Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tidak Layu

1 Sep 2021 13:30 149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara merawat bunga krisan agar tidak layu.

Apabila anda ingin membudidayakan tanaman bunga krisan dalam skala besar, tentunya harus mengetahui karakteristik dari tanaman bunga ini. Karakteristik erat kaitannya dengan cara merawat bunga krisan setiap hari. Perhatikan hal berikut di bawah ini :

1/ Penyiraman bunga krisan

Pada umumnya semua jenis tanaman membutuhkan air untuk pertumbuhannya dan bisa menambah masa hidupnya, begitu juga tanaman bunga krisan ini memerlukan air untuk proses pertumbuhannya. Siramlah secara teratur pada waktu pagi dan sore hari, pagi hari sekitar jam 6 sampai dengan jam 9 pagi dan sore hari pada jam 3 hingga 4 sore. Penyiraman pada waktu pagi hari sangat dianjurkan karena bunga krisan mendapatkan asupan air untuk bertahan terhadap panas siang hari.

2/ Penyinaran tanaman bunga krisan

Penyinaran dari matahari untuk tanaman bunga krisan sangat penting dilakukan untuk proses fotosintesis, namun anda juga harus memperhatikan kebutuhan sinar matahari yang ideal untuk tanaman ini karena penyinaran matahari secara langsung yang berlebihan merupakan salah satu cara yang salah dan dapat membuat tanaman bunga krisan menjadi layu alias kekeringan. Tanaman bunga krisan membutuhkan 3 sampai dengan 4 jam sinar matahari secara langsung, untuk itu jika anda ingin menanamnya dalam jumlah besar pada tempat yang terbuka maka berilah pelindung berupa atap di atas tanaman bunga krisan.

3/ Suhu dan kelembaban

Beberapa jenis tanaman baik itu tanaman bunga, tanaman sayuran, dan tanaman buah serta pepohonan lainnya membutuhkan suhu dan kelembaban  yang pas untuk pertumbuhan mereka, begitu juga dengan tanaman bunga krisan membutuhkan kelembaban dan suhu yang ideal pada tempat tumbuhnya. Untuk itu anda harus mengetahui suhu serta kelembaban tanaman bunga krisan yang tepat agar bisa tumbuh dengan optimal dan tidak mudah layu.

4/ Pemberian pupuk dan nutrisi tambahan

Tanaman bunga krisan membutuhkan tambahan nutrisi agar bisa tumbuh secara optimal sehingga bisa menghasilkan bunga tanpa mengenal musim, dimana pemberian pupuk sangat dibutuhkan guna memenuhi nutrisi pada tanaman. Kebutuhan akan nutrisi seperti nitrogen, magnesium, fosfor, sulfur, kalsium, dan potasium semuanya terkandung di dalam tanah, maka dari itu pakailah pupuk yang mampu memberikan nutrisi tanbahan pada tanah. Sebaiknya tanah diberikan pupuk alami seperti pupuk kandang dan kompos, karena dengan pupuk alami ini tanaman bunga krisan bisa tumbuh dengan sempurna dan tahan terhadap berbagai macam penyakit.

5/ Pembersihan hama dan gulma

Tanaman bunga krisan adalah salah satu jenis tanaman yang rentan terhadap hama dan penyakit sehingga anda perlu mengetahui cara penanggulangannya tergantung dari hama atau penyakit yang menggganggu. Pada umumnya hama yang terdapat pada bunga krisan adalah ulat tanah, trimps, tungau merah, serta pengerek daun. Cara mengatasinya bisa dengan tehnik manual yaitu ambil dan mengumpulkan ulat tanah tersebut kemudian dibakar. Bisa juga dengan disemprot memakai cairan insektisida namun dengan takaran secukupnya saja agar tanaman bunga krisan tetap bisa tumbuh dengan sempurna.

6/ Tehnik pinching dan disbudding

Yang dimaksud dengan tehnik pinching ini adalah sebuah metode yang dilakukan untuk pemotongan atau pembuangan pucuk daun pada awal penanaman guna menghasilkan tunas bunga, dimana metode ini sudah banyak digunakan untuk pembudidayaan bunga krisan karena dengan metode ini akan lebih banyak tumbuh bunga daripada daun. Sedangkan tehnik disbudding adalah metode pemotongan yang dilakukan terhadap bunga yang diinginkan atau bunga-bunga layu agar mendapatkan bunga yang lebih sempurna.

7/ Menjaga kebersihan media tanam

Kebersihan tanaman bunga krisan merupakan hal terakhir yang wajib untuk diperhatikan guna pertumbuhan bunga krisan menjadi lebih optimal, bersihkan benda-benda di sekitar tanaman bunga krisan yang sulit diuraikan. Bersihkan juga tanaman bunga krisan dari gulma yang tumbuh liar di sekitar agar tidak terjadi persaingan tanaman yang diinginkan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Merawat Bunga Krisan Agar Tidak Layu’ yang dirangkum dari sebuah sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel