Tips Aman Jalan-Jalan di Alam Terbuka

29 Jun 2021 13:10 2040 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Aman Jalan-Jalan Di Alam Terbuka

Saat ini hampir semua sektor terpukul sebagai akibat pandemi virus corona atau COVID-19, salah satu yang paling terdampak tentu saja sektor pariwisata. Setelah sekian lama beraktivitas dilakukan hanya di rumah saja, dorongan untuk tetap berlibur di luar rumah sudah pasti semakin menggebu-gebu. Seiring waktu berjalan, kini pemerintah akan menerapkan kebijakan-kebijakan new normal dimana diberlakukan pada beberapa tempat umum akan dibuka termasuk di dalamnya beberapa tempat wisata.

Bagi anda yang merasa sudah bosan untuk menunda-nunda liburan, era new normal menjadi saat yang tepat untuk dimanfaatkan dengan baik berlibur di alam terbuka. Meskipun pemerintah mulai memperlakukan kebijakan-kebijakan new normal, anda tetap harus mematuhi berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Demi untuk mengendalikan pandemi COVID-19 yang mulai menurut, pemerintah Indonesia telah menetapkan larangan mudik Lebaran 2021 termasuk mudik lokal. Namun sejumlah wilayah tetap membuka objek wisata, sementara sebagian kecil wilayah memilih untuk menutupnya demi mencegah penyebarluasan virus. Nah kalau kota tempat tinggal anda termasuk yang membuka objek wisata alam dan anda ingin memanfaatkan liburan kali ini dengan naik gunung atau main air di sekitar air terjun maka ikuti beberapa tips tersebut di bawah ini :

1/ Cari info tempat wisata.

Terlebih dahulu lakukan riset. Cari tahu tentang seluk-beluk wisata yang hendak dituju apakah bisa melakukan reservasi online, memiliki fasilitas apa saja, apakah ada pembatasan kuota pengunjung terlebih pada saat pandemi. Medan untuk menuju ke lokasi juga perlu diperhatikan, apakah sulit, sedang atau mudah. Atau apakah ketika menuju ke lokasi harus menggunakan kendaraan roda dua atau harus menyewa kendaraan tertentu. Hal ini menjadi penting agar anda tidak malah repot sendiri ketika sampai di lokasi.

2/ Sebaiknya cek zona lokasi wisata.

Boleh-boleh saja melakukan liburan, namun protokol kesehatan tetap harus diperhatikan. Cek dahulu zona lokasi yang akan anda tuju. Jika masuk dalam zona merah atau oranye maka kemungkinan besar area itu akan menutup tempat wisatanya. Kalaupun buka maka disarankan lebih baik anda urungkan niat untuk memasukinya. Apabila masuk dalam zona hijau atau kuning, maka lokasi wisata cukup aman bagi anda. Meskipun demikian tetap kenakan masker dan jaga jarak.

3/ Sesuaikan perlengkapan dengan kondisi musim.

Berwisata di alam terbuka berhubungan erat dengan kondisi musim yang sedang terjadi. Sebaiknya anda tidak traveling kea lam ketika sedang musim hujan. Selain mempersiapkan perlengkapan menjadi lebih banyak, anda juga akan menjadi lebih repot menjaga keseimbangan agar tubuh dan perlengkapan tidak basah kena air hujan. Tetapi jika tetap harus pergi, siapkan perlengkapan tas, sepatu, topi dan pakaian yang tahan air. Adapun waktu terbaik untuk pergi ke gunung adalah ketika sedang musim panas antara bulan April s/d Oktober. Waktu pendakian yang paling disukai adalah pada periode Juli sampai dengan September. Sebab pada puncak musim panas ini anda akan disuguhkan panorama alam pegunungan yang sangat indah dan mempesona.

4/ Pastikan tubuh anda sedang fit.

Wisata alam memang cukup menyenangkan untuk dilakukan, namun pastikan kondisi tubuh anda siap untuk menjelajah alam. Jika sedang tidak fit, jangan memaksakan diri sekalipun medannya terbilang ringan. Anda bisa jatuh pingsan dan akhirnya merepotkan orang lain.

5/ Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup dari rumah.

Ketika sedang berada di hutan atau pegunungan, anda akan kesulitan untuk menemukan pedagang yang menjajakan makanan ringan dan minuman. Di sekitar air terjun atau di pintu masuk lokasi wisata kemungkinan masih ada pedagang asongan atau beberapa warung tenda namun di dalam perjalanan menuju ke air terjun yang melalui hutan, jarang ditemukan dagang di sekitar tempat ini. Ada baiknya anda persiapkan bekal yang tidak terlalu berat untuk dibawa tapi menyenangkan dan mengenyangkan misalnya roti dan energy bar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Tips Aman Jalan-Jalan Di Alam Terbuka’ yang dirangkum dari beberapa sumber berita. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel