Menemukan Beberapa Keunikan untuk Memenangkan Persaingan Usaha

10 Aug 2021 08:45 1505 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Menemukan beberapa keunikan guna memenangkan persaingan usaha.

Kian hari persaingan usaha semakin ketat saja, dimana ada berbagai inovasi dan keunikan coba ditonjolkan oleh para pelaku usaha, baik itu yang berskala kecil, menengah, atau besar. Bisa terjadi pada mereka yang sudah berkecimpung lama atau kelompok startup, semua seakan-akan berlomba untuk bisa tampil beda. Tak ada batasan yang pasti, selama ide masih bergulir, maka selama itu pula akan banyak inovasi dari produk dan layanan.

Tak bisa dipungkiri bahwa diferensiasi atau keunikan terhadap sebuah produk merupakan kunci di dalam memenangkan sebuah persaingan usaha. Jika sudah banyak ada usaha-usaha sejenis, maka sesuatu hal yang bisa menjadi kunci sukses di sini adalah jika usaha anda tampil berbeda jika dibandingkan dengan usaha-usaha lainnya.

Jika sebuah produk atau layanan anda sudah mempunyai ciri khas maka bisa dipastikan bahwa para konsumen atau pelanggan anda dapat dengan mudah mengenali produk atau layanan anda, bisa dengan mudah untuk anda menanamkan dalam benak mereka tentang produk dan layanan anda. Di sini bisa dibayangkan apabila produk anda tidak jauh berbeda dengan produk atau layanan yang sudah ada di pasaran dan sama sekali tidak memiliki ciri khas. Aka nada banyak dari para pelanggan atau konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan antara produk atau layanan anda, bahkan lebih buruknya, produk dan layanan anda tidak akan dikenali oleh banyak orang.

Bagaimana mungkin produk atau layanan anda bisa dikenali oleh masyarakat luas sedangkan masyarakat bersangkutan tidak mampu mengenali perbedaan produk atau layanan anda dengan produk atau layanan sejenis ? Apabila produk lainnya sudah dianggap memiliki standar oleh para konsumen, maka dengan menciptakan diferensiasi maka produk atau layanan anda akan terlihat menjadi lebih unggul dibandingkan produk-produk atau dibandingkan produk atau layanan lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran.

Pada dasarnya segala sesuatu yang sifatnya unik dan berbeda tentu akan memberikan daya tarik tersendiri untuk para konsumen sehingga mereka lebih mudah untuk mengenali dan mengingat produk atau layanan tersebut, dibandingkan produk atau layanan lainnya yang sudah umum di pasaran. Sebuah produk atau layanan yang mempunyai keunikan khusus pada umumnya akan diburu oleh konsumen dengan harga tinggi. Maka tidak mengherankan apabila harga jual produk atau layanan yang unik dapat menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk atau layanan lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran.

Semakin unik produk-produk atau layanan yang anda tawarkan maka akan menjadi semakin memudahkan para konsumen dalam mengenali produk atau layanan tersebut. Dan semakin banyak konsumen yang akan mengenali produk anda maka semakin besar pula peluang anda untuk menanamkan imej terhadap produk atau layanan yang anda tawarkan di benak para konsumen.

Tersebut di bawah ini akan kami berikan beberapa cara agar anda mampu tampil unik, berbeda, dan pada akhirnya bisa memenangkan persaingan usaha dengan keunikan yang menyertai. Cara ini bisa membantu untuk menemukan dimana letak keunikan yang wajib untuk ditonjolkan dan bagaimana cara agar produk atau layanan anda bisa tampil stand out diantara produk atau layanan sejenis.

  • Berpikir outside the box

  • Evaluasi

  • Sabar dan konsisten

  • Berani mengambil resiko

  • Implementasi ide

  • Membebaskan ide sebebas-bebasnya

  • Menerima saran dan kritik

  • Memperhatikan competitor

Tidak ada yang menyangkal bahwa keunikan adalah salah satu kunci sukses terhadap sebuah produk atau layanan. Hal-hal tersebut wajib anda jalankan demi untuk menghasilkan keunikan produk atau layanan usaha anda. Intinya adalah jangan pernah lelah dalam menjalankan usaha tersebut. Bersemangatlah dalam menemukan ide-ide segar yang nantinya akan menjadi bibit dari keunikan produk atau layanan anda.

Demikian kami menjelaksan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Menemukan Beberapa Keunikan Untuk Memenangkan Persaingan Usaha’ yang kami rangkum dari beberapa sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel