Cara Memperbanyak Bunga Begonia

1 Sep 2021 12:20 149 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara memperbanyak bunga begonia.

Tanaman hias bunga begonia biasa ditanam pada pekarangan rumah guna mempercantik halaman, taman-taman bunga keluarga dan bisa juga anda tanam di pot-pot gantung sebagai hiasan taman gantung di teras rumah. Di dalam merawat bunga begonia selain untuk menyalurkan hobi juga bisa sebagai rileksasi mata pada waktu pagi hari atau sore menjelang petang hari karena keindahan dari bunga ini membuat anda betah tinggal di rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara memperbanyak bunga begonia.

1/ Persiapan penanaman dan cuaca

Apabila anda suka menanam bunga begonia maka tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari tanaman hias yang satu ini sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhannya.

Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam persiapan penanaman bunga begonia.

  • Persiapkan alat-alat serta bahan yang akan digunakan nanti sebagai media tanam seperti lahan, tanah, pupuk dan air.
  • Perhatikan kondisi cuaca apakah cocok untuk pertumbuhan bunga begonia.
  • Bunga begonia lebih menyukai cuaca yang panas daripada cuaca yang terlalu dingin.
  • Pilih bibit unggul (sehat dan bebas dari penyakit) untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

2/ Lokasi penanaman

Pilihlah tempat yang tepat untuk pertumbuhan bunga begonia agar dapat berbunga di setiap musim. Perlu diketahui bahwa bunga begonia lebih menyukai tempat-tempat yang bersih dan jauhkan dari jangkauan hewan liar. Pilihlah lokasi untuk memperindah bunganya seperti di halaman rumah atau teras rumah yang berdekatan dengan pekarangan rumah. Lokasi yang bagus untuk pertumbuhan subur bunga begonia adalah tempat yang tidak terlalu lembab tetapi selalu sejuk. Suhu rata-rata antara 20 sampai dengan 25 derajat Celcius dengan penyinaran dari sinar matahari secukupnya (jangan kekurangan atau berlebihan).

3/ Media tanam

Perhatikan langkah-langkah dalam membuat media tanam bunga begonia sebagai berikut :

  • Bersihkan lahan tempat calon tanaman begonia dari bebatuan dan tanaman gulma.
  • Gemburkan tanah lalu campurkan bersama pupuk dengan perbandingan 2 : 1.
  • Perlu diperhatikan tingkat keasaman tanah, biasanya tahan di negara-negara tropis yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi untuk melakukan pengapuran dengan domolit.
  • Kemudian buatlah lubang-lubang pada lahan sedalam rata-rata 10 Cm dengan diameter sekitar 6 Cm dan beri jarak pada masing-masing lubang tanam sekitar 50 sampai dengan 100 Cm.

4/ Pemilihan bibit unggul

  • Pilihlah bibit unggul dari induk bunga begonia.
  • Pemilihan bibit dapat dilakukan dalam dua cara yaitu secara langsung dari benih bunga begonia namun cara ini harus melalui cara-cara penyemaian dan akan menjadi lebih sulit karena akan tumbuh lebih lama dan perlu perawatan ekstra.
  • Cara yang selanjutnya adalah dengan mendapat bibit bunga begonia pada bagian umbinya, cara ini tidak membutuhkan penyemaian.
  • Mendapatkan bibit dari bunga begonia melalui tunas yang biasanya digunakan oleh banyak orang dalam budidaya tanaman skala besar, anda bisa langsung menanamnya dan menunggu tunasnya muncul.

5/ Penanaman bunga begonia

  • Mulai memasukkan umbi ke dalam lubang yang sudah disiapkan.
  • Bibit tanaman sebaiknya ditempatkan pada satu lubang terpisah (satu lubang berisi satu bibit tanaman).
  • Tutup kembali lubang yang telah berisikan bibit tanaman dengan campuran media tanam.
  • Siramlah bibit tanaman hingga tanahnya basah namun jangan sampai tergenang. Lakukan hal ini pada semua bibit yang baru ditanam dengan tujuan agar bibit tidak mati dan bisa tumbuh dengan optimal, lalu siramlah dengan sistem siraman ringan.

6/ Perawatan dan pemeliharaan

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap bunga begonia yang baru anda tanam dan bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar lahan. Tambahkan pupuk kandang dan juga pupuk cair sebulan sekali, berikan juga kompos dan lumut sebagai tambahan nutrisi, tambahkan tumpukan jerami yang berfungsi sebagai media menjaga kelembaban tanaman. Selanjutnya bersihkan bagian tanaman (dari bunga dan daun) yang layu dengan cara memotong memakai benda-benda tajam atau memetiknya dengan tujuan untuk menumbuhkan tunas baru dan mengalirkan nutrisi ke bagian lainnya yang lebih sehat.

Apabila musim bunga mekar sudah berakhir, bersihkan sisa-sisa kuncup yang masih tersisa dan sudah mulai layu serta ada yang mati dan membiarkan kuncup yang masih sehat tetap melekat.

Bersihkan tanaman dari hama seperti keong dan siput, untuk menghindarinya maka gunakan cangkang telur yang ditempatkan pada bagian lahan tanaman.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Memperbanyak Bunga Begonia’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 34
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel