4 Cara Liburan Aman di Masa Pandemi ke Bandung

2 Jun 2021 12:35 743 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

4 Cara Liburan Aman Di Masa Pandemi Ke Bandun.

Kota Bandung sejak dulu kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk berlibur singkat oleh warga masyarakat yang menetap di seputaran daerah Jabodetabek dan Jawa Barat. Bahkan karena terlalu sering melakukan kunjungan ke kota kembang ini menyebabkan para wisatawan tersebut kadang-kadang merasa bingung apa saja yang harus dilakukan selain belanja dan melakukan wisata kuliner.

Padahal jika dicermati lebih dekat, ada banyak tempat wisata tersedia di kota ini dengan menyuguhkan beraneka ragam hiburan yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan anda. Mulai dari mengunjungi berbagai taman tematik yang seru, ke museum-museum pusat kota yang menggelar acara khusus untuk anak-anak yaitu bermain angklung hingga mengunjungi beberapa desa budaya yang saat ini keberadaannya sudah dilestarikan oleh walikota Bandung. 

Pada awal tahun 2021 ini, Bandung Tour on The Bus atau yang disingkat dengan istilah Bandros mulai diresmikan oleh walikota Bandung dimana perencanaannya sudah dimulai jauh-jauh hari yaitu sekitar tahun 2014 yang lalu. Bandros adalah salah satu cara baru untuk para pengunjung di dalam menikmati keindahan kota Bandung dari berbagai objek wisata. Bus-bus yang digunakan mirip dengan bus tingkat Werkudara yang ada di kota Solo. Bandros sendiri merupakan kelanjutan salah satu program CSR Telkomsel yang melakukan kerjasama dengan pemda kota Bandung di dalam mendukung kegiatan pariwisata di kota ini. Fungsinya adalah untuk membantu para pengunjung berkeliling kota maka konsep yang diaplikasikan pada bus-bus ini dibuat terbuka. Bandros memiliki dua lantai dimana fokus utamanya adalah di lantai atas. Menurut walikota Bandung, pernah mengajak duta besar Inggris untuk berkeliling kota Bandung dengan naik bandros dan hasilnya, beliau sangat senang sekali.

Seperti diketahui bahwa Bandung saat ini adalah merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai jumlah taman kota paling banyak diantara kota-kota sejenis di Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi para wisatawan yang berniat melakukan liburan ke Bandung dengan fokus berburu objek wisata alam. Beberapa taman kota yang tersedia di Bandung adalah taman tematik yang dikhususkan untuk melakukan sebuah hobi tertentu. Misalnya saja Taman Film yang diperuntukkan bagi para penggemar film atau Taman Fotografi yang ditujukan bagi para penggemar fotografi. Anda juga bisa membaur bersama-sama warga masyarakat Bandung yang terkenal kreatif dengan mengunjungi taman-taman kota yang lainnya.

4 Cara Liburan Aman Di Masa Pandemi

Seperti dijelaskan tersebut di atas, berlibur ke suatu tempat seperti ke kota Bandung sangat bagus untuk kesehatan psikologis anda, apalagi dalam kondisi stresfull seperti saat ini yaitu di masa-masa pandemi, berlibur sejenak dari rutinitas harian dapat menjaga kesehatan jiwa dari anggota keluarga lainnya. Tetapi berkunjung untuk melakukan liburan di tengah pandemi seperti ini bukan berarti dengan mengurangi tanggung jawab anda melindungi diri dan orang lain dari resiko Covid-19.

Berikut pilihan liburan aman di masa pandemi, antara lain sebagai berikut :

1/ Staycation

Yang dimaksud dengan staycation adalah berlibur di lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal anda atau tidak keluar kota. Sejak beberapa tahun belakangan ini tren staycation meningkat tajam karena adanya berbagai tawaran fasilitas liburan yang semakin beragam terutama untuk masyarakat kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Sebelum Covid-19 menyerang, staycation menjadi pilihan warga masyarakat urban guna lari sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Menghadapi libur panjang di masa-masa pandemi ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Brotoasmoro menyarankan staycation sebagai salah satu alternatif liburan. Ini berarti bahwa liburan sebaiknya dilakukan di rumah saja dengan mengisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.

Tetapi jika anda memiliki hasrat lain, maka pilih untuk berlibur sedikit jauh dari rumah namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pastikan memilih hotel atau akomodasi yang patuh dan disiplin di dalam menerapkan sanitasi dan protokol kesehatan.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meminta destinasi wisata untuk menerapkan prinsip CHSE yaitu cleanliness, health, safety, and environment sustainability. Atau bersih, sehat, dan aman terutama dari ancaman Covid-19 dan tetap ramah lingkungan. Dimana pada umumnya manajemen hotel sudah menerapkan beberapa prosedur kebersihan dan keamanan yang lebih ketat. Prosedur ini mencakup pemeriksaan terhadap suhu tubuh ketika memasuki area hotel hingga mencatat riwayat perjalanan dan kesehatan anda pada saat check-in, maka dari itu anda juga wajib mematuhi prosedur tersebut secara disiplin supaya bisa membantu menjaga keamanan dan kesehatan diri serta tamu-tamu lain yang menginap di hotel.

2/ Road Trip

Melakukan liburan dengan memakai kendaraan pribadi juga menjadi pilihan keluarga di masa kini. Kota-kota seperti Bandung, Yogyakarta, hingga Malang menjadi daerah favorit bagi wisatawan yang ingin melakukan road trip.

Dimana bepergian dengan kendaraan pribadi akan dirasa menjadi lebih aman dibandingkan anda memakai transportasi umum yang rentan bertemu dengan banyak orang. Melakukan road trip di masa-masa pandemi harus memperhatikan daerah tujuan dan rute yang akan dilalui. Cek terlebih dahulu daerah yang akan dilalui, apakah termasuk ke dalam zona hijau, kuning atau merah ? Usahakan jangan berhenti di daerah yang termasuk zona merah. Maka dari itu anda perlu membuat rencana perjalanan yang matang dan pengaturan kendaraan dengan baik sebelum benar-benar melakukan road trip.

Kelebihan dari anda melakukan road trip adalah anda bisa dengan mudah menikmati kuliner di masing-masing daerah yang dilalui. Namun pada masa pandemi seperti saat ini coba tahan sedikit selera kuliner anda. Pastikan dulu tempat makan dan lokasinya berada di zona yang aman. Tak ada salahnya membawa persediaan makanan yang cukup untuk di perjalanan dan juga beserta peralatan makan masing-masing. Jangan lupa selama dalam kendaraan tetaplah mengenakan masker. Sebaiknya peserta road trip dalam satu kendaraan adalah anggota keluarga sendiri guna meminimalisir resiko terpapar Covid-19.  

Terakhir yang perlu diingat adalah apabila anda harus berhenti di tempat umum, pastikan membawa perlengkapan kebersihan pribadi yang lengkap mulai dari sabun, hand sanitizer, tisu basah, tisu kering dan disinfektan. Ingat pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan air bersih serta menjaga jarak dan hindari kerumunan.

3/ Wisata Alam

Masa-masa pandemi menyebabkan wisata alam menjadi alternatif liburan yang banyak dipilih orang untuk sekedar melepas penat. Salah satu keuntungan dari liburan di kawasan wisata alam adalah selain mendapatkan pemandangan alam yang indah alami juga tentu saja bisa menghirup udara yang relatif lebih bersih dan segar. Di samping itu lokasinya berada di alam terbuka / outdoor seperti pantai atau wisata pegunungan bisa meminimalisir terjadinya penularan Covid-19. Namun sebelum tiba di lokasi tujuan maka pastikan tempat tersebut tidak terlalu ramai oleh wisatawan lainnya.

Pada umumnya lokasi wisata alam yang letaknya agak terpencil lebih sedikit pengunjungnya. Trekking di daerah pegunungan atau bermain di air terjun yang letaknya agak tersembunyi seperti di desa-desa atau hidden oase mungkin lebih minim resiko tertular Covid-19 jika dibandingkan anda berlibur ke tempat-tempat wisata alam yang umum dikunjungi oleh orang banyak.


Hindarilah kerumunan, disarankan untuk pilih lokasi wisata alam yang tidak terlalu padat sehingga anda bisa menjaga jarak dengan para pengunjung lainnya guna menghindari potensi penyebaran virus mematikan dari Covid-19. Pastikan lokasi wisata yang hendak dituju berada di zona hijau yang relatif lebih aman. Ketahui dan kenali status zona lokasi dengan mengunjungi laman resmi Covid-19.

4/ Virtual Tourism

Ini adalah menjadi pilihan liburan yang paling aman dilakukan di masa pandemi. Meskipun hanya cukup dilakukan dari rumah saja bukan berarti virtual tourism kurang menyenangkan untuk dilakukan dan tidak berasa liburan. Justru melalui virtual tourism anda bisa merasakan pengalaman-pengalaman liburan yang baru. Saat ini ada banyak sekali lokasi liburan mulai dari museum hingga taman-taman hiburan yang menyediakan virtual tourism. Dari yang sifatnya gratisan hingga berbayar mahal pun ada tergantung bujet dan pilihan anda. 

Bagi anda yang menyukai kunjungan wisata ke museum, banyak museum besar di dunia yang membuka virtual tourism untuk para pengunjungnya. Nah liburan panjang anda kali ini adalah saat tepat memilih salah satu museum yang selama ini ingin sekali anda kunjungi. Selain museum, beberapa landmark dunia juga membuka wisata virtual ini. Anda bisa mengecek via internet.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat artikel dengan judul ‘4 Cara Liburan Aman Di Masa Pandemi Ke Bandung’ yang dirangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel