Jenis-Jenis Domain untuk Website

8 Jun 2021 14:45 2936 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Jenis-jenis domain untuk website.

Sebelum anda mengenal dan mengetahui tentang jenis-jenis domain, disarankan untuk terlebih dahulu mengetahui tentang pengertian dari domain. Apa yang terlintas di dalam pikiran anda saat pertama kali mendengar istilah domain? Pada umumnya domain adalah alamat sebuah website.

Mungkin anda yang pemula sudah mengetahui tentang domain tetapi belum bisa membedakan antara satu dengan yang lainnya karena di internet domain bertebaran dimana-mana. Seperti saat anda mengetikkan URL website di internet, maka akan ada akhiran bermacam-macam muncul seperti .id, .com, .org dan lain sebagainya. Akhiran yang berada di belakangnya disebut dengan istilah domain.   

Domain merupakan sebuah nama yang diberikan oleh layanan penyedia website mereka. Domain juga bisa diartikan secara unik karena tidak ada domain yang mempunyai nama persis sama di dalam dunia internet. Domain bisa mempermudah para pengguna internet untuk menemukan halaman website yang mereka tuju karena tanpa domain maka IP / internet protocol akan menyulitkan para pengguna untuk menemukan atau mencarai dan mengingat sebuah website di internet.

Pengertian domain tersebut di atas mirip seperti URL namun sebenarnya kedua hal tersebut berbeda-beda, karena pada dasarnya domain merupakan salah satu bagian dari sebuah URL. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang URL, anda bisa membacanya pada artikel ini yang menjelaskannya secara singkat.

Jenis-Jenis Domain

Saat ini domain tersedia dalam ekstensi yang berbeda-beda sehingga mempunyai beragam jenis yang dapat anda aplikasikan sesuai dengan keinginan dan juga sesuai dengan kebutuhan dari website anda.

Domain terpopuler saat ini yang banyak diburu orang dan terdengar sangat familiar bagi kebanyakan orang adalah .com, meskipun demikian masih ada banyak lagi nama-nama domain yang sudah populer dan berseliweran di dunia internet seperti .org, .net, .tv, .info, .in dan lain sebagainya yang tersebar di dunia internet.

Terlepas dari itu semua, rata-rata memang kebanyakan orang lebih menyukai untuk memakai domain .com agar mudah dihapal, mudah diingat dan supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Guna mengetahui jenis-jenis domain tersebut di atas, berikut ini kami berikan penjelasan singkat yang mudah untuk dimengerti antara lain sebagai berikut :

1/ Top level domain / TLD

TLD atau singkatan dari top level domain merupakan ekstensi domain yang saat ini sudah sangat populer di kalangan banyak orang termasuk pemula. Ada banyak orang sudah menggunakan domain ini seperti website Bali Om Design. Saat ini terdapat puluhan hingga ratusan TLD yang menyebar di internet namun yang paling populer adalah .com dan .net.

Beberapa jenis TLD yang lainnya kurang begitu dikenal dan masih jarang orang-orang menggunakannya seperti .biz, .club, .info, .agency dan lain sebagainya.

Orang-orang tersebut menggunakan TLD dengan berbagai alasan dimana salah satu yang paling sering menjadi alasan adalah karena TLD lebih mudah dalam hal diingat oleh kebanyakan orang.

Alasan ini pada umumnya digunakan oleh website yang memiliki sifat lebih personal dan tidak mengarah ke suatu organisasi. Dengan TLD, anda diharapkan bisa mendapatkan peringkat yang lebih unggul di search engine Google karena memang mudah diingat dan sudah banyak yang menggunakannya.

TLD tersebut di atas dibagi menjadi 3 bagian antara lain sebagai berikut :

  • Country code top level domains / CCTLD. Adalah domain yang dibuat berdasarkan penamaan geografis suatu negara seperti .id untuk wilayah Indonesia atau .us untuk daerah United States dan .au untuk Australia. Domain CCTLD dapat dengan mudah didaftarkan oleh siapa pun meskipun bukan warga negara yang bersangkutan. Misalnya jika anda tinggal di Indonesia tetapi anda bisa membuat domain website dengan ekstensi .au yang merupakan CCTLD untuk Australia. Ini bisa dilakukan dengan mudah.

2/ Generic top level domain / GTLD

GDTL adalah merupakan salah satu domain yang sifatnya umum bisa digunakan oleh siapapun. GDTL cocok untuk anda yang membutuhkan domain ekstensi populer seperti .com atau .org. Di samping itu anda juga tidak akan direpotkan dengan berbagai persyaratan dalam membuat domain bersangkutan karena akan sangat mudah dalam membuatnya.

3/ Premium top level domain / PTLD

PTLD adalah merupakan domain yang pemberian namanya bisa dicustom misalnya .site, .web, .travel, .host, .doctor atau ekstensi lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

PTLD cenderung menjelaskan secara spesifik tentang sebuah website. Seperti penggunaan domain .travel pada website yang membahas tentang travel atau website yang memberikan layanan produk atau jasa travel. Jadi apabila anda ingin membuat sebuah website dengan tujuan tertentu maka anda bisa mencoba untuk menggunakan PTLD ini.

4/ Second level domain / SLD

SLD atau second level domain adalah salah satu nama domain yang sudah anda daftarkan misalnya www.baliomdesign.com. Dalam URL tersebut kata ‘baliomdesign’ inilah yang menjadi second level domainnya.

5/ Third level domain / TLD

Third level domain / TLD adalah salah satu jenis domain yang sudah dikenal dengan sebutan sub domain. Sub domain digunakan untuk keperluan tertentu misalnya membuat sub informasi yang terlepas dari domain utama masih berhubungan antara aplikasi di dalamnya dan digunakan untuk kepentingan internal bisnis di tempat yang mempunyai website tersebut. Contohnya adalah jika anda ingin membuat sebuah website yang khusus berisikan tentang blog anda bisa selanjutnya membuat sub domain dari domain utama anda menjadi pengembangan seperti ‘blog.domainutama.com’.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai artikel dengan judul ‘Jenis-Jenis Domain Untuk Website’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat.

 

Tags Internet

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel