Apakah Kita Seperti Spongebob dalam Menilai Baik Buruknya Seseorang?

22 Apr 2021 16:10 2352 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Don't judge a book by its cover

Dalam sebuah film, sinema, novel, hingga serial kartun, umumnya menghadirkan tokoh atau karakter protagonis berhadapan dengan antagonis. Tak terkecuali di kota Bikini Bottom, pedalaman (benar-benar di dalam) samudera Pasifik.

Di serial kartun Spongebob Squarepants, tokoh utama Spongebob di ceritakan berwatak ceria di hampir sepanjang hidupnya. Ia selalu ingin berteman dengan setiap orang di kota. Bahkan Plankton yang jelas-jelas menjadi musuh Tuan Krab (bosnya di Krusty Krab), Si Kotak Kuning ini tetap bersikap baik padanya.

Jika ada karakter yang tidak disukai Spongebob di Bikini Bottom, ialah Man Ray, The Dirty Bubble, dan semua musuh Mermaid Man & Barnacle Boy lainnya.

Ketidaksukaan itu ditunjukkan Spongebob dan sahabatnya Patrick dalam episode dimana keduanya berpura-pura sebagai Mermaid Man & Barnacle Boy tiruan dengan kostum pahlawan idolanya tersebut.

Kedua sahabat ini berpikir mereka berwenang menangkap siapapun yang dianggapnya jahat. Termasuk Man Ray yang pada saat itu hanya sedang mencuci pakaian, juga ditangkap.

 

Apakah Man Ray sejahat itu?

Man Ray memang sudah dicap jahat oleh warga Bikini Bottom, terkhusus bagi penggemar pahlawan super yang sudah tua itu.

Padahal jika diteliti, kejahatan apa sih yang dilakukan oleh Man Ray dan komplotannya. Yang sesungguhnya itu hanya film dalam film.

Man Ray diketahui pernah mencoba merampok bank, pasca kabur dari penjara rahasia Mermaid Man & Barnacle Boy. Tapi Ia akhirnya tobat.

Kemudian Man Ray dan komplotannya membentuk aliansi dengan Barnacle Boy yang berkhianat. Apa yang mereka lakukan? Mengganggu muda-mudi yang pacaran.

Komplotan penjahat yang konyol. Mereka geng bandit atau kesatuan razia pekat?

 

Kita adalah Spongebob yang menilai jahat tidaknya seseorang dari kostum dan pencitraan secara umum

Okelah, Man Ray dan komplotannya memang penjahat. Itulah yang tercermin atau dicitrakan dari kostumnya. Namun mari kita pikirkan lagi, sejahat itukah Man Ray?

Bagaimana bila dibandingkan dengan watak Tuan Krab dan Plankton. Tuan Krab bisa anggap seperti tokoh masyarakat di Bikini Bottom. Bisnis restorannya sangat berpengaruh di seluruh kota bahkan termasyhur hingga kerajaan Neptunus.

Keluarga Dewa Neptunus sampai membooking Krusty Krab untuk perayaan ulang tahun dirinya yang sekian ribu tahun itu usianya, lupa.

Kelezatan Krabby Patty memang sangat "memabukkan" dan bikin lupa daratan. Dan penampilan Tuan Krab yang rapi, sangat mencitrakan diri sebagai bos, pengusaha sukses dan pelaut ulung.

Hingga warga Bikini Bottom tidak sadar bahwa dibalik itu semua, Tuan Krab tak lebih dari seekor kepiting licik, culas dan kikir. Termasuk Spongebob Squarepants yang sangat mengabdi pada bosnya itu. Hingga Si Pembalik Patty ini gak sadar selama ini Ia telah dimanfaatkan dan diajarin gak bener sama Bosnya yang pelit ini.

Spongebob sangat dicurangi oleh Tuan Krab. Gaji yang sekedarnya, jatah cuti yang tak adil, tidak dihargai dan terang-terang Tuan Krab mengakui kelebihan Spongebob sebagai karyawan yang "murah".

Terlebih lagi Tuan Krab membawa pengaruh buruk untuk Spongebob. Seperti diajari pelit, mencuri, curang dan lainnya. Tapi lihat saja, Spongebob tetap manut-manut saja.

Begitu juga kepada Plankton. Sudah jelas-jelas makhluk bersel satu dan beristrikan komputer ini sangat jahat, curang dan licik. Tercatat Plankton pernah mengibuli warga kota dengan lomba kereta salju bohongan, hingga menguasai satu kota dengan ember hipnotisnya. Namun tetap saja Spongebob bersikap baik pada Plankton, bahkan sering ditipu daya.

Oke, Spongebob memang dicitrakan sebagai karakter polos cenderung idiot. Namun sadarkah kita, terkadang kita mirip Spongebob dalam menilai baik-buruknya seseorang.

Jika ada nasihat berbunyi: "don't judge a books by its cover". Tapi masih banyak orang yang melakukan sebaliknya.

Man Ray & genk dan Mr. Krab & Plankton memang memiliki sifat jahat dan curang. Hanya saja ciri khas mereka berbeda. Man Ray berorientasi penjahat yang frontal. Menguasai dunia dengan kekerasan fisik.

Sementara Krab dan Plankton juga berambisi menguasai dunia. Namun caranya lebih halus dan politis. Menipu, mengelabui dan manfaatkan orang lain untuk kepentingan dirinya sendiri.

Namun Spongebob tetap menganggap Tuan Krab & Plankton orang baik. Karena memang perawakan keduanya yang tidak ada tampang penjahat. Sementara Man Ray, tampilan fisik memang dia penjahat. Terlepas apapun yang dilakukannya, walau hanya nge-laundry, Man Ray tetaplah orang jahat dimata Spongebob Squarepants.

Seperti itukah kita? seperti Spongebob Squarepants dalam menilai baik dan buruknya seseorang.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 47
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel