Cara Menghitung Keuntungan Usaha

28 Jul 2021 09:30 397 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Cara menghitung keuntungan sebuah perusahaan.

Di dalam menjalankan suatu usaha, keuntungan adalah raja. Keuntungan diartikan sebagai jumlah pendapatan dikurangi dengan jumlah pengeluaran yaitu jumlah uang yang dikumpulkan oleh sebuah usaha selama masa perhitungan tertentu.

Secara umum semakin banyak kentungan yang diperoleh maka semakin bagus kondisi perusahaan tersebut, karena keuntungan bisa diinvestasikan kembali ke dalam usaha atau disimpan oleh pemilik usaha.

Mampu menentukan keuntungan dalam usaha secara akurat merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah usaha, agar bisa mempertimbangkan tingkat kesehatan finansial sebuah usaha. Menentukan keuntungan juga diharapkan dapat membantu dalam menentukan harga jual dari barang dan jasa, menentukan gaji karyawan dan lain sebagainya yang saling berhubungan.

1/ Awali dengan harga untuk menentukan total pendapatan usaha

Untuk menemukan keuntungan usaha, mulailah dengan memberikan tambahan terhadap seluruh uang yang akan digunakan untuk melakukan usaha dalam kurun waktu tertentu (misalnya per tiga bulan, bulanan, tahunan dan lain sebagainya). Selanjutnya tambahkan jumlah penjualan barang atau jasa selama periode waktu itu. Hal ini dapat berasal dari beberapa sumber, termasuk produk-produk yang terjual, jasa yang diberikan, pembayaran keanggotaan atau dalam hal lembaga pemerintahan, pajak, biaya, penjualan hak atas sumber daya dan sebagainya.

Sebagai catatan kecil bahwa anda harus mengurangi jumlah tunai yang dikembalikan pada pelanggan atas retur barang yang dipesan guna mendapatkan angka akurat total pendapatan.

Proses perhitungan keuntungan usaha akan menjadi mudah untuk dimengerti dengan melihat contoh yang telah kami sediakan. Misalkan anda mempunyai sebuah usaha kecil yang baru dirintis. Pada bulan terakhir, anda berhasil menjual Rp. 200.000.000 nilai buku kepada pedagang eceran. Selain itu, anda juga menjual hak pada salah satu kekayaan property dengan harga Rp. 70.000.000 dan menerima Rp. 30.000.000 dari pedagang buku eceran sebagai promosi resmi. Apabila semua ini adalah menjadi sumber pendapatan anda maka dapat dikatakan bahwa jumlah pemasukan yang berhasil dikumpulkan adalah sebesar sebagai berikut : Rp. 200.000.000 + Rp. 70.000.000 + Rp. 30.000.000 = Rp. 300.000.000.

2/ Hitunglah jumlah biaya usaha selama masa perhitungan 

Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam usaha bisa bermacam-macam tergantung pada jenis operasi yang digunakan. Pada umumnya jumlah biaya usaha melambangkan semua uang yang digunakan untuk melakukan usaha selama masa perhitungan yang sedang dianalisa.

Lihat bagian tersebut di bawah ini guna pembagian detail dari jenis-jenis baiaya yang bisa terjadi saat anda menjalankan usaha.

Misalnya adalah sebut saja usaha anda mengeluarkan uang sekitar Rp. 130.000.000 selama 1 bulan untuk mendapatkan Rp. 300.000.000. Pada kasus ini uang sebesar Rp. 130.000.000 adalah jumlah pendapatan.

3/ Kurangi jumlah pengeluaran dari jumlah pendapatan

Di sini anda bisa menghitung keuntungan dengan cara mudah apabila menemukan nilai-nilai yang akurat untuk jumlah pendapatan dan pengeluaran usaha. Secara sederhana, kurangi pengeluaran dengan pendapatan guna memperoleh nilai-nilai keuntungan. Nilai yang didapatkan untuk keuntungan usaha akan menggambarkan jumlah uang yang didapat dalam periode waktu yang anda tentukan. Pemanfaatan uang ini merupakan kewenangan dari anda sebagai pemilik usaha. Anda bisa menggunakannya untuk diinvestasikan kembali ke dalam usaha, membayar pinjaman, dibagikan kepada pemegang saham dan sisanya ditabung.

Pada contoh tersebut di atas, karena anda sudah mempunyai angka yang akurat dari pendapatan dan pengeluaran, menghitung keuntungan usaha akan sangat mudah untuk dilakukan. Kurangi pengeluaran dari pendapatan (Rp. 300.000.000 – Rp. 130.000.000 = Rp. 170.000.000) sebagai sebuah keuntungan. Karena anda merupakan pemilik, maka anda dapat menggunakan uang ini untuk membeli mesin cetak baru untuk usaha penerbitan anda, menambah jumlah buku-buku yang dapat dicetak dan berpotensi untuk meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Cara Menghitung Keuntungan Usaha’ yang kami rangkum dari sebuah sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags ilustrasi

About The Author

Utamii 37
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel