Thessaloniki, Wajah Yunani yang Lain

24 Aug 2021 13:15 1529 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Thessaloniki, wajah lain Yunani yang menarik.

Oleh Raja Cassender dari Kerajaan Macedonia ini memegang peranan penting dalam perekonomian Yunani sebagai jantung atau pusat perekonomian. Nama Thessaloniki diambil dari nama istri sang raja yang menjadi adik tirinya yaitu Alexander The Great.

Aristoteles Square atau Alun-Alun Aristoteles menjadi polasi teramai di sepanjang tahun dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara. Dimana dari namanya saja anda sudah dapat menebak bahwa sejarah singkatnya pastilah berhubungan dengan bentuk penghormatan terhadap salah satu filsuf besar asal Yunani, Aristoteles.

Alun-Alun Aristoteles dibangun ulang atau mengalami renovasi besar-besaran sekitar tahun 1917 setelah sebagian besar kawasan Thessaloniki terbakar saat peristiwa invasi antar bangsa asing terjadi. Arsitek Dari Perancis, Ernest Hebard, mendesain ulang konsep area ini yang terinpsirasi dari gaya arsitektur klasik Eropa dan Byzantimun.

Alun-Alun Aristoteles bentuknya memanjang di tepi Teluk Tharmaic. Perairan teluk inilah yang menjadi saksi atas kedatangan berbagai bangsa di Thessaloniki yaitu mulai dari bangsa Romawi, Bysantimun, Venezia, hingga Utsmaniyah Turki. Di sisi Alun-Alun Aristoteles tampak bangunan-bangunan unik berkeliling dengan menonjolkan gaya arsitektur Eropa kuno yang klasik dan anggun. Tak jauh dari Alun-Alun Aristoteles terdapat bangunan Monumen White Tower. Ini adalah sebuah museum terbesar di sini yang di dalamnya berisikan kisah-kisah menarik tentang kedatangan bangsa asing ke Thessaloniki. White Tower dibangun sekitar abad ke-12 oleh Bangsa Bysantium dan sempat mengalami kerusakan berat ketika ada invasi Kekhalifahan Utsmaniyah dari Turki pada abad ke-15. Namun, Bangsa Utsmaniyah selanjutnya membangun ulang menara ini untuk selanjutnya menyebutnya sebagai Tower of Blood atau Red Tower. Nama yang diberikan ini sesuai dengan fungsi menara saat itu yaitu sebagai menara suar bagi kapal-kapal yang melintas dan juga sebagai penjara tahanan perang.

Pada tahun 1891, saat Thessaloniki telah berhasil menjadi sebuah bangsa yang merdeka, Red Tower diwarnai ulang dengan menggunakan cat putih dan diberi nama White Tower. Sebagai salah satu monument bersejarah yang juga menjadi landmark kota, Pemerintah Thessaloniki kemudian membuka White Tower untuk umum. Museum ini dibuka setiap hari yaitu pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore dengan sebelumnya memesan tiket masuk per orang sebesar 2 Euro atau rata-rata Rp. 32.000.

Mengenal Dewa-Dewa Pelindung Dalam Mitologi Yunani Kuno

Erat hubungannya dengan mitologi Yunani kuno yang memang menarik untuk dibicarakan, adalah keberadaan dewa dan dewi pelindung alam semesta di Yunani dan sekitarnya. Peradaban manusia pada zaman tersebut masih menyembah dewa dan dewi yang dianggap bisa membawa hal-hal positif bagi individu bahkan banyak orang.

Ada begitu banyak dewa dan dewi terkenal dalam mitologi Yunani kuno dimana masing-masing menyimpan kekuatan dan spesialisasi tersendiri. Berikut kami berikan ulasan singkat tentang 10 dewa dan dewi terkenal dalam mitologi Yunani kuno.

1/ Hermes

Seperti dijelaskan bahwa ada banyak dewa dan dewi dalam mitologi Yunani kuno. Yang pertama adalah Hermes. Orang-orang Yunani kuno mengenalnya sebagai ‘The Messenger’ merupakan anak dari Zeus dan Maia. Namanya kerap ditulis dalam puisi-puisi cantik, permainan klasik dan mitos. Hermes dilukiskan sebagai sosok pria yang tampan dan atletis. Namun pada saat-saat tertentu kadang-kadang Hermes muncul sebagai pria tua berjanggut meskipun tetap terlihat muda. Hermes sangat cerdas dibandingkan dengan dewa lainnya. Hermes merupakan dewa yang memiliki kemampuan untuk berpikir cepat. Bertugas sebagai penyampai pesan, Hermes juga dikenal sangat licik. Tak jarang ia memanipulasi dewa lain untuk kepentingannya.  

2/ Hera

Orang Yunani kuno memuja Hera sebagai dewi dari segala dewi. Hera dikenal sebagai dewi kelahiran dan pernikahan. Ia adalah dewi dari segala dewi keindahan karena memegang status sebagai istri Zeus. Dimana Zeus menjadi pemimpin dari segala dewa dan dewi di Olympus maka secara otomatis Hera menjadi dewi tertinggi.

Zeus dan Hera mempunyai banyak anak. Namun tak satu pun anak-anaknya manja dan terlalu disayang. Heracles adalah salah satu anak dari Zeus yang sangat dikucilkan di keluarganya. Karena kekuasaannya, Hera menghilangkan hak-hak Heracles sebagai dewa lalu membuangnya ke Bumi. Satu-satunya dewi yang menyimpan kekuatan hampir sama dengan Hera adalah Aphrodite.

3/ Apollo

Apollo adalah salah satu dari sekian banyak anak dari Zeus. Apollo adalah saudara kembar dari Artemis dimana menurut mitologi Yunani, Apollo dikenal sebagai dewa yang memiliki banyak wajah. Apollo lahir dari Leto di Pulau Delos. Mereka tinggal di Pulau Delos sebagai salah satu bentuk pelarian diri dari Hera yang tidak terima Zeus memiliki hubungan dengan Leto.

Ada banyak hal yang bisa diberikan oleh Apollo, mungkin karena ia mempunyai banyak wajah jadi berkemampuan memberikan banyak hal kepada mereka yang menjadi penyembahnya. Apollo dikenal sebagai dewa pembawa kemakmuran, penyembuh dan pengobatan. Meskipun digambarkan sebagai sosok dewa yang baik, Apollo bisa juga mendatangkan kematian. Salah satu kemampuan unggulan dari Apollo adalah memanah.

4/ Athena

Mendiskusikan tentang perang, ada 2 dewa yang memiliki hubungan dekat dengan perang yaitu yang pertama adalah Ares dan yang kedua adalah Athena. Selain dikenal sebagai dewi perang, Athena juga disebut sebagai dewi kebijaksanaan, keberanian, matematika, kekuatan, ahli strategi, seni peradaban dan kerajinan tangan.

Athena dan Ares meskipun sama-sama termasuk ke dalam dewa perang namun keduanya sangatlah berbeda. Ares yang lebih merusak dan agak sombong sedangkan Athena sebaliknya. Karena Ares memiliki sifat buruk tersebutlah maka Zeus sebagai ayah lebih mengasihi Athena. Orang Yunani percaya bahwa Athenalah yang melindungi kota beserta rakyatnya.

5/ Prometheus

Titan adalah seorang dewa penguasa sebelum era Olympian. Para dewa di era Titan ini dikenal sebagai dewa-dewa yang kuat, tangguh dan memiliki ukuran yang rata-rata besar. Titan dipimpim oleh seorang dewa yaitu Chronos. Dewa lainnya yang termasuk dalam era Titan adalah Prometheus yaitu merupakan anak dari Lapetus yang juga termasuk sebagai Titan. Sedangkan ibunya adalah Oceanid.

Prometheus mempunyai kemampuan untuk melihat masa depan dimana para Titan akan dikalahkan oleh para dewa Olympian. Maka dari itu, Prometheus memutuskan untuk berpihak saja kepada dewa Olympian. Perang terjadi dan dimenangkan oleh Olympian, Prometheus selamat dari jerat penjara di Tartarus.

6/ Chronos

Zeus bisa saja dikenal sebagai dewa dari segala dewa. Namun jauh sebelum masa Zeus sudah terlebih dahulu ada seorang dewa yang sangat kuat dan besar. Dewa tersebut bernama Chronos. Chronos adalah termasuk ke dalam salah satu Titan yang sangat disegani pada masa sebelum Zeus berkuasa. Karena ukurannya yang sangat besar dengan kekuatan yang hebat maka Chronos didapuk menjadi dewa terkuat.

Sebenarnya Chronos adalah ayah dari Zeus, Poseidon dan Aphrodite. Chronos mempunyai sifat paranoid yang tinggi. Karena khawatir posisinya akan tergusur, Chronos sempat menelan ketiga anaknya tersebut. Beruntung ada Gaia dan Rhea yang berhasil menyelamatkan Zeus lalu setelah tumbuh dewasa, Zeus dibantu dengan saudaranya berhasil mengalahkan Chronos lalu menahannya di Tartarus.

7/ Ares

Nama Ares cukup sering disebut dalam beberapa serial televise, cerita dan juga film. Ares adalah dewa yang diidentik dengan perang. Julukan dewa perang yang disematkan pada dirinya karena Ares sangat menyukai dunia perang. Dapat dipastikan setiap ada perang pastilah melibatkan Ares dan akan menang.

Ares adalah anak dari Zeus dan Hera dimana Ares mempunyai sifat-sifat yang kasar, suka kekerasan dan sadis. Perang yang dilakukan oleh Ares biasanya tidak ada tujuan positif. Dia suka menciptakan ketakutan dan membuat kerusuhan. Akibatnya, Zeus dan Hera tidak begitu suka dengan Ares dan lebih memperhatikan anak-anaknya yang lain.

8/ Poseidon

Apakah ada yang pernah menonton film ‘Percy Jackson and the Lightning Thief ?’ yang menceritakan tentang dewa-dewi Yunani yaitu salah satunya adalah yang bernama Poseidon. Di dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah sosok dewa yang menguasai lautan. Dilukiskan Poseidon sebagai sorang pria atletis bersenjatakan Trisula.

Poseidon adalah saudara dari Zeus dan Hades. Ketika terjadi pengundian dewa siapa yang harus menguasai apa, maka Poseidon memperoleh laut. Maka selanjutnya jadilah ia penguasa lautan yang ditemani dengan istri cantiknya bernama Amphitrite. Tak sendirian, Poseidon menguasai lautan bersama dengan beberapa dewa kecil seperti Triton dan Nereid.

9/ Hades

Menurut mitologi Yunani kuno yang membagi wilayah menjadi langit, laut dan alam baka. Masing-masing wilayah tersebut mempunyai penguasanya tersendiri. Jika Poseidon menguasai lautan, maka Hades terpilih sebagai penguasa dunia bawah. Hades inilah yang menjadi pemimpin neraka bersama dengan para dewa dan prajurit lainnya.

Orang-orang Yunani percaya bahwa Hades adalah sebagai personafikasi dari kematian. Di banyak film dikisahkan Hades merupakan sosok yang jahat dan mengerikan, padahal yang sebenarnya tidak. Bukanlah Hades yang menyebabkan orang-orang masuk ke dalam dunia bawah melainkan 3 Demigod yaitu Minos, Aiakos, dan Rhadamanthys.

Diceritakn Hades menyukai seorang dewi bernama Persephone. Hades meminta sang dewi untuk tinggal bersamanya di dunia bawah.

10/ Zeus

Ada banyak sekali dewa dimana pastinya dibutuhkan satu dewa utama yang berfungsi sebagai pemimpin. Seperti halnya di Yunani, dewa dari segala dewa menurut mitologi Yunani adalah Zeus. Setelah jatuhnya Chronos yang merupakan dewa terkuat di zaman Titan oleh Zeus, maka Zeus ditunjuk untuk menjadi pemimpin dewa selanjutnya. Dewa yang satu ini terkenal sebagai penguasa petir, Zeus menguasai seluruh Olympian yang mencakup 3 wilayah wajib dijaga, Zeus melakukan undian untuk menentukan siapa harus menjaga wilayah yang mana. Undian ini diikuti oleh Zeus, Poseidon dan Hades yang memiliki hubungan saudara. Zeus akhirnya menjadi penguasa Olympus lalu menjadikan Hera sebagai istrinya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Thessaloniki, Wajah Lain Yunani’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan informasi bagi para pembaca.

 

 

 

 

Tags Liburan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel