Inilah Tantangan Bisnis Online yang Perlu Anda Waspadai

18 Aug 2021 20:30 978 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tantangan bisnis online yang perlu anda waspadai terhadap usaha yang sedang dijalankan.

Apakah yang anda rasakan saat mau memulai bisnis online ? Barangkali anda merasa khawatir, bingung atau frustasi ? Ada banyak orang yang merasakan ini. Bahkan orang-orang yang sudah memulai bisnis online pun kadang-kadang masih khawatir dengan keberlangsungan bisnisnya. Pada umumnya, perasaan tersebut muncul karena adanya ketidakpastian. Di dalam pikiran anda pun bisa muncul berbagai pertanyaan : apakah bisnis online anda bisa berjalan dengan mulus ? Tantangan-tantangan apa saja yang akan anda hadapi ? Apakah platform terbaik untuk bisnis anda ? Bagaimana cara melakukan pemasaran online ?

Supaya bisnis anda memiliki peluang lebih besar untuk sukses di era digital, melalui artikel ini kami akan mengungkap beberapa tantangan bisnis online yang sering muncul berdasarkan atas survey yang dilakukan terhadap sekelompok pebisnis online dari lintas industri. Selain menggali setiap tantangan yang sering dihadapi pebisnis online, anda juga akan membahas cara untuk mengatasinya.

Dengan begitu anda bisa lebih siap dan semakin percaya diri untuk memulai bisnis online. Silahkan menyimak penjelasan selanjutnya tersebut di bawah ini :

1/ Keterbatasan budget untuk promosi online

Seperti diketahui bahwa sebagian besar pebisnis online (28,57 persen) beranggapan bahwa keterbatasan budget merupakan masalah yang paling sering mereka hadapi. Mengapa ini bisa terjadi ? Biasanya penyebab utamanya adalah sebagai hasil promosi yang belum sesuai ekspektasi dan budget pemasaran yang tidak mencukupi. Apabila bisnis online anda sedang mengalami keterbatasan budget, ada dua solusi yang bisa anda coba yaitu melakukan promosi tanpa biaya dan membuat iklan yang sifatnya lebih efektif.

2/ Kesulitan saat melakukan targeting konsumen

Tantangan kedua yang kerap dihadapi oleh para pebisnis online adalah kesulitan saat melakukan targeting konsumen (24,79 persen).Sebelumnya, anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran. Akan tetapi, masalah targeting tidak hanya berhubungan dengan iklan saja, tetapi kampanye pemasaran online secara keseluruhan. Secara tidak langsung, masalah ini masih ada hubungannya dengan masalah keterbatasan budget. Sebab, kampanye pemasaran yang tidak tepat sasaran tentu akan menambah pengeluaran bisnis anda.

3/ Belum siap untuk menjalankan pemasaran online

Sebanyak 23,11 persen pebisnis online mengaku bahwa banyak dari mereka yang belum siap untuk menjalankan pemasaran online. Ini wajar-wajar saja terjadi karena sebelum memulai pemasaran online, pasti ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari cara praktinya, manfaatnya, dan juga resikonya. Nah dengan banyaknya pertimbangan, seringkali pebisnis menjadi merasa belum siap untuk memulai beralih ke online.

Jadi apa yang mesti dilakukan agar pebisnis lebih siap untuk menjalankan pemasaran online ? Kuncinya ada dua yaitu belajar dan berlatih. Keduanya mesti dilakukan secara berurutan dimana sebagai awalan, pebisnis perlu menemukan tempat untuk belajar pemasaran online.

4/ Kendala teknis mendadak

Yang terakhir adalah masalah yang sering dihadapi oleh pebisnis online yaitu kendala teknis mendadak (21,01 persen).

Sekilas pengamatan, masalah ini memang terdengar seperti masalah yang berada di luar kendali pebisnis. Karena siapa yang bisa menebak kapan kendala teknis bis terjadi ? Meskipun demikian, anda bisa mencegah masalah ini tentunya harus dilihat terlebih dahulu apa kendala teknis yang sering dialami. Berikut daftarnya :

  • Akun media sosial terkena suspend.
  • Website tak dapat diakses karena server offline.
  • Kecepatan website lambat.
  • Website error karena terkena serangan hack.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Inilah Tantangan Bisnis Online Yang Perlu Anda Waspadai’ dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel