Bagaimana Cara Olah Daging Kambing yang Makin Banyak di Pasaran

7 Jun 2021 11:21 703 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Olah Daging Kambing Yang Makin Banyak Di Pasaran.

Daging kambing adalah sejenis daging yang dihasilkan dari hewan bernama kambing / capra aegagrus. Enam persen daging yang diperdagangkan di dunia adalah daging kambing dan lebih dari 70 persen penduduk dunia mengkonsumsi daging ini. Daging kambing terbanyak dimakan di Afrika, Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Latin namun agak jarang dikonsumsi di Eropa. Kawasan yang paling menyukai memasak menggunakan daging kambing adalah di Afrika berdekatan dengan kawasan Gurun Sahara, bagian Timur Tengah, India, Pakistan, Meksiko, dan Karibia. Di Meksiko, kambing yang masih mudah (yaitu sekitar di bawah satu tahun) dikenal dengan nama cabrito yang dagingnya paling enak untuk dikonsumsi.  

Kambing biasanya mengkonsumsi lebih sedikit pakan jika dibandingkan hewan sapi pedaging. Satu are lahan penggembalaan dapat menampung atau memelihara sekitar 10 ekor kambing jika dibandingkan dengan dua ekor sapi pada luas yang sama. Kambing-kambing ini hanya menghasilkan hingga 20 kg daging per ekornya, lebih sedikit jika dibandingkan sapid an babi sehingga tidak menguntungkan secara ekonomi apabila diterapkan dalam industri daging modern.

Belakangan Daging Kambing (Lamb) Makin Mudah Dijumpai Di Pasaran

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang masih kebingungan bagaimana cara mengolah daging kambing agar tidak menjadi prengus, karena beberapa ibu rumah tangga masih belum bisa membedakan jenis untuk dijadikan sebagai sup atau steak. Sama seperti daging sapi.

Pada umumnya daging kambing lebih mudah dijumpai dalam rumah-rumah makan yang diolah menjadi satai, sop kambing, atau kambing guling.

1/ Singkirkan lemaknya

Hampir sebagian besar aroma prengus dalam daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel did aging. Aroma ini mengelaurkan bau tajam jika dibandingkan dengan daging domba yang saat ini banyak diimpor dari Australia. 

Apabila tidak ingin daging kambing terlalu beraroma prengus, buang lemak berlebihan. Agar lebih mudah dilakukan maka terlebih dahulu dinginkan daging kambing di dalam lemari es dimana jika lapisan lemak sudah beku maka lemak sudah bisa diris dengan lebih mudah.

Meskipun demikian ada juga yang menyukai lemak ini dan baru memotongnya setelah dimasak. Lapisan lemak mencegah daging menjadi gosong serta menyumbang lelehan lemak yang dapat menyedapkan rasa daging.

2/ Jangan dicuci

Berbeda kondisi dengan daging sapi, jangan cuci daging kambing. Cara ini tidak akan membantu anda untuk menghilangkan bau prengus yaitu justru menyebabkan daging menjadi lebih a lot dan beraroma tajam. Sebaiknya langsung rebus daging kambing dengan air lalu buang air perebusan pertamanya. Akan menjadi lebih enak lagi apabila daging direbus dengan rempah daun seperti serai atau jahe dan daun jeruk.

3/ Dimasak dalam jangka waktu yang lama

Daging kambing memiliki tekstur lebih keras jika dibandingkan dengan daging domba sehingga lebih tepat dimasak dalam kuah dengan panas yang lebih lama. Untuk daging domba lebih sering dimasak sebagai steak karena lebih cepat lunak.

4/ Beli yang segar

Hindari membeli daging kambing yang usia jualnya sudah lama. Jangan membeli daging kambing dengan pinggiran potong yang sudah mengeras, berbau tidak enak, dan berlendir / terlalu licin saat disentuh.

Bagian-Bagian Daging Kambing Dan Cara Mengolahnya

Daging kambing saat ini di Indonesia bukanlah merupakan daging favorit semua orang jika dibandingkan dengan daging sapi. Daging sapi memiliki kecenderungan beraroma netral daripada daging kambing yang mempunyai bau menyengat yang khas atau bau prengus serta tekstur dagingnya yang cenderung menjadi a lot jika salah mengolahnya.

Untuk bisa mengolah daging kambing dengan baik agar bau menyengatnya berkurang maka sebelum dimasak lumuri terlebih dahulu keseluruhan daging dengan iar jeruk limau dan diamkan beberapa menit.

Seperti daging sapi, daging kambing mempunyai bagian-bagian yang kerap dibedakan menurut tekstur daging dan jenis makanan yang bisa dibuat dari daging kambing.

Berikut kami berikan bagian-bagian daging kambing yang dibedakan sesuai dengan bagiannya antara lain sebagai berikut :

1/ Bagian panggul

Daging panggul kambing memiliki tekstur empuk dan beraroma tidak terlalu menyengat. Lemak daging di bagian ini lebih sedikit sehingga cocok digunakan sebagai gulai, sate kambing, dan tongseng.

2/ Bagian kaki depan

Bagian dari paha hingga kaki mempunyai otot yang bertekstur agak keras. Anda bisa memasaknya menjadi roast lamb, kari, atau semur dengan waktu pemasakan yang panjang agar empuk.

3/ Bagian iga

Pada bagian iga mempunyai tekstur yang lebih empuk dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan untuk memasak iga bakar atau bahan membuat sop.

4/ Bagian has luar dari bagian perut

Bagian ini memiliki tekstur yang empuk yang biasa digunakan sebagai bahan membuat sate, steak, dan rendang.

5/ Bagian has dalam dari bagian perut

Dibandingkan dengan sirloin, bagian has luar daging kambing justru memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga tidak mengherankan bagian ini menjadi salah satu bagian favorit. Anda dapat memanfaatkannya menjadi sajian berupa sate.

6/ Kaki belakang/ sengkel

Pada bagian sengkel memiliki perbedaan dengan bagian kaki namun sama-sama mempunyai tekstur keras. Anda bisa memanfaatkannya sebagai semur dan roast lamb.

7/ Bagian bahu

Pada bagian bahu kambing mempunyai harga jual yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan bagian tertentu lainnya. Dengan tekstur empuk, anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat sate dan steak.

Nah setelah membaca ulasan singkat dari kami tersebut di atas, diharapkan anda tidak bingung lagi membedakan bagian-bagian dari daging kambing. Disarankan setelah mengkonsumsi daging kambing sebaiknya anda memakan sayuran berupa mentimun dan lain-lainnya sejenis guna menetralisir tekanan darah tinggi dan menumpuknya kolesterol.

Salah Satu Resep Daging Kambing Yang Mudah Dibuat Yaitu Nasi Goreng Kambing

Biasanya saat hari raya besar umat Islam tiba yaitu Idul Adha, resep-resep daging kambing selalu menjadi olahan yang memiliki banyak penggemar. Salah satu olahan daging kambing yang sangat populer saat ini adalah nasi goreng kambing dimana cara memasaknya sangat sederhana yang menjadikan sajian yang satu ini semakin banyak disukai dalam keluarga.

Apabila anda merasa tertarik untuk memasak nasi goreng kambing di rumah maka simak resep praktis yang kami berikan tersebut di bawah ini untuk anda praktikkan.

Nasi Goreng Kambing 

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut :

  • 100 gram daging kambing yang dipotong tipis-tipis

  • 1 porsi nasi putih pulen

  • 2 butir buah cabe merah

  • 3 butir bawang merah kupas kulitnya

  • 2 butir bawang putih kupas kulitnya

  • ¼ sendok teh kunyit bubuk

  • 1 biji kapulaga

  • ¼ sendok teh jintan

  • 1 lembar daun salam

  • Beri garam dan penyedap rasa secukupnya

  • Beri kecap manis secukupnya saja

  • Beri minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bagaimana cara membuat nasi goreng kambing :

  1. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang puih dan jintan.

  2. Panaskan minyak goreng lalu masukkan bumbu yang dihaluskan beserta daging kambing. Aduk hingga rata dan tambahkan daun salam, kapulaga, dan kunyit bubuk.

  3. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit dan biarkan hingga mendidih dan mengental.

  4. Masukkan nasi dan tambahkan kecap, aduk hingga merata. Masak hingga nasi menjadi kering. Tambahkan garam dan cek rasa.

  5. Nasi goreng kambing siap disajikan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang artikel dengan judul ‘Bagaimana Cara Olah Daging Kambing Yang Makin Banyak Di Pasaran’, dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel