Mengapa Malaysia Bisa Lebih Maju Dibanding Indonesia?

3 May 2021 15:09 6036 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa keunggulan dari Malaysia?

Indonesia dan Malaysia, membandingkan kedua negara serumpun ini memang selalu menarik perhatian. Terutama membandingkan siapa yang paling kaya di antara Indonesia dan Malaysia?

Meski nilai kekayaan cenderung bisa dihitung dalam angka. Namun penilaian kekayaan antar negara sifatnya relatif.

Oke, bagaimanapun, sebagai orang Indonesia kita realistis saja. Secara gamblang memang kehidupan di Malaysia lebih terjamin dan kualitas hidup yang lebih baik. Terlihat dari kacamata awam, bahwa ribuan TKI ke negeri Jiran untuk cari penghidupan disana. Sehingga timbul persepsi Malaysia memang lebih maju dibandingkan kita.

Namun apakah penilaian tersebut sah membuktikan Malaysia lebih kaya dibanding Indonesia? Apakah benar Malaysia lebih sejahtera dibanding negara kita?

Topik ini sempat ramai di sejumlah forum, termasuk Quora. Jika di browsing di Google dengan kata kunci "siapa yang lebih kaya antara Indonesia dan Malaysia?" maka platform tanya jawab online tersebut muncul di peringkat pertama.

Berikut ini beberapa poin yang dijelaskan oleh salah satu pengguna Quora terkait sebab Malaysia dianggap lebih kaya daripada Indonesia?

  • Kondisi geografi Malaysia yang lebih simpel daripada Indonesia. Seperti kita tahu, mengurusi wilayah dari Sabang-Merauke tentunya lebih sulit dibanding Kuala Lumpur dan Serawak.
  • Kondisi demografi. Keberagaman Etnis di Malaysia tidak sebanyak di Indonesia. Kondisi ini dianggap lebih mudah bagi Malaysia untuk maju.
  • Proses kemerdekaan. Proses lahirnya negara Malaysia dapat dikatakan lebih mudah dibanding Indonesia. Karena sebenarnya dulu memang Inggris lah yang ingin me-merdeka-kan koloninya seperti Malaysia. Berbeda dengan Indonesia yang mesti berdarah-darah merengkuh kemerdekaannya, sebab dulu Belanda memang ogah melepaskan wilayah jajahannya yakni Hindia Belanda.

Tapi tahukah kamu? Bahwa sebenarnya posisi Indonesia tidak jelek-jelek banget dibanding Malaysia, sekalipun di bidang ekonomi.

Kenyataannya perekonomian Indonesia lebih bagus dibanding Malaysia. Itu jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi. *Oia, kita bicara tentang data sebelum Pandemi. Mohon dampak Pandemi harap dikecualikan.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Terlihat dari Indonesia yang menjadi anggota G20. Kelompok yang didalamnya tergabung sebagai 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

PDB Indonesia juga yang terbesar se-Asia Tenggara. Mencapai lebih US$ 1000 triliun. Sementara Malaysia hanya sekitar US$ 300 miliar.

 Mengapa Malaysia Bisa Lebih Maju Dibanding Indonesia?

Namun bila dibagi pendapat per kapita. Jumlah pendapatan per kapita penduduk Indonesia menjadi sedikit.

 Mengapa Malaysia Bisa Lebih Maju Dibanding Indonesia?

Maka bila saya boleh berkesimpulan. Luas wilayah dan jumlah penduduk menjadi salah satu sebab mengapa Malaysia lebih maju dibanding Indonesia. Tapi jangan jadikan itu alasan ya, wahai warga +62. Cobalah lihat Tiongkok, mereka negara dengan penduduk terbanyak di dunia dan luas wilayah yang besar. Faktanya hari ini ekonomi mereka terkuat menyaingi Amerika Serikat.

Perbandingan ekonomi Indonesia dan Malaysia, Apakah komentar warga Jiran?

Sebuah media berita & gaya hidup, yakni Dream.co.id dalam salah satu artikelnya menyoroti komentar warga Malaysia di Quora terkait perbandingan ekonomi Indonesia dan Malaysia.

Yaitu seorang pelajar University of Malaya, Muhammad Yadizi, menyebut Malaysia lebih maju daripada Indonesia karena Malaysia memiliki beberapa keunggulan.

Yang mana keunggulan itu meliputi wilayah Malaysia yang lebih aman dari bencana alam.

“Selama terjadi tsunami yang melanda Aceh, Malaysia aman. Kalau tidak ada pulau sebesar Sumatera, banyak kota kecil di pesisir barat Malaysia yang akan tersapu. Ini bukan guyonan,” tulis Yadizi.

Selain itu faktor lainnya seperti kedekatan dengan Singapura, kondisi dalam negeri lebih stabil dan negara anggota persemakmuran.

Nasionalisme Malaysia

Pandangan lainnya datang dari mantan ketua KPK Abraham Samad, terkait perbandingan ekonomi Indonesia dan Malaysia. Samad berbicara banyak soal nasionalisme pada kuliah umum yang digelar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (8/12/18) seperti dilansir dari Kumparan.

Lalu apa kunci kemajuan Malaysia? Menurut Samad, jawabannya adalah nasionalisme. Jawaban itu ia temukan sendiri saat terbang dari Indonesia-Malaysia-Filipina dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines beberapa waktu silam.

Dalam penerbangannya itu Beliau mendapati pesawat terus memutar lagu Melayu khas Malaysia. Sampai Ia penasaran dan bertanya langsung kepada Kapten pesawat.

Ternyata itu (memutar lagu Melayu) merupakan ketentuan wajib bagi maskapai pemerintah. Demi menunjukkan jati diri bangsa, ini Melayu, inilah Malaysia.

Dari ini bisa kita pelajari. Bahwa untuk menjadi bangsa yang maju, kita mesti bangga sama jati diri dan memiliki sikap nasionalisme yang tinggi.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 47
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel