Bagi Anda Penggemar Selfie, Ini Tempat Hits dan Instagrammable di Yogya

1 Jul 2021 11:55 1463 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda Penggemar Selfie, Ini Tempat Hits Dan Instagrammable Di Yogya

Kota Yogya sejak zaman dahulu selalu bikin kangen. Ada sederet makanan sebagai kudapan dan beragam jajanan khasnya, suasana kota dan orang-orang di sekitarnya seolah-olah selalu mengundang anda untuk datang dan datang lagi. Kota Yogya sarat akan warisan budaya yang nyaris tak pernah sepi wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Meskipun tetap mempertahankan kekayaan budaya serta bangunan-bangunan tuanya, kota ini selalu memiliki sejuta magnet yang menarik perhatian.

Tempat wisata yang sedang diburu beberapa tahun ini oleh para wisatawan adalah tempat-tempat yang instagrammable dan Yogya selalu memenuhi syarat tersebut. Apabila nanti sudah bisa bebas jalan-jalan, tersebut di bawah ini adalah beberapa tempat hits buat selfie yang bisa anda masukkan dalam daftar itinerary.

1/ Kunjungan wisata ke Studio Alam Gamplong

Kawasan wisata yang satu ini berdiri pada tahun 2017 di kawasan Moyudan, Sleman, dimana tempat ini pada awalnya merupakan lokasi syuting film Sultan Agung : The Untold Story (2018) yang kemudian digunakan untuk syuting beberapa film lainnya seperti Bumi Manusia (2019), dan Habibie Ainun 3 (2019).

Atmosfer yang bisa dinikmati di dalam Studio Alam Gamplong adalah tentang gambaran abad ke-16 dan ke-17 di Indonesia. Ada sejumlah bangunan tradisional yang bisa anda temukan antara lain pendopo-pendopo khas Jawa, Benteng Batavia, Gerbang Keraton Kerajaan Mataram Islam, Kampung Mataram, dan Kampung Pecinan tempo dulu.

Studio ini populer dengan sebutan Mini Hollywood Indonesia yang dapat menjadi alternatif destinasi bagi anda yang gemar selfie maupun yang menyukai setting yang vintage.

2/ Kunjungan wisata ke Taman Agrowisata Bhumi Merapi

Objek wisata yang satu ini terletak di daerah Kaliurang yang mempunyai area peternakan, pertanian, dan perkebunan yang sangat luas. Anda dan anak-anak dapat mempelajari banyak hal tentang hewan budidaya seperti kambing dan kelinci juga tentang cara mengolah pakan ternak. Para pengunjung akan mendapat kesempatan memberi makan hewan sedangkan para penggemar kopi bisa mempelajari proses pembuatan kopi luwak. Tempat ini juga menyuguhkan fasilitas lainnya yang dapat anda nikmati antara lain field trip, area kemping, pacuan kuda, area outbound, wahana permainan hingga kebun hidroponik.

Jika hanya ingin sekadar foto-foto, ada banyak sekali spot foto keren bisa anda nikmati di sini guna mengisi media sosial anda. Juga tersedia rumah-rumah hobbit dimana di dalamnya ada suasana kota ala Eropa.

3/ Kunjungan wisata ke daerah Tumpeng Menoreh

Tujuan wisata yang satu ini terletak di daerah Ngargoretno, Magelang, yang terbilang baru berdiri di sekitar Kebun Teh Nglinggo. Nama Tumpeng Menoreh diambil karena tempat ini mengusung konsep bangunan yang bentuknya menyerupai tumpeng.

Tumpeng Menoreh adalah gardu tembus pandang yang memiliki ketinggian hampir 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dimana dari ketinggian ini anda akan disuguhi hamparan pemandangan hijau yang tersaji cantik dari pagi hingga sore hari. Pada waktu malam hari anda bisa menikmati keindahan bintang dan asrinya tebaran lampu rumah-rumah penduduk di sekitarnya. Jika sedang cuaca cerah, anda akan mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan alam Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, hingga Candi Borobudur nun kejauhan.

4/ Kunjungan wisata ke Alun-Alun Selatan

Wilayah Alun-Alun Selatan merupakan salah satu area Sultan’s Ground dimana sesuai dengan namanya terletak di sebelah selatan Kraton dan masih di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta. Sedikit berbeda dengan Alun-Alun Utara yang pada hari-hari biasa selalu ramai dikunjungi, tempat ini akan menjadi ramai hanya ketika ada event besar yang digelar.

Di sinilah warga lokal maupun wisatawan bisa refreshing sambil bermain badminton, duduk-duduk santai, ngemil jajanan khas kota Jogja di warung- warung tenda, atau keliling alun-alun dengan naik kereta hias. Semakin sore, tempat ini semakin banyak dikunjungi oleh orang-orang menjadikannya semarak bak pasar malam.

Bagi yang pertama kali berkunjung ke sini jangan lupa mencoba tantangan dengan berjalan melewati dua pohon beringin tua yang berdiri dengan gagah di tengah lapangan dengan mata tertutup selembar kain putih. Konon, yang anda inginkan akan terkabul jika anda memohon di sini.

5/ Kunjungan wisata ke Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindhu terbesar di Indonesia yang terletak di daerah Klaten yaitu tepatnya di perbatasan antara Jogja dengan Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata populer di seputaran kota Jogja dan bahkan sering menjadi tempat syuting bagi beberapa acara TV seperti variety show Netflix, Twogether, atau beberapa drama Korea yang dibintangi oleh Lee Seung-gi dan Liu Yi-hao.

Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi oleh keluarga Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Saat ini sebagian area candi berhasil dipugar setelah mengalami keruntuhan karena ditelantarkan dan juga terkena bencana alam, namun sebagian lainnya tidak bisa dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan yang berserakan lalu ditata dengan rapi di sekitar kompleks candi. Diperkirakan pada zaman dulu ada sampai 240 candi di area Candi Prambanan meskipun kini hanya tersisa 18 candi saja.

6/ Kunjungan wisata ke Candi Borobudur

Candi Buddha terbesar di dunia ini berada di sekitar kota Jogja yaitu di daerah Muntilan Jawa Tengah. Ini adalah salah satu tempat yang wajib untuk anda kunjungi jika sedang liburan ke kota Jogja. Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota adalah sekitar 40 Km atau 2 jam perjalanan dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Dari kejauhan keseluruhan bangunan candi memiliki bentuk persegi dengan dilengkapi 9 platform dan satu candi utama di puncaknya, bentuk Borobudur ini benar-benar indah baik dilihat dari sekitarnya maupun dari ketinggian. Seluruh dinding berukir yang menceritakan tentang kondisi masyarakat Muntilan pada masa lalu hingga cerita penyebaran agama Buddha di daerah ini.

Candi Borobudur menjadi semakin populer ketika hari besar Waisak tiba, yaitu ada acara khusus pelepasan lampion dilakukan sebagai bagian dari kegiatan perayaan Waisak di sini. Di samping itu candi ini merupakan tempat wisata terbaik untuk melihat sunrise. Tidak mengherankan anda bisa melakukan sunrise tour ke Candi Borobudur dimana di sini anda bisa menikmati pengalaman sunrise yang berbeda dari tempat lainnya.

7/ Kunjungan wisata ke Pantai Parangtritis

Meskipun kawasan wisata Pantai Parangtritis memang sangat terkenal di mancanegara tetapi tetap saja bagi anda yang pertama kali berkunjung ke Jogja, pantai ini tetap wajib untuk anda kunjungi.

Kawasan ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dengan area pasir pantai yang sangat luas, dimana di sekitarnya ada banyak hal yang dapat anda nikmati selama kunjungan wisata di Pantai Parangtritis seperti melakukan foto selfie di padang pasir nan menawan hati atau mengendarai ATV / delman, sekedar duduk-duduk santai menikmati angin laut atau bermain pasir untuk anak-anak.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terbagus guna menikmati sunset, jadi usahakan datang menjelang sore hari guna mendapatkan pemandangan terbaik di sini.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Bagi Anda Penggemar Selfie, Ini Tempat Hits Dan Instagrammable Di Yogya’ yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel