Mengapa Bumi Tidak Miliki Cincin Seperti Saturnus?

27 May 2021 12:40 539 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seandainya Bumi punya cincin seperti Saturnus

Sudah dikenal sejak lama dan diketahui secara umum bahwa planet Saturnus merupakan planet di Tata Surya yang memiliki cincin. Tapi tahukah kamu? Bahwa 3 planet lainnya di Tata Surya kita juga punya cincin.

 

Ketiga planet tersebut terdiri Jupiter, Neptunus dan Uranus. Hanya saja cincin milik planet Jupiter, Neptunus dan Uranus tidaklah setebal dan sejelas cincin milik Saturnus.

 

Sayangnya planet yang kita huni, Bumi tidak memiliki cincin seperti empat planet seperti dijelaskan diatas?

 

Sebelum menjawab itu semua, mari kita pahami dulu seperti cincin Saturnus itu sebenarnya. Agar lebih mudah memahami alasan Bumi tidak memiliki cincin.

 

Ketahuilah, cincin Saturnus bukanlah cakram yang keras dan solid. Melainkan kumpulan milyaran materi yang saling terpisah satu sama lain. Dan 90% terdiri dari es. Selain itu ada bebatuan.

 

Benang merahnya disini ialah es. Itulah alasan mengapa Bumi tidak punya cincin seperti Saturnus.

 

Di sistem Tata Surya kita memiliki titik beku. Planet yang berada sebelum titik beku tersebut, maka tidak akan terbentuk es seperti halnya terjadi pada Saturnus.

 

Oke gini sederhananya, karena Bumi lebih dekat Matahari. Maka tidak ada es yang muncul, sehingga tidak terbentuk cincin pada Bumi.

 

Sementara planet Saturnus ada pada titik beku. Sehingga timbul es, berpadu dengan batu-batuan antariksa, yang kemudian karena daya tarik Saturnus, maka materi seperti bebatuan antariksa dan es membentuk sebuah cincin di planet Saturnus.

 

Planet Jupiter, Neptunus dan Uranus juga sama memiliki cincin. Hanya saja cincin ketiga planet tersebut sudah mulai pudar. Periode cincinnya memang sudah berlalu.

 

Beruntung, generasi kita masih bisa melihat cincin Saturnus yang masih sangat jelas dan indah. Karena di masa depan, Saturnus juga bakal kehilangan cincinnya.

 

Alam semesta, termasuk luar angkasa masih menyimpan banyak misteri. Ada planet yang sekarang memiliki cincin. Tapi di masa depan cincinnya bisa hilang.

 

Di masa depan juga tidak ada yang tahu, seandainya Bumi juga bakal punya cincin. Tapi itu masih seandainya.

 

Faktanya sekarang Bumi tidak memiliki cincin. Jarak Bumi terhadap Matahari yang mempengaruhi tidak terbentuknya cincin pada Bumi.

 

Seandainya Bumi punya cincin

Meskipun ini hanya seandainya saja. Tapi dapat kita gambarkan sendiri seandainya Bumi sungguh punya cincin.

 

Tentunya cincin Bumi akan berbeda dengan milik Saturnus. Tidak ada potongan es dalam komposisi, hanya bebatuan saja. Tapi bukan berarti cincin akan menjadi gelap.

 

Misalnya saja Bulan yang terdiri dari batuan yang berwarna abu-abu dan memantulkan 15% cahaya yang mengenainya. Kurang lebih cincin akan melakukan hal yang sama.

 

Kemudian warga Bumi akan menikmati pemandangan cincin dari permukaan Bumi. Penampakan cincin yang paling stabil akan ada di wilayah ekuator.

 

Akan muncul garis tipis langsung dari cakrawala. Dan ini sangat berguna sebagai navigasi. Sungguh indah bukan membayangkannya?

 

Tapi perlu diingat, itu hanya seandainya saja. Menjadi rumit membayangkan ada cincin di dekat Bumi, sementara masih ada Bulan. Entah apa yang terjadi jika batuan pada cincin bertabrakan dengan Bulan.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 43
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel