Jika Baru Belajar Naik Gunung, Ini Gunung yang bisa Anda Daki

9 Aug 2021 14:45 1285 Hits 7 Comments Approved by Plimbi
Jika baru belajar naik gunung, ini gunung yang dapat anda daki terlebih dahulu untuk selanjutnya ke gunung yang lebih menantang.

Menghabiskan waktu di alam terbuka dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan guna melepas stres dan menyalurkan hobi anda. Juga bisa memupuk rasa cinta pada lingkungan. Dimana salah satu kegiatan seru yang dapat dijajal adalah dengan mendaki atau naik gunung. Sudah pasti kegiatan yang satu ini akan menguras tenaga sehingga menyebabkan keletihan tubuh. Tetapi semua itu akan terbayarkan dengan suguhan berupa pemandangan alam di lembah yang menghijau maupun di puncak gunung yang tak dapat diganti oleh apa pun selain rasa bersyukur sudah mampu mendaki gunung. Letih dan lelah bisa lenyap seketika.

Apabila anda masih rookie di dunia pendakian gunung namun masih dalam tingkat pemula, ini ada beberapa pilihan gunung yang bisa anda daki untuk proses pembelajaran, antara lain sebagai berikut :

1/ Mendaki Gunung Gede

Gunung ini lokasinya tidak jauh dari kota Jakarta yaitu Gunung Gede yang terletak di daerah Bogor dengan ketinggian bisa mencapai kisaran 2.958 mdpl. Gunung ini bisa didaki melalui 6 jalur pendakian namun yang terpopuler adalah jalur Gunung Putri. Adapun perjalanan dari Gunung Putri untuk menuju ke Lembah Alun-Alun Surya Kencana akan memakan waktu sekitar 7 sampai dengan 9 jam tetapi sesampainya anda di sana, anda akan disuguhi oleh pemandangan alam paling indah terutama yang menonjolkan padang bunga edelweiss yang sangat luas. Anda bisa melakukan kegiatan berkemah di area ini karena tak jauh dari padang bunga terdapat banyak mata air untuk keperluan logistik.

Puncak gunung dapat ditempuh sekitar 1 jam dari daerah Alun-Alun Surya Kencana. Jika anda ingin menyaksikan sunrise di puncak maka disarankan untuk berangkat dari pukul 4 pagi. Pemandangan alam di daerah puncak sangat memukau dan menakjubkan. Juga di sekitarnya ada banyak tersedia fasilitas umum berupa tenda-tenda warung makan yang menjual makanan dan minuman.

2/ Mendaki Gunung Ijen

Gunung yang satu ini memiliki lokasi di daerah Banyuwangi dimana gunung ini menyimpan ketinggian hingga mencapai 2.386 mdpl. Di area ini anda dapat menyaksikan fenomena alam yang sangat terkenal di dunia yaitu blue fire yang juga bisa dilihat dari tempat lain yaitu Gunung Dallol di Etiopia. Waktu yang tepat untuk melihat-lihat blue fire adalah sekitar pukul 2 hingga pukul 4 pagi.

Puncak Ijen dapat ditempuh dalam kurun waktu antara 2 hingga 4 jam dengan jalan kaki. Atau anda bisa menyewa ojek troli yang ditarik oleh penambang belerang dengan harga sewa kisaran antara Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 700.000 per orang ketika melakukan pendakiandan untuk turun akan dikenakan sewa sebesar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000. Satu ojek troli hanya mampu mengangkut satu orang saja.

Para pendaki diwajibkan untuk mengenakan masker khusus selama melakukan pendakian di daerah ini yaitu masker respirator guna meminimalkan bau menyengat dari daerah tambang belerang.

3/ Mendaki Gunung Papandayan

Gunung yang satu ini lokasinya terletak di daerah Garut dengan memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl, gunung ini mempunyai medan yang landai dan selama dalam perjalanan banyak tersedia fasilitas umum, seperti toilet dan warung-warung makan tradisional. Akases menuju ke base camp terbilang sangat mudah karena banyaknya alat transportasi.

Dibutuhkan waktu pendakian sekitar 4 sampai dengan 5 jam untuk tiba dengan selamat di Camp Pondok Seladah, dimana merupakan tempat anda bisa mendirikan tenda untuk melakukan kemping. Tidak jauh dari sana anda bisa menyaksikan pemandangan alam berupa hamparan luas padang bunga edelweiss. Untuk menuju ke Hutan Mati yang sangat instagrammable, anda membutuhkan untuk jalan kaki sekitar 30 menit saja. Di sinilah anda akan menemukan pemandangan yang sangat mempesona. Wajib untuk foto selfie di sekitarnya.

4/ Belajar mendaki Gunung Prau

Gunung ini lokasinya terletak di dataran tinggi Dieng yaitu memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl, dimana gunung ini mempunyai panorama alam yang sangat memukau. Medannya landai dan mudah untuk dilewati. Perjalanan dari base camp Desa Patak Banteng menuju ke Puncak Prau bisa anda tempuh hanya dalam kurun waktu 3 hingga 4 jam perjalanan.

Gunung Prau mempunyai savanna sangat luas dan bagus yaitu menghijau di sepanjang tahun yang biasa disebut dengan nama daerah Bukit Teletubbies. Jika anda beruntung, pada waktu malam hari anda bisa menikmati milky way dan pada waktu pagi hari, jika cuaca sedang cerah, anda akan disuguhi pemandangan tiga gunung sekaligus yang menawan yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi. Anda akan merasa seperti sedang berada di negeri atas awan.

5/ Mendaki Gunung Batur

Gunung Batur merupakan salah satu gunung berapi aktif yang lokasinya terletak di daerah Kintamani di Bali dengan memiliki ketinggian sebesar 1.717 mdpl. Ini adalah salah satu objek wisata pendakian populer di Bali dimana gunung yang satu ini sangat cocok didaki oleh pemula karena memiliki medan trekking yang terbilang tidak terlalu sulit. Perjalanan pendakian menuju ke puncak gunung bisa dimulai dari Desa Toya Bungkah yang membutuhkan waktu sekitar 2 sampai dengan 4 jam. Begitu tiba di puncak, anda akan disuguhi oleh pemandangan kaldera terindah dan terluas di dunia. Juga bisa menikmati Desa Penelokan di Kintamani yang dikelilingi oleh danau bulan sabitnya yang sangat indah berlatar belakang Gunung Abang yang merupakan bagian kaldera tertinggi dari Gunung Batur.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Jika Baru Belajar Naik Gunung, Ini Gunung Yang Bisa Anda Daki’ dirangkum dari sebuah sumber berita. Semoga memberikan informasi berguna bagi bagi para pembaca.

 

Tags Liburan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel