Objek Wisata Kupang, NTT, Paling Memukau

12 Aug 2021 11:45 1466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Objek wisata Kupang, NTT, paling memukau di Indonesia.

Meskipun NTT atau Nusa Tenggara Timur selama ini sudah sangat terkenal dengan Pulau Komodo yang menawan hati, namun provinsi yang berbatasan secara langsung dengan Timor Leste ini menyimpan segudang destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi seperti kota Kupang sebagai ibukota NTT. Di kota Kupang anda bisa menikmati beragam paket wisata seperti wisata pantai, gua, air terjun, dan yang lainnya.

Jika anda merasa penasaran tentang apa saja tujuan tempat wisata di Kupang yang paling memukau maka silahkan menyimak rekomendasi objek wisata di Kupang terfavorit tersebut di bawah ini.

1/ Kawasan wisata Pantai Lasiana

Berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Kupang, objek wisata pantai yang satu ini mampu menyuguhkan panorama pemandangan alam yang menyegarkan mata berkat bentangan pasir putih yang bersih dan dipadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru. Ditambah dengan jejeran pohon kelapa dan pohon lontar, keelokan dan keasrian Pantai Lasiana semakin terasa bagi anda yang pertama kali berkunjung ke sini. Memiliki ombak yang tidak terlalu besar membuat para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat wisata Kupang ini. Seperti berenang, memancing, bermain sepak bola, atau sekadar jalan-jalan santai menyusuri bibir pantai yang menawan.

Lokasinya terletak di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang di Nusa tenggara Timur. Jam operasional adalah setiap hari yaitu 24 jam dengan biaya tiket masuk sebesar Rp.2000 per orang.

2/ Pantai Batu Nona Kupang

Pantai kedua yang terletak di NTT ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang natural berupa sunset yang mempesona. Oleh karena itu disarankan bagi para pengunjung untuk datang ke kawasan wisata ini di kala senja sehingga bisa menikmati keasrian dan keteduhan sunset dimana pada waktu siang hari sinar matahari sangat menyengat sehingga bisa mengganggu (terutama yang berlibur bersama dengan anak-anak).

Di balik kecantikan pemandangan alam yang masih perawan, ada kisah unik nan tragis yang erat hubungannya dengan pemberian nama dari pantai ini. Konon, pada zaman dahulu kala ada seorang gadis cantik yang frustasi karena putus cinta dengan sang kekasih lalu menjatuhkan diri dari tebing pantai setinggi 15 m. Jasad gadis tersebut tidak pernah berhasil ditemukan tetapi seketika muncul batu berbentuk unik setinggi 2 meter yang bentuknya dari kejauhan menyerupai seorang gadis. Batu tersebut oleh penduduk di sekitar pantai diberi nama Batu Nona karena warga Kupang biasa memanggil gadis dengan sebutan nona.

Seiring berjalannya waktu, sayang sekali batu itu kini telah hilang terkikis oleh ombak. Meskipun demikian, pemerintah setempat sudah membangun 3 patung gadis Kupang agar legenda masyarakat Kupang ini tetap diingat oleh para pengunjung. Saat ini pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit Kupang terutama bagi yang gemar foto-foto selfie (kaula muda) karena ada banyak objek yang menarik untuk diabadikan seperti jajaran pohon lontar yang unik atau aktivitas para nelayan yang melaut dan pulang dari melaut dengan membawa hasil yang berlimpah.

Lokasi wisata terletak di Jalan Timor Raya km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, kota Kupang, di NTT. Jam operasional adalah setiap hari antara pukul 08.00 sampai dengan jam 23.00 Wita dengan tiket masuk per orang rata-rata Rp. 5000.

3/ Kawasan wisata Pantai Nunsui

Seperti halnya dengan objek wisata pantai lain di kota Kupang, Pantai Nunsui menyimpan karakteristik yang spesial yaitu landai. Pantai yang landai merupakan salah satu daya tarik wisata yang terlihat aman ketika air mulai surut dimana akan nampak batu-batu pantai hitam berkilau berserakan tak beraturan.

Batu-batu yang tidak tersusun rapi ini justru bisa dijadikan sebagai objek foto yang menarik minat para pengunjung. Didukung oleh taman-taman liar dimana tumbuh dengan subur pohon kelapa, pohon lontar dan tanaman bakau menjadi penanda spot yang pas untuk melihat-lihat pemandangan matahari terbenam dengan berhiaskan kerlap-kerlip lampu rumah penduduk di kota Kupang yang terlihat dari pinggir pantai.

Lokasi wisata ini terletak di daerah Oesapa, Kelapa Lima, kota Kupang di NTT dengan jam operasional setiap hari 24 jam dan tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

4/ Kawasan wisata Pantai Manikin

Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu ada pada saat air pantai sedang surut di waktu sore hari. Bersiap-siaplah untuk bisa menyaksikan pemandangan unik dari puluhan batu koral yang bercampur bongkahan batu akik liar terhampar menawan di garis pantai sepanjang 3 km ini.

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya di Kupang, Pantai Manikin merupakan salah satu spot terbaik guna menikmati keindahan matahari terbenam. Ditambah lagi dengan muara sungai yang secara langsung terhubung dengan bibir pantai mampu menyuguhkan panorama alam yang unik. Tak jauh dari lokasi wisata terdapat area yang dikhususkan untuk pengunjung yang hobi melakukan wisata kuliner dengan berdirinya tenda-tenda kecil menawarkan jajanan khas warga Kupang seperti jagung bakar, ubi bakar, atau pisang bakar yang gurih bisa anda nikmati sambil melepas pandang ke tengah lautan yang teduh.

Lokasi pantai berada di area Tarus, Kupang tengah, kota Kupang, NTT dengan jam operasional adalah setiap hari 24 jam dan tiket masuk per orang dikenakan sebesar Rp. 5000.

5/ Kawasan wisata Pantai Pasir Panjang

Belum ke Kupang namanya kalau anda belum menikmati keindahan sunset di bibir pantai. Anda bisa menikmati sejuknya angin pantai dengan ditemani oleh suara debur ombak dari pantai. Tempat ini sangat terkenal di kota Kupang karena mempunyai bibir pantai yang cukup panjang.

Ada banyak warga sekitar yang melakukan aktivitas di sore hari seperti sekadar jalan-jalan santai menyusuri pinggir pantai, bermain sepak bola atau menyaksikan tenggelamnya sinar matahari di tengah laut.

Lokasi wisata ada di Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, kota Kupang, di NTT. Dengan jam operasional adalah setiap hari buka 24 jam dan tiket masuk per orang dikenakan sebesar Rp. 5000.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Objek Wisata Kupang, NTT, Paling Memukau’ dikumpulkan dari berbagai sumber berita. Semoga para pembaca berminat untuk berkunjung ke sini.

Tags Liburan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel