Tips Praktis Siapkan Bekal Makan Siang

13 Aug 2021 09:34 1425 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tips praktis siapkan bekal makan siang untuk keluarga.

Kegiatan kecil yang bisa anda lakukan untuk merencanakan dan menyiapkan bekal makan siang sudah seharusnya memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama melakukan beragam aktivitas seharian di luar rumah.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa tips praktis siapkan bekal makan siang yang selain rasanya enak di lidah juga bergizi tinggi untuk pemenuhan beragam zat berguna bagi tubuh anda.

1/ Rencanakan menu

Merencanakan menu makan siang yang baik akan membantu anda menyiapkan bekal makan siang yang praktis dan lezat. Jika sudah mempunyai rencana menu bekal makan siang selama seminggu ke depan, anda bisa menyiapkan bahan-bahan tertentu dalam jumlah besar guna menghemat waktu persiapan. Misalnya siapkan ayam suwir dalam jumlah agak banyak lalu simpan di kulkas. Ayam suwir ini nantinya bisa digunakan untuk membuat bekal seperti sandwich, tumisan, dan nasi goreng.

2/ Gizi yang lengkap

Jangan pernah mengabaikan kandungan gizi dalam resep bekal makan siang tetap harus lengkap guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan menunggu hingga lesu atau kelaparan di kantor gara-gara bekal makan siang kurang lengkap. Pastikan dalam bekal anda ada sayuran dan protein. Sertakan juga buah dan bahan-bahan yang mengandung karbohidrat yang berasal dari gandum, beras merah atau cokelat.

3/ Praktis diolah

Bekal makan siang harus mudah dibawa dan mudah dinikmati. Bekal yang disiapkan bisa juga dinikmati tanpa harus dipanaskan. Maka dari itu, sajian yang ditumis, dikukus, atau digoreng lebih mudah untuk dijadikan sebagai bekal. Sajian seperti sop bisa menjadi bekal bila disimpan dan dibawa dalam termos khusus. Kalau di kantor anda tidak ada microwave atau alat pemanas, sebaiknya menghindari sup sebagai bekal.

4/ Memiliki tampilan yang menarik

Bukan berarti tampilan bekal wajib dibuat secanggih hidangan di restoran. Bekal makan siang bisa tampil cantik dan menarik dengan tambahan bahan-bahan segar berwarna cerah. Anda bisa membuat resep bekal makan siang berupa nasi goreng dengan garnis berupa paprika merah, kacang polong, dan buncis. Salad pun menjadi lebih menarik dengan berisikan potongan buah-buahan segar dicampur dengan sayuran berwarna cerah.

5/ Dikemas dengan benar

Bekal makan siang anda wajib dikemas dengan benar supaya tidak mudah basi. Maka dari itu pastikan wadah yang akan digunakan benar-benar bersih, kering, dan tertutup rapat. Bila bekal masih panas setelah disiapkan pada waktu pagi hari, tunggu saja sampai agak menjadi dingin sebelum menutup wadahnya. Wadah yang bagus membantu menjaga kestabilan suhu makanan di dalamnya sehingga tetap dalam kondisi tidak mudah rusak.

Contoh Resep Bekal Makan Siang Yang Praktis

1/ Cabe brokoli

Padu padan antara warna merah cabai dan hijaunya brokoli membuat sajian ini tampil menarik dengan menonjolkan warna-warna cerah. Di samping itu, sajian cabe brokoli sangat mudah untuk disiapkan. Anda hanya perlu menumis brokoli dengan cabai merah serta bumbu penyedap lainnya maka sudah menjadi bekal makan siang lezat teman makan nasi putih.

2/ Ikan goreng dabu-dabu Papua

Para pecinta makanan pedas pastilah menyukai resep menu makan siang yang satu ini. Dimana ikan goreng memang praktis dibuat dan mudah dibawa. Sambal dabu-dabu bisa anda simpan secara terpisah dalam wadah atau plastik kecil dan tuangkan di atas ikan goreng saat akan anda nikmati. Adapun jenis ikan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk menyiapkan resep bekal makan siang ini, anda cukup membubuhi potongan ikan dengan penyedap rasa ‘Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng’. Setelah itu, ikan digoreng hingga matang dan renyah.

3/ Dadar sayur keju

Telur dadar dengan sayuran bisa memberikan nutrisi dan energi yang anda butuhkan pada waktu siang hari. Cara membuat dadar sayur ini sangat mudah, bisa ditambahkan dengan keju. Kocok potongan sayuran yang sudah ditumis bersama dengan parutan keju, telur, dan bumbu lainnya. Lalu masak campuran telur dan sayuran dengan cara didadar, hasilnya enak dan bergizi.

4/ Nasi liwet bahagia

Resep nasi liwet bahagia ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai bekal makan siang bergizi dan mengenyangkan. Harumnya nasi liwet ditemani tahu, tempe, daun singkong, dan telur dijamin nikmat untuk makan siang anda. Nasi cukup dimasak bersama dengan bawang merah, daun salam, daun bawang, daun pandan, sereh, petai, lengkuas dan Royco. Aromanya mantap dan bergizi.

5/ Onigiri

Onigiri dalam menu bekal makan siang bukan menjadi hal baru bagi masyarakat Jepang. Sajian ini mampu mengenyangkan, mudah dibuat, dan praktis dibawa. Anda bisa menyiapkan onigiri untuk bekal makan siang yang lezat, ada beras dan beras ketan dimasak bersama hingga menjadi matang, lalu dibentuk segitiga. Jangan lupa menyiapkan isian yang lezat. Secara umum, resep onigiri ini memiliki isian berupa abon, telur dadar dan spicy mayo. Kreasikan bahan isian dengan memakai ikan tuna, daging cincang atau sayuran berbumbu. Kalau isiannya sudah lengkap, maka onigiri akan bisa menjadi salah satu sajian praktis untuk bekal makan siang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Praktis Siapkan Bekal Makan Siang’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel