Jenis Daun Aromatik (Jika Anda Hobi Masak, Maka Wajib Tahu)

23 Aug 2021 10:40 357 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jenis daun aromatik ( jika anda hobi masak, maka wajib tahu ). 

Ragam rempah adalah bahan-bahan yang sering difungsikan dengan mengkombinasikannya dengan bahan-bahan penyedap lainnya untuk memasak agar menambah cita rasa. Tidak hanya mempunyai cita rasa yang kuat, tetapi juga rempah-rempah mampu meningkatkan aroma saat menyajikan makanan olahan.

Jenisnya di seluruh dunia ada beragam, salah satunya adalah bumbu dari dedaunan dengan mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Beberapa jenis rempah daun juga dikenal memiliki fungsi sebagai daun aromatik, bahkan merupakan bahan-bahan wajib untuk pelengkap dan penyedap ragam masakan Nusantara sehingga rasanya enak di lidah si penikmat.

Jenis Daun Aromatik

1/ Daun tanaman jeruk

Dari namanya saja anda bahkan dapat menebak bahwa daun aromatik yang satu ini menyimpan dan mengeluarkan aroma jeruk yang sangat kuat. Memiliki tekstur daun yang cukup tebal dan berwarna hijau muda di saat berusia muda akan perlahan-lahan berubah menjadi hijau tua di saat berusia tua. Biasanya daun jeruk hanya digunakan helai daunnya saja sedangkan bagian yang dibuang adalah tulang daun. Daun ditumpuk setelah dicuci bersih untuk selanjutnya diiris tipis-tipis, di sobek kasar atau ditempatkan secara langsung ke berbagai masakan seperti peyek atau balado hingga bumbu pecel terasa lebih lezat.

2/ Daun tanaman salam

Daun salam menyimpan aroma yang khas dimana secara fisik daun ini mempunyai ujung runcing dan berwarna hijau gelap. Semakin gelap warna daun, maka semakin kuat aroma yang dikeluarkan. Karena umur simpannya tidak terlalu lama maka daun salam mempunyai dua versi yaitu yang segar dan kering. Pemakaiannya biasanya disobek, diiris atau dimasak utuh dengan diaduk-aduk hingga tercampur merasata dengan masakan berkuah dan cenderung disajikan dengan sayur berkuah.

3/ Daun tanaman kemangi

Anda suka makan lauk dan lalapan? Nah, daun kemangi biasanya ditemukan dalam lalapan. Daun ini memiliki tekstur yang halus, tipis dan lebar. Aromanya harum dan kuat, sehingga sering digunakan untuk mengeluarkan bau amis seperti pada sup ikan, pepes dan sebagainya. Selain itu, daun kemangi juga cocok untuk nampan sayuran dan urap.

4/ Daun tanaman kari

Bentuk daun kari seperti daun belimbing buah meja yang berbentuk bulat dengan warna hijau gelap mengkilap yang menonjol. Saat masih mentah, aroma daun sebenarnya tidak begitu menyengat, langu, namun ketika dimasukkan ke dalam masakan tertentu maka aroma khas kari sangat lezat. Nah, daun kari ini pada umumnya dimasak secara langsung dalam beragam sajian kari seperti kari kambing, kari kari atau kari bihun Medan.

5/ Daun tanaman kunyit

Daun kunyit sama pentingnya dengan rimpang kunyit yang berfungsi sebagai herbal. Dalam hal rasa, anda bisa aman berasumsi bahwa daun ini memiliki cita rasa seperti rimpang kunyit. Namun secara fisik, bentuk daun kunyit menyerupai daun bambu bertekstur lembut, lebih tipis, ramping dan berwarna hijau muda halus. Daun kunyit secara langsung dijadikan sebagai bahan penyedap beragam masakan dengan cara disimpul, disobek, atau dicincang halus seperti daun pandan sebelum dimasukkan ke dalam masakan yaitu kari ikan, rendang, kalio ayam dan chicken woku.

5/ Daun tanaman seledri

Daun ini sangat populer bagi warga masyarakat di Indonesia karena kerap dijadikan sebagai penambah aroma dalam beragam masakan Nusantara. Secara langsung dijadikan sebagai penambah aroma yang biasanya menjadi pendamping masakan dari ikan dan ayam juga sayur-mayur lainnya.

6/ Daun tanaman mint

Daun mint agak berbeda dengan daun aromatik lainnya karena daun ini pada umumnya dimanfaatkan sebagai campuran minuman atau makanan penutup yang memberikan sensasi rasa dingin dan segar dari daun segarnya, menjadikan minuman dan makanan terasa ringan dan segar.

7/ Daun tanaman basil

Daun basil sekilas pandang menyerupai dengan daun kemangi namun memiliki aroma daun basil yang tidak sekuat daun kemangi atau daun mint, meskipun kurang populer di Indonesia namun di Eropa dan Amerika daun basil kerap digunakan sebagai campuran membuat salad segar dari buah-buahan dan sayur-mayur. Rasanya unik.

Demikian  kami  menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Jenis Daun Aromatik ( Jika Anda Hobi Masak, Maka Wajib Tahu )’ yang diambil dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

 

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel