Tips Rencanakan Menu Makan Malam

13 Aug 2021 14:35 421 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips rencanakan menu makan malam buat keluarga.

Menyisihkan waktu untuk bisa memasak buat keluarga merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi anda yang berkerja di kantor. Bagaimana mungkin harus memasak setelah seharian di kantor dan berjuang menembus macet ?

Menu sajian untuk keluarga termasuk menu makan malam bisa diatur setiap minggu atau bulan. Bila diatur dengan tepat maka penentuan menu ini akan sangat membantu menyiapkan sajian setiap hari.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan saat merencanakan membuat paket menu makan malam, contohnya.

1/ Sesuaikan dengan kebiasaan keluarga anda

Maksudnya adalah pukul berapa anda biasanya tiba di rumah ? Apakah berbelanja bahan-bahan makanan dilakukan setiap minggu atau bulan ? Rutinitas dan kebiasaan sehari-hari akan membantu menentukan sajian yang bisa dimasukkan dalam rencana menu makan malam anda dan keluarga.

2/ Catat menu kesukaan keluarga dari yang sederhana

Jika anda mempunyai sajian andalan yang selalu digemari oleh keluarga maka masukkan ke dalam menu yang direncanakan. Tentunya perhatikan waktu yang dibutuhkan guna menyiapkan sajian tersebut. Apabila membutuhkan waktu memasak yang agak lama maka jangan memasukkan sajian tersebut dalam menu makan malam. Mungkin dapat memasukkan sajian tersebut untuk akhir pekan saja sehingga ada lebih banyak waktu untuk menyiapkannya.

3/ Buat makanan dalam jumlah besar

Makanan yang disimpan dengan baik dapat menghemat waktu dan tenaga untuk menyiapkannya sebagai menu makan malam. Jangan ragu membuat makanan tersebut dalam jumlah yang besar karena bisa menyimpannya di kulkas dalam beberapa wadah tertutup. Menu yang sama bisa disajikan berselang-seling 1 sampai dengan 2 hari agar tidak bosan.

4/ Aturlah menu dengan bahan yang sama untuk beberapa hari

Hemat waktu memasak dengan cara mengatur menu dengan memakai bahan yang sama bisa dilakukan selama beberapa hari. Misalnya suwiran daging ayam rebus dalam jumlah besar bisa anda simpan dalam kulkas. Ini dapat digunakan selama beberapa hari untuk berbagai menu yang berbeda-beda seperti soto ayam dan tumisan dengan ayam suwir.

5/ Tetap fleksibel

Sesuaikanlah menu yang sudah direncanakan dengan jadwal anda. Kalau tiba-tiba anda tidak bisa pulang cepat untuk menyiapkan makan malam, menu makan malam bisa diubah menjadi sajian yang lebih sederhana dan mudah untuk disiapkan.

Dengan meluangkan waktu guna merencanakan menu setiap minggu atau bulan akan memudahkan anda dalam menyajikan hidangan terbaik. Dimana tidak jarang orang-orang malas untuk menyiapkan makan malam dan alhasil mereka lebih memilih untuk memesan makanan secara online atau makan di restoran saja, padahal makanan buatan sendiri jauh lebih sehat dan hemat daripada membeli makanan luar.

Contoh Menu Makan Malam Yang Sehat Dan Bergizi

Resep menu makan malam pertama : pasta udang

Bahan-bahan yang disediakan adalah :

1 bungkus pasta mentah

500 gram udang

1 sendok daun parsley

2 sendok makan Blue Band

Air bersih secukupnya

Mayones

Bahan-bahan bumbu halus adalah :

3 siung bawang putih

2 siung bawang merah

1 sendok teh kaldu jamur

1 sendok teh merica

1 sendok makan garam

1 sendok teh gula

Cara membuatnya adalah :

Pertama-tama cuci bersih udang lalu direbus kira-kira setengah matang dan rendam ke dalam air es, jangan lupa pisahkan kepala dan cangkangnya, jika sudah, belah punggung udang kemudian keluarkan venanya, sisihkan.

Kedua rebus pasta ke dalam panci hingga mencapai tingkat kematangan sekitar 80 persen lalu angkat dan tiriskan.

Ketiga panaskan wajan, kemudian masukkan Blue Band dan tunggu hingga Blue Band mencair baru masukkan bumbu halus untuk ditumis hingga harum. Apabila sudah mulai mengering bisa tambahkan mayones dan terakhir masukkan udang untuk selanjutnya aduk-aduk hingga udang menjadi matang.

Terakhir tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih barulah cek rasa. Jika sudah sesuai masukkan pasta, aduk-aduk sebentar kemudian masukkan daun parsley, aduk hingga rata dan angkat untuk disajikan.

Resep menu makan malam kedua : ayam lada hitam

Bahan-bahan yang harus anda sediakan adalah :

Dada ayam fillet 500 gram

1 butir bawang bombay

1 sendok teh lada hitam

Air bersih secukupnya

3 sendok makan Blue Band

Sediakan bumbu halus sebagai berikut :

4 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1/5 sendok makan garam

1 sendok teh gula

1 sendok teh ketumbar

Siapkan bumbu lain-lain :

1 ruas jahe digeprek

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

2 ruas lengkuas digeprek

2 sendok makan kecap manis

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Pertama-tama bersihkan ayam untuk selanjutnya dipotong-potong sesuai selera, kupas bawang bombay kemudian belah menjadi 2 bagian dan iris tipis-tipis, sisihkan.

Kedua panaskan wajan lalu masukkan Blue Band dan tunggu hingga mencair, masukkan bawang bombay dan lada lalu tumis hingga layu, kemudian masukkan bumbu halus untuk ditumis hingga harum, jika sudah agak mengering masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam, tumis kembali hingga harum, setelah itu masukkan kecap untuk diaduk-aduk sebentar.

Ketiga, masukkan ayam selanjutnya aduk-aduk beberapa saat, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih, cek rasanya. Apabila air sudah menyusut, aduk-aduk terus hingga mengering, selanjutnya angkat dan sajikan. Waktu yang diperlukan untuk memasak sajian ini sekitar 40 menit saja.

Resep menu makan malam ketiga : nasi jagung mentega

Bahan-bahan yang disediakan adalah :

Beras putih 2 gelas belimbing

1 kaleng jagung

50 gram Blue Band

Garam

Air secukupnya saja

Cara membuat hidangan ini adalah :

Pertama-tama cuci bersih beras dengan air selanjutnya tiriskan selama 30 menit. Kedua masukkan beras ke dalam panci lalu tambahkan jagung, Blue Band, dan garam, aduk-aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya saja. Ketiga masak beras dan tunggu hingga matang, jika menggunakan rice cooker akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Nah nasi jagung siap disajikan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Rencanakan Menu Makan Malam’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 44
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel