Banyak Manfaat Belajar Musik Sejak Usia Dini, Apa Saja?

12 Jul 2021 17:00 1521 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Banyak Manfaat Belajar Musik Sejak Usia Dini, Apa Saja ?

Bagi beberapa orang beranggapan bahwa salah satu bahasa universal yang dapat diterima dimana pun, tanpa ada batasan yuridis, geografis, atau pun politik adalah Bahasa Inggris namun pada kenyataannya bahasa universal yang akan diterima dimana pun hingga penjuru dunia adalah musik.

Musik, meskipun anda tidak mengerti lirik yang hendak disampaikan di dalamnya, hampir setiap orang bisa menikmati emosi yang terkandung di dalam lagu tersebut.

Musik bisa melukiskan emosi bahagia, sedih, sepi dan lain sebagainya. Musik mempunyai kekuatan seperti sihir yang bisa membuat anda sebagai pendengarnya bisa merasakan senang, sedih, gembira, marah, tenang, hingga bersemangat hanya dengan mendengarnya saja.

Kekuatan musik memang sangat hebat dan mengagumkan. Terlebih apabila dimainkan berbarengan dengan seperangkat alat-alat musik, dimana di seluruh dunia dikenal berbagai alat musik. Beberapa diantaranya bahkan hanya bisa ditemukan di negara-negara tertentu saja.

Alat musik seperti piano, harmonika, gitar, biola, drum, hingga angklung, kecapi, dan gamelan masing-masing mempunyai perpaduan suara yang menarik bila dipadukan dengan musik. Oleh karena itu mempelajari musik sejak usia dini adalah menjadi salah satu yang mempunyai banyak manfaat yang sangat besar.

Berikut ini ada beberapa manfaat mempelajari musik sejak usia dini, mari simak ulasan selengkapnya tersebut di bawah ini.

1/ Musik adalah salah satu bagian ekspresi dari manusia.

Manfaat belajar musik sejak usia dini yang pertama adalah dengan bermain musik maka manusia lebih mudah untuk mengekspresikan perasaannya secara terbuka.

Bagi beberapa orang, musik dinilai lebih mampu mengeskpresikan perasaan dibandingkan melalui kata-kata mutiara. Musik bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menyampaikan perasaan yang ada di dalam hati anda.

Bisa saja anda menjadi sangat gembira dan lebih bersemangat ketika mendengar salah satu lagu favorit atau bisa saja menjadi terhanyut oleh perasaan sedih ketika mendengar lagu ‘Someone You Love’ yang dinyanyikan oleh Lewis Capaldi. Dan bisa jadi hati terasa bergetar ketika mendengarkan lagu ‘Believer’ dari Imagine Dragons, bahkan merasa sedang jatuh cinta kepada seseorang ketika mendengar lagu ‘Cinta Luar Biasa’ milik Andmesh Kamaleng.

Apapun jenis musik yang didengarkan pastilah mampu membangun emosi yang ada di dalam diri anda. Itulah mengapa dikatakan bahwa musik menyimpan kekuatan untuk memainkan emosi dan ekspresi. Dimana ekspresi yang dimaksudkan adalah bagian dari jiwa manusia yang mampu mempengaruhi dan memainkan emosi di dalam perasaan dan jiwa manusia.

2/ Bisa untuk mengenal berbagai budaya di dunia.

Manfaat belajar musik sejak usia dini yang kedua adalah bisa untuk mengenal berbagai budaya di dunia. Bagi mereka yang serius belajar musik, tidak akan puas apabila hanya belajar satu atau dua gubahan dari musisi tertentu. Maka dari itu, mereka akan merasa tertarik guna belajar secara mendalam tentang genre musik yang akan mereka pilih. Lalu mempelajari lebih banyak gubahan-gubahan musik dengan warna musik yang berbeda-beda.

Mereka akan memulai untuk belajar tentang sejarah hingga cara memainkan alat-alat musik hingga menjadi mahir. Secara tidak langsung mereka yang belajar musik sejak dini akan mengetahui sejarah-sejarah yang pernah ada di dunia yang berhubungan dengan musik yang mereka pelajari.

Terlebih, masing-masing negara mempunyai budaya musik yang berbeda-beda termasuk negara Indonesia. Di Indonesia ada banyak sekali alat musik mulai dari yang jenisnya modern hingga tradisional yang tersebar secara berbeda-beda di berbagai daerah. Meskipun berada di dalam satu wilayah misalnya di Pulau Jawa, namun perbedaan musik dan alat-alat musik antara Jawa Barat dengan Jawa Timur sangatlah kontras. Mengukur dari sini saja maka anda akan tahu secara tidak langsung tentang budaya-budaya yang ada di dunia melalui belajar musik yang dilakukan sejak dini.

3/ Melatih kosentrasi dan ketekunan.

Yang terakhir adalah dengan bisa belajar musik sejak usia dini bisa melatih ketekunan dan konsentrasi pada otak anda. Dimana belajar pada dasarnya membutuhkan konsentrasi yang penuh agar mampu menguasai sesuatu dengan lebih terfokus dan mudah. Dengan belajar musik adalah merupakan salah satu yang mampu meningkatkan konsentrasi dan keseriusan anda untuk dapat menguasai satu alat musik dan gubahannya.

Dimana seperti diketahui bahwa belajar musik membutuhkan waktu yang tidak sebentar yaitu tidak akan cukup dilakukan satu atau dua hari saja. Maka dari itu membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat mempelajari musik hingga mahir.

Contohnya adalah membutuhkan waktu untuk bisa menguasai biola hingga berbulan-bulan lamanya dimana setelah mahir biasanya membutuhkan bertahun-tahun untuk bisa menguasai satu gubahan musik dari jenis yang kompleks.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Banyak Manfaat Belajar Musik Sejak Usia Dini, Apa Saja ?’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel