Kenapa Semua Rela Antri Buat Croffle?

12 Aug 2021 09:39 1382 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Kenapa semua rela antri buat croffle ?

Croffle saat ini dikenal sebagai hybrid food yang sedang hits di kalangan semua usia menyukai kudapan lezat yang satu ini. Croffle adalah adonan dari salah satu jenis croissant yang sepenuhnya melalui proses pematangan dalam cetakan-cetakan waffle. Dimana sebagian besar produsen membalurinya terlebih dahulu dengan gula pasir dan serbuk kayumanis agar hasil croffle menjadi lebih garing. Setelah selesai dipanggang, croffle sejenak didiamkan agar lapisan gulanya bisa mengeras.

Menurut berbagai pendapat pakar membuat kue, croffle diinovasi pertama kali oleh pastry chef Louise Lennox di kafe Cuisine de France tahun 2017 di Irlandia. Di ibu kota ini toko pastry Bakerman di daerah Astha membantu dan mendukung kehadiran croffle menjadi demam croffle. Meskipun disajikan layaknya waffle yang bermandikan saos, versi originallah yang paling laku dijual. 

Hingga saat ini peminat kue yang satu ini tak kunjung reda, baik yang datang mengantre maupun memesan melalui aplikasi food delivery. Pihak Bakerman menyebut bahwa meskipun jumlah pemanggang waffle sudah ditambah, kecepatannya belum mampu menandingi banjirnya pesanan. Rata-rata pemesan dine-in dan via aplikasi menghendaki tersedianya paling sedikit enam croffle. Mereka yang mengajukan komplain karena terlalu lama menunggu justru selanjutnya menjadi pelanggan karena selalu datang kembali dengan membawa pesanan yang sama.

Jaringan restoran Social Affair yang terkenal akan pastry dan cakenya juga merasa kewalahan dengan serbuan fans croffle. Brand ini rata-rata menjadi penjual pionir untuk skala resto. Di gerai-gerai Cilandak Town Square, terlihat para pramusaji sedang sibuk menyiapkan saos pendamping croffle di depan counter dengan adanya bertumpuk-tumpuk kotak take away croffle. Ada meja khusus delivery yang tentu saja lekas kosong dalam sekejap. Kini penjualnya mulai meluas disertai pebisnis online dan kedai-kedai kecil.

Jadi apa sajakah yang menyebabkan croffle tidak ada bosan-bosannya dikejar orang-orang Jakarta ?

  • Rasanya buttery. Makin bagus kualitas menteganya maka rasa yang dihasilkan semakin lezat. Teknik folding mentega dingin pada campuran adonan turut menyumbang tekstur kue yang flaky.
  • Cetakan waffle menghasilkan adonan yang garing / crispy, terlebih dengan adanya baluran gula pasir.
  • Tambahkan gula pasir untuk memberikan sentuhan manis ketika kue ini masuk ke mulut.
  • Tetap ada bagian yang empuk dan gurih karena dibuat dari adonan yang dikembangkan dengan ragi. Ada aroma fermentasi ragi yang turut mendukung selera pembeli untuk menjadikan kue ini favorit mereka.

Apa Itu Croffle ? 4 Fakta Tentang Croffle Yang Wajib Anda Tahu

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa croffle adalah salah satu makanan pastry yang saat ini sedang hits dan mempunyai konsep gabungan antara croissant dengan waffle. Croffle dibuat melalui cara memasukkan adonan croissant ke dalam cetakan waffle. Menyuguhkan tekstur yang tidak terlalu kering seperti croissant tetapi lebih padat daripada croissant pada umumnya. Kudapan ini bisa dimodifikasikan sesuai dengan selera si pembuat. Misalnya dengan menambahkan berbagai selai atau cokelat dan potongan buah-buahan segar. Kudapan ini sangat cocok untuk anda yang sweet tooth.

Berasal Dari Korea

Setelah garlic bread dan sweet potato bread, kali ini giliran croffle yang bersinar di dunia maya. Croffle merupakan kudapan manis asal negeri ginseng. Banyak dijual di area street food atau kedai-kedai kecil di Korea yang mulai viral sejak Kang Min-Kyung (seorang aktris sekaligus penyanyi) mengunggah video di channel YouTubenya. Memiliki subscribers lebih dari 600.000 yang menjelaskan bahwa croffle adalah camilan favoritnya.

Bisa Dijadikan Sebagai Makanan Pendamping Kopi

Selain memiliki konsep yang unik, croffle dengan beraneka toping sesuai dengan selera bisa dijadikan sebagai kudapan pendamping berbagai minuman contohnya adalah kopi. Coba bayangkan teksturnya yang cukup padat namun tetap renyah bertemu dengan hangatnya minuman kopi favorit anda, perfect sekali untuk dijadikan sebagai moodbuster untuk memulai hari.

Sudah Bisa Dijumpai Di Indonesia

Karena viral, tentunya berbanding lurus dengan permintaan pasar. Sudah ada banyak kafe atau tempat makan yang menghadirkan croffle di menu andalan mereka seperti Social Affair atau di Richeese Factory-Richocho.

Nah itulah beberapa fakta tentang croffle yang sebaiknya anda ketahui khususnya bagi anda yang memiliki jiwa eksploratif untuk menciptakan beragam kudapan dari croffle dengan berbagai toping racikan sendiri.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Kenapa Semua Rela Antri Buat Croffle ?’ dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga para pembaca turut menyukainya.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel