Cara Memulai Bisnis Makanan Online

12 Aug 2021 13:45 1645 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara memulai bisnis online yang tepat untuk meraup keuntungan. 

Saat dunia dilanda masa pandemi seperti saat ini, berbagai cara dilakukan untuk mampu mengumpulkan penghasilan. Salah satu yang termudah untuk dikerjakan adalah membuka bisnis sampingan. Tentu saja ini tidak bisa sembarangan dilakukan seperti dulu. Apalagi diberlakukan pembatasan aktivitas sehingga ada banyak orang yang enggan melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak untuk kepentingan yang sangat mendesak.

Apabila anda ingin membuka bisnis di masa pandemi ini, anda bisa mencoba memulai dengan bisnis makanan. Dari berbagai cara pengelolaan bisnis makanan, bisnis makanan online menjadi salah satu solusi terbagus. Dimana anda tidak membutuhkan untuk mengeluarkan banyak uang untuk menyewa tempat. Selain dari segi kepraktisan, bisnis makanan secara online juga memberikan kesan anda melakukan hal yang jauh lebih praktis sehingga bisa menjadi pilihan terbaik. Meskipun berada di tengah pandemi, bisnis makanan tetap menggiurkan untuk dilakoni. Apalagi jika sudah ada konsumen yang fanatik dengan menu makanan tertentu hasil olahan anda, biasanya mereka tidak akan pernah untuk mempertimbangkan harga. Namun harga tetap diperhatikan dengan baik.

Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Makanan

Cara untuk menentukan harga jual makanan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi si pelaku bisnis. Sebenarnya, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan guna menentukan harga jual, antara lain sebagai berikut :

Tentukan harga secara garis besar

Untuk bisa memulai menentukan harga, anda bisa melihat secara garis besarnya saja yaitu memperhatikan faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam hal ini seperti biaya-biaya produksi per barang dan ongkos lainnya seperti transportasi, bahan bakar hingga upah kerja. Kemudian anda bisa menambah nilai keuntungan yang diharapkan. Tetapi jika memilih penentuan harga secara eksternal, harga yang anda pasang berarti harga yang sesuai pantauan harga pasar. Sehingga nantinya produk yang anda pasarkan menjadi lebih kompetitif. Namun penetapan harga ini juga harus memaksimalkan efisiensi pengeluaran yang dilakukan selama proses produksi.

Menambahkan biaya produksi

Umumnya, karena baru saja membuka bisnis makanan, pemilik tidak memperhitungkan tenaga yang sudah dikeluarkan, karena selagi bisa dikerjakan dengan sendiri maka biaya tenaga seperti tidak penting.

Padahal, biaya tenaga ini bisa diperhitungkan seperti tenaga karyawan. Contohnya adalah apabila upah karyawan dalam sehari Rp. 10 ribu, maka upah pemilik bisa dikali dua menjadi Rp. 20 ribu. Biaya-biaya produksi lainnya adalah minyak dan gas, Anda bisa memulai menghitung biaya minyak tanah dan gas dalam hitungan bulanan.

Menetapkan profit

Apabila anda sudah menetapkan biaya-biaya yang dibutuhkan guna melakukan proses produksi dari awal hingga akhir, maka selanjutnya anda bisa dengan segera menetapkan profit atau keuntungan yang diharapkan. Contohnya adalah anda menetapkan profit sebesar 30 persen.

Memang harus diakui bahwa salah satu tantangan terbesar dalam penentuan harga jual adalah produksi yang membutuhkan biaya tidak sedikit apalagi untuk produksi makanan.

Cara Efektif Untuk Memangkas Biaya Produksi Makanan

Apabila salah satu tantangan untuk memproduksi makanan dalam bisnis adalah yang menyangkut biaya-biaya operasionalnya, maka anda bisa memanfaatkan cloud kitchen. Bisnis kuliner yang mengaplikasikan konsep cloud kitchen ini sedang sangat digandrungi saat ini. Dimana ada banyak pebisnis kuliner yang mengakui, jika cloud kitchen ini dapat memangkas biaya operasional di tengah surutnya bisnis.

Cloud kitchen adalah sejenis dapur restoran yang dengan sengaja tidak menyediakan area makan di tempat. Sehingga hanya memberikan layanan pengantaran makanan saja.

Pada umumnya, di dalam sebuah cloud kitchen nantinya akan terdapat beberapa merek restoran yang berbeda-beda. Cloud kitchen sendiri saat ini bukan hal baru, bahkan telah lama menjadi trend yaitu sejak awal tahun 2019 yang lalu. Dimana awal diaplikasikan adalah untuk para pelaku usaha dengan modal minim, sehingga pengusaha bisa memangkas biaya listrik, pramu saji, sewa restoran dan lain sebagainya saling berhubungan.

Dengan memakai cloud kitchen diharapkan bisnis bisa berkembang menjadi lebih efisien dan efektif. Apalagi pelaku bisnis hanya berfokus untuk menjaga kualitas dan kebersihan makanan. Cloud kitchen Indonesia menjadi salah satu rekomendasi terbagus yang dapat dimanfaatkan sebagai pilihan pendorong dan pendukung. Solusi usaha kuliner ini bahkan mampu memberikan strategi perencanaan bisnis sehingga bisa dipercaya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Memulai Bisnis Online’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel