Apa Itu Teknik Pomodoro? Pelajari Cara Efektif untuk Bekerja Produktif

13 Jul 2021 14:05 1583 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Apa Itu Teknik Pomodoro ? Pelajari Cara Efektif Untuk Bekerja Produktif

Sebelum membahas dengan lengkap tentang apa itu teknik pmodoro maka anda perlu terlebih dahulu menjawab pertanyaan berikut ini : apakah anda pernah mengalami memiliki banyak waktu namun tugas atau pekerjaan tidak keunjung selesai ? Apakah anda sering mengalami distraksi saat mengerjakan tugas ? Kemungkinan besar jawaban yang berhasil dikumpulkan adalah iya !

Seperti diketahui bahwa manajemen waktu merupakan hal yang seringkali sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Apapun profesi anda, dengan mengatur waktu sebaik-baiknya adalah menjadi hal yang wajib dilakukan agar waktu anda menjadi lebih produktif. Salah satu cara manajemen waktu yang cuku terkenal adalah teknik pomodoro.

Apakah Itu Teknik Pomodoro ?

Bagi anda kelompok pelajar, pekerja, blogger atau pebisnis online yang sering berhadapan dengan computer dan gadget pastilah konsentrasinya sering teralihkan oleh hal-hal lain. Nah untuk mengantisipasi agar anda tidak membuang-buang waktu dengan percuma maka anda bisa menggunakan metode pomodoro dimana teknik ini akan membantu anda menjadi lebih produktif.

Teknik pomodoro adalah salah satu metode manajemen waktu yang pertama kali dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1992. Francesco Cirillo adalah seorang pengusaha, developer, dan juga seorang penulis. Pada teknik ini anda akan mengerjakan sebuah tugas dengan membaginya dalam blok-blok waktu per 25 menit yaitu diantara setiap blog waktu ada jeda istirahat selama 5 menit. Dan setiap kali telah melewati 4 blok waktu, maka anda bisa beristirahat lebih lama. 

Suku kata pomodoro itu sendiri berasal dari Bahasa Italia dimana dalam Bahasa Indonesia artinya buah tomat. Francesco Cirillo memberi nama pomodoro pada tekniknya karena timer yang dia gunakan untuk membagi waktu ternyata dalam bentuk buah tomat. Timer inilah yang digunakan ketika ia masih duduk di bangku kuliah.

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Pomodoro ?

Metode manajemen waktu ini dilakukan dengan beberapa sesi dimana masing-masing sesi terdiri dari 4x25 menit. Setiap 25 menit diberikan waktu untuk istirahat selama 5 menit. Apabila sudah menyelesaikan satu sesi, anda bisa istirahat lebih lama. Misalnya selama 30 menit.

Berikut langkah-langkahnya :

1/ Menyiapkan timer

Untuk bisa mencoba metode pomodoro maka anda membutuhkan sebuah timer. Anda bisa menggunakan stopwatch atau aplikasi timer dan alarm yang ada di smartphone anda.

2/ Menyiapkan daftar tugas

Buatlah daftar tugas yang akan dikerjakan, tulis daftar tugas tersebut di atas secarik kertas. Urutkan daftar tugas berdasarkan skala prioritas atau yang sudah dekat deadline dimana yang sebenarnya tugas-tugas tersebut bisa anda buat di hari-hari sebelumnya agar menjadi lebih detail dan tepat sasaran.

3/ Atur timer anda selama 25 menit

Mulailah dengan mengerjakan tugas anda berdasarkan atas skala prioritas. Ingat bahwa anda wajib fokus mengerjakan tugas-tugas tersebut selama 25 menit, jangan lakukan hal lainnya. Apabila anda menyadari bahwa ada hal baru yang perlu dikerjakan, tulislah tugas tersebut di daftar tugas yang sudah dibuat tadi.

4/ Berhenti bekerja ketika timer atau alarm berbunyi

Berhentilah mengerjakan tugas tersebut dan beristirahat sebentar selama 5 menit. Dalam kurun waktu selama 5 menit ini anda sudah bisa melakukan hal-hal seperti memeriksa gadget, membaca email, melakukan peregangan otot, minum, ke toilet, dan lain sebagainya. Namun tetap harus diingat bahwa waktu istirahat anda hanya 5 menit saja, jangan sampai lewat. Setelah masa-masa istirahat selesai, lanjutkan kembali dengan mengerjakan tugas yang lainnya atau menyelesaikan tugas pertama yang belum terselesaikan. Selalu berikan tanda centang pada tugas yang sudah selesai dikerjakan.

5/ Tugas selesai, istirahat menjadi lebih panjang

Anda boleh beristirahat lebih panjang setelah empat jendela kerja telah selesai. Misalnya istirahat antara 15 sampai dengan 30 menit. Mengapa anda harus beristirahat setaip 25 menit ? Supaya tidak mudah merasa bosan dan otak bisa beristirahat sebentar. Lalu mengapa istirahatnya Cuma 5 menit ? Supaya anda tidak kebablasan mengerjakan hal lain yang membuang-buang waktu.

Apakah Manfaat Dari Teknik Pomodoro ?

Apapun profesi yang anda tekuni saat ini, metode manajemen waktu ala pomodoro ini sangat bermanfaat. Metode ini akan membantu anda bekerja lebih produktif.

Manfaat dari metode ini antara lain sebagai berikut :

1/ Anda jadi lebih bisa fokus pada pekerjaan dengan hasil kerja yang lebih optimal.

2/ Anda menjadi lebih bisa menghilangkan kebiasaan multitasking yang sering berakibat hasil kerja yang agak jelek.

3/ Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dari biasanya.

4/ Anda bisa menghilangkan kebiasaan perfeksionis yang sering menjadi penghambat pekerjaan.

5/ Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat kerja yang lebih bergairah.

6/ Membantu mengurangi rasa stres yang diakibatkan oleh deadline.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Apa Itu Teknik Pomodoro ? Pelajari Cara Efektif Untuk Bekerja Produktif’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Internet

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel