya akan sayuran dan buah serta tanpa gula pasir, hal ini adalah challenge berat. Bagi yang mengahdapi penolakan dari anak bisa mengakalinya dengan tampilan bahan-bahan sehat menjadi menggemaskan.

Karena anak-anak sering meminta camilan di luar waktu makan utama, memiliki resep kreatif akan sangat membantu. Dibandingkan panik lalu buru-buru menelfon fast food untuk delivery, lebih baik memasak sendiri di dapur.

1/ Setup buah pir segar

Atau disebut juga dengan nama populer adalah poached pir. Biisa anda coba berikan untuk anak-anak yang masih belum dibiasakan makan buah segar utuh yang bertekstur agak keras. Kukus buah pir yang sudah dikupas bersama dengan air, air perasan jeruk lemon, dan secukupnya saja gula merah. Tidak perlu repot-repot memakai versi resep barat yang merebus buah pir memakai terlalu banyak gula putih. Boleh juga saat merebusnya diberi tambahan kayu manis agar beraroma wangi. Setelah lunak, hiasi pir menjadi bentuk muka dengan buah stroberi untuk mulut, dan kismis atau blueberry untuk mata. Enak dilihat juga enak disantap.

2/ Daifuku isi stroberi

Daifuku adalah salah satu camilan khas Jepang yang berisikan stroberi lokal yang besar dan manis. Anda bisa menggunakan stroberi yang ditanam di Indonesia, meskipun rasanya seringkali tidak terlalu manis. Namun di dalam daifuku, rasa asam stroberi lokal ini bisa tertutupi dengan adanya lapisan pasta kacang merah yang manis. Daifuku dibuat dari tepung beras, menjadi lapisan mochi. Anak-anak pastilah sangat menyukai warna dan tekstur kue yang sangat lembut.

3/ Sushi pisang manis

Pastilah anda mengetahui kalau anak-anak suka sekali berkunjung ke resto sushi. Di sini banyak tersaji bentuk sushi yang ukurannya mungil-mungik serta memiliki tampilan menarik untuk menggugah selera makan. Coba memilih sushi versi sarapan, yakni dengan menyiramkan chocolate ganache ke permukaan pisang cavendish. Terlebih dahulu potong-potong pisang lalu taburi dengan kacang pilihan. Namun jika anak anda alergi terhadap kacang maka taburi dengan remahan biscuit kesukaan mereka. Chocolate ganache bisa dibuat dengan cara melelhkan chocolate couverture bersama sedikit krim kental. Jika tersisa, bisa dibuat menjadi minuman cokelat hangat yang nikmat.

4/ Kacang-kacangan

Makanan sehat selanjutnya yang bagus untuk anak adalah kacang-kacangan. Bahan makanan ini memiliki kandungan tinggi akan protein dan serat. Harganya juga murah dan mudah diolah menjadi beragam kudapan yang rasanya enak.

Beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan pilihan adalah kacang tanah, kacang hijau, almond, kedelai, kacang merah, dan kacang polong. Para orang tua bisa mengolahnya sebagai salah satu makanan favorit anak-anak seperti ditambahkan dalam sop, salad atau dibuat menjadi bubur.

Bunda bisa pelajari cara membuat selai kacang sendiri. Memang diperlukan alat khusus yakni food processor yang canggih atau high speed blender untuk bisa mengeluarkan minyak dari kacang yang sedang dihaluskan tersebut. Selai kacang buatan sendiri terhitung aman karena bisa dibuat dari kacang organik, tanpa melibatkan minyak kelapa, menggunakan garam natural, dan minim gula pasir. Tanpa rasa artifisial dan tanpa bahan pengawet. Selai kacang bia bunda gunakan pada segala jenis makanan seperti dioles ke roti, atau dioles ke buah apel merah agar makanan ini memiliki cita rasa beda.  

5/ Memberikan oat

Apakah bunda mengetahui kebaikan oat ? Kadang-kadang anak-anak keburu tak suka karena malas melihat tekstur buburnya yang campur aduk. Mungkin bunda bisa mengakalinya dengan menyajikan dalam gelas-gelas mungil, ini tidak akan terasa intimidatif bagi si kecil. 

Campur oat dengan cokelat yang berkualitas baik. Jika anak suka dengan rasa lain maka campurkan oat dengan bahan tersebut karena yang sebenarnya oat memili rasa dasar yang netral dan luwes digabung dengan rasa apa saja.

Oat yang direbus dengan cokelat selanjutnya dicampur dengan pisang agar memiliki tekstur kental. Bisa ditambahkan dengan es krim. Sajikan dingin lebih nikmat.

4/ Memberikan buah alpukat dalam olahan

Jangan pusing-pusing menemukan buah yang bagus untuk anak ? Coba berikan alpukat untuk mereka. Alpukat merupakan salah satu sumber lemak sehat yang banyak disuaki oleh anak-anak. Dimana diketahui bahwa alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi peradangan sekaligus menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Jenis lemak pada alpukat akan diserap lebih lama di pencernaan, sehingga membuat anak-anak merasa kenyang lebih lama. Orang tua bisa mengolah alpukat dengan banyak cara. Bisa dijadikan jus atau smootie, perhatikan pemakaian gula. Jangan menambahkan terlalu banyak.

Demikian kami menjelaksan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Buah Dan Bahan Sehat Lainnya Ini Jadi Camilan Anak Yang Sehat’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel