Oleh-Oleh Khas Bali

21 Apr 2021 13:56 251 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pulau Bali adalah salah satu provinsi yang letaknya di Indonesia memiliki ibukota bernama Denpasar. Di Bali ada banyak tempat-tempat penting yang bisa anda kunjungi sebagai objek wisata pulau Dewata seperti Ubud, Nusa Lembongan atau lain sebagainya yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung ke pulau ini.

Pulau Bali adalah salah satu provinsi yang letaknya di Indonesia memiliki ibukota bernama Denpasar. Di Bali ada banyak tempat-tempat penting yang bisa anda kunjungi sebagai objek wisata pulau Dewata seperti Ubud, Nusa Lembongan atau lain sebagainya yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan internasional untuk berkunjung ke pulau ini.

Selain terkenal dengan objek wisatanya yang beragam, Bali menyimpan beragam objek yang bisa dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas Bali ketika anda pulang dari pulau ini seusai melakukan liburan yang seru. Oleh-oleh khas Bali tentulah sesuatu yang sifatnya sangat istimewa khas mencerminkan pulau Bali yang tidak mudah ditemukan ditempat lain meskipun ada beberapa bentuk yang sama.

Bali menjadi primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal ke seluruh dunia karena keindahan alamnya, juga didukung oleh kesenian dan budaya di dalam masyarakat Bali. Hal inilah yang memberikan pengaruh besar terhadap olahan-olahan khas yang ada di Bali. Seperti ragam bentuk masakan suatu daerah memang tidak bisa lepas dari tradisi dan budaya sehingga keduanya sangat berpengaruh pada cipta rasa suatu daerah terhadap makanan ataupun benda-benda khas lainnya.  

Oleh-oleh khas Bali tersebut bisa kami rekomendasikan beberapa tersebut di bawah ini yang wajib untuk anda ketahui agar mudah memperoleh sebagai oleh-oleh khas Bali saat berlibur kesini.

1/ Kue Pie Susu Bali

Camilan berukuran kecil dan tipis ini adalah merupakan salah satu oleh-oleh khas yang ada di Bali dan paling banyak dicari oleh pengunjung lokal dan turis asing karena rasanya yang enak sehingga tak mengherankan jika sekali membeli bisa berkotak-kotak banyaknya.

Kue pie susu memiliki bentuk bulat dan pipih layaknya pie pada umumnya yang berkulit garing dan di tengah-tengahnya ada pasta susu yang menjadikan kue ini semakin enak. Pie susu khas Bali yang bermerek ada banyak sekali beredar di Bali namun yang paling terkenal sejak tahun 1989 adalah kue yang memiliki label Pie Susu Asli Enaaaak. Sesuai dengan namanya, pie ini rasanya sangat enak sehingga agak kesulitan bagi anda untuk mencarinya di toko-toko bebas. Jika anda berminat datang saja ke toko pembuatan kue ini di Jalan Nangka Selatan nomer 163 Denpasar Bali. Harga per kotak yang ditawarkan adalah Rp.25.000 untuk isi irisan buah segar. Yang terkenal kedua adalah Pie Susu Dhian yang menjadi salah satu merk pie paling banyak resellernya. Ini disebabkan karena teknik pemasaran merek ini cukup hebat.   

Kemasan masing-masing kue ini menarik dan modern sehingga menambah daya beli dan menjadi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

2/ Sambal Bu Susan Bali

Nah bagi anda yang merupakan maniak makanan bercita rasa pedas maka tepat sekali jika berburu sambal khas Bali yaitu salah satunya yang berlebel sambal Bu Susan Bali bisa menjadi alternatif terbagus untuk anda nikmati dimana dengan mengusung konsep yang cukup praktis dan efisien, oleh-oleh khas Bali yang satu ini mampu memberikan kenikmatan tersendiri untuk dibawa pulang.

Sambal ini dikemas dengan apik dalam botolan-botolan cantik yang memudahkan anda untuk membawa kemana-mana dan bisa dinikmati secara langsung sebagai pendamping nasi dan lauk-pauknya. Bahkan sambal ini bisa digunakan untuk menjadi bumbu racik sehingga anda tidak perlu repot-repot meracik bumbu sambal saat memasak masakan tertentu.

Nama sambal ini diambil dari nama panggilan istri pembuatnya dimana saat ini sambal Bu Susan menjadi sebuah brand baru yang dikerjakan secara industri rumahan. Meskipun pendiri usaha ini mempunyai latar belakang pendidikan desain grafis namun kecintaannya pada dunia bisnis mengantarkannya untuk serius menggeluti usaha ini.   

Modal usaha yang ditanamkan pada awalnya tidaklah terlalu besar sementara di Indonesia saat itu pengusaha sambal yang terkenal hanyalah ABC dan Indofood saja yang tentunya para penikmatnya pun akan menjadi jenuh. Nah berawal dari kondisi inilah maka usaha ini semakin berkembang dengan menyuguhkan rasa sambal yang berbeda-beda dengan sambal pabrikan pada umumnya. Sambal Bu Susan justru hadir dengan sisi alamiah tanpa campuran bahan-bahan pengawet sehingga rasanya lebih lezat dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali yang terekomendasi.

Sambal Bu Susan menawarkan lima varian rasa seperti sambal terasi, sambal teri, sambal udang, sambal bawang, dan sambal pete. Untuk harga sambal per botol hanyalah sebesar Rp.20.000.

3/ Kerupuk Kaki Ayam Bali

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya yang bisa anda coba adalah kerupuk kaki ayam. Kerupuk ceker ayam atau nama populernya adalah kerupuk kaki ayam merupakan makanan khas Bali yang cukup sering menjadi pilihan para wisatawan lokal sebagai oleh-oleh khas Bali saat akan meninggalkan pulau Bali.

Kerupuk ini terbuat dari kaki ayam pilihan yang diolah dengan mencampur bumbu-bumbu rempah tradisional sehingga akan menjadikan makanan yang benar-benar halal 100% tanpa bahan pengawet. Rasanya gurih dan renyah merupakan sesuatu yang melekat pada produk ini. Dimana diketahui bahwa camilan ini bagus untuk menjaga kesehatan tulang anda. Beberapa manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika mengkonsumsi kerupuk ini adalah mampu mencegah tulang keropos / osteoporosis karena pada ceker ayam kaya akan nutrisi yang mampu menjaga tulang. Nutrisi yang terkandung di dalam ceker antara lain protein, kolagen, zat kapur, dan beberapa mineral penting untuk tubuh.

4/ Bagiak Bali

Camilan yang satu ini renyah dan memiliki rasa manis gurih karena dibuat dari tepung sagu yang melalui proses dipanggang sehingga sangat cocok untuk menjadi teman minum teh atau kopi. Oleh-oleh khas Bali yang satu ini merupakan oleh-oleh cemilan yang cukup terkenal di Bali. Sekilas pandang rasa dari bagiak ini menyerupai kue bage khas Sulawesi namun ada sedikit perbedaan yaitu pada cara pembuatannya dimana di Sulawesi bage melalui pembuatan yang dibakar dengan sebelumnya membungkus kue dengan dedaunan. Bage Sulawesi dalam olahan bahan dasar menggunakan campuran rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis. Sedangkan bagiak Bali pada bagian bahan pembuatan hanyalah memaki tepung sagu, gula, mentega, dan minyak nabati. Oleh-oleh khas Bali ini cukup mudah dijumpai di seputaran kota Denpasar. Ada banyak toko-toko kue yang menyajikan makanan khas Bali maka dipastikan anda akan menjumpai bagiak Bali.

Pengemasan bagiak saat ini sudah cukup modern dimana bagiak sudah dikemas di dalam kotak-kotak karton yang memudahkan anda untuk membawanya kemanapun anda akan pergi. Oleh karena itu bagiak sangat cocok bagi anda yang sedang mencari buah tangan yang khas dan menarik untuk keluarga di rumah sebagai teman ngopi di waktu sore hari atau teman ngeteh di waktu pagi hari.   

5/ Garam Bali

Oleh-oleh lainnya yang dapat anda bawa pulang untuk keluarga di rumah adalah garam Bali. Garam Bali merupakan garam organik yang melalui proses pengolahan cukup panjang yaitu gabungan antara pola petani garam yang sudah dilakukan sejak 700 tahun lalu untuk selanjutnya memasuki proses pengemasan higienis dan melalui standar export ke berbagai negara maju di dunia.

Maka dari itu garam ini cukup berbeda apabila dibandingkan dengan garam asal daerah lainnya. Garam ini menyimpan banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan garam biasa baik itu dari bentuk hingga manfaat yang diperoleh dari pemakaiannya sehari-hari.

Garam jenis Pyramidion ini mempunyai bentuk yang cukup unik yaitu simetris layaknya piramida. Inilah yang menyebabkan garam ini cukup sulit untuk ditemukan di daerah lainnya karena untuk membentuknya membutuhkan kondisi hingga elemen yang benar-benar spesifik. Para chef internasional kerap memakai jenis garam ini karena memiliki cita rasa yang khas. Untuk itu garam ini di pasaran dijual lebih mahal jika dibandingkan dengan garam biasa dimana satu kemasan seberat 50 gram dijual dengan harga senilai Rp.29.000 dan untuk ukuran satu kilogramnya dijual senilai Rp.315.000.

6/ Kain Songket Sidemen Bali

Apabila anda ingin membeli oleh-oleh khas Bali yang bukan berupa makanan maka pilihan yang tepat adalah dengan memburu kain Songket Sidemen Bali merupakan salah satu jalan keluar yang tepat. Songket ini mempunyai ciri khas yang cukup unik terutama tampilan motif dan warna-warna yang menjadi pilihan. Dimana Sidemen merupakan sebuah desa yang ada di Kabupaten Karangasem bagian ujung timur pulau Bali terkenal karena keunikan kain songket menjadi ciri khas produk daerah tersebut.

Kain songket merupakan kain yang ditenun dengan memakai benang-benang emas ataupun benang perak juga bisa mengaplikasikan jenis benang sutra yang berwarna-warni. Maka dari itu apabila anda meninjau bahan-bahan pembuatannya maka kain ini merupakan salah satu kain mewah yang saat ini cukup populer menjadi buah tangan khas Bali yang sudah masuk ke dunia fashion internasional dimana dalam kesehari-hariannya bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan, adat-istiadat, dan acara-acara formal lainnya.

Secara garis besar kain ini dibagi menjadi empat jenis yang berdasarkan atas jenis benang, dan penyusun motifnya. Keempat jenis yang dimaksudkan adalah kain songket benang emas, kain songket benang perak, kain songket benang katung, dan kain songket benang kombinasi / campuran. Di samping bisa membeli salah satu kain ini, anda juga bisa secara langsung melihat cara pembuatan Songket Sidemen yaitu terpusat di Kecamatan Sidemen tepatnya di daerah Cepik.

7/ Kerajinan Perak Bali

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali dalam bentuk kerajinan maka anda bisa mengunjungi sebuah tempat yang letaknya tak jauh dari kota Denpasar yaitu Desa Celuk dimana di desa ini terkenal akan kerajinan peraknya. Desa ini termasuk ke dalam wilayah Daerah Tingkat II Gianyar Bali dimana mayoritas warganya bekerja dibidang industri kerajinan perak untuk dijual kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Kerajinan perak itu sendiri mempunyai beragam bentuk kerajinan yang menjamin akan membuat anda terpesona ketika pertama kali memandangnya. Bentuk-bentuk yang ditawarkan ada beragam antara lain ada perhiasan, peralatan dapur, hiasan-hiasan dan pajangan rumah. Seperti cincin, anting, gelang, kalung, bros, dan leontin. Sedangkan kerajinan berbentuk peralatan dapur seperti sendok, garpu, cangkir, piring, gelas, bokor, dan lain sebagainya. Yang berupa pajangan diantaranya adalah kipas, keris, miniatur dari alat-alat transportasi dan lain sebagainya.

8/ Kaos Joger Bali

Kaos Joger adalah salah satu ikon oleh-oleh khas Bali yang saat ini menjadi salah satu buruan para pelancong baik lokal ataupun luar negeri. Liburan ke Bali rasanya masih ada yang kurang apabila belum mampir ke Joger Bali.

Joger Bali sendiri sudah terkenal sejak dahulu dengan pabrik kata-kata yang lucu dan cerdas berlokasi di kawasan wisata Jalan Raya Kuta. Tempat ini bisa dibilang cukup strategis dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari bandara Ngurah Rai Denpasar jika terjadi kemacetan. Letak yang tepat adalah di Jalan Raya Kuta, dekat supermarket Supernova Denpasar Bali. Oleh-oleh yang ditawarkan tidak hanya berupa kaos saja melainkan ada topi, jaket, celana, dan lain sebagainya.

Karena animo pengunjung yang cukup banyak berkunjung ke Joger di Kuta maka beberapa waktu yang lalu pihak Joger membuka cabang baru di daerah Tabanan Bali yaitu tepatnya di Jalan Raya Luwus yang diberi nama Teman Joger.    

9/ Kacang Asin Bali

Bagi anda penikmat kacang, jika berkunjung ke Bali bisa membawa kacang asin Bali sebagai oleh-oleh khas Bali yang menjadi solusi anda untuk membawakan oleh-oleh buat keluarga di rumah. Di Bali sendiri terdapat sebuah jenis kacang yang khusus diolah menjadi beragam makanan dan dikomersilkan dengan merek dagang tertentu. Jenis kacang yang dimaksudkan adalah kacang rahayu yang merupakan salah satu produk yang cukup diminati sejak dahulu oleh para wisatawan karena mempunyai cita rasa yang sangat enak dan gurih. Kacang ini setelah melalui proses pengolahan yang cukup panjang akhirnya dikemas dalam berbagai variasi berat sehingga memudahkan anda dalam memilih salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan. Variasi berat kemasan dimulai dari 50 gram hingga 800 gram. Variasi berat inilah yang akan memberikan pengaruh terhadap nilai jual dari kacang bersangkutan yaitu menyesuaikan dengan beratnya masing-masing. Untuk berat terkecil kacang asin Bali dibanderol dengan harga Rp.7.000 sedangkan kemasan yang paling besar memiliki harga Rp.100.000. Agar anda lebih aman membeli kacang asin Bali asli maka sebaiknya belilah di gerai atau kios asli penjual kacang asin ini yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Tengah yang biasa buka mulai pukul 08.30 hingga 21.00 atau di Jalan Nusa Kambangan no. 99Z Denpasar Bali. 

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai oleh-oleh khas Bali yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi pembaca artikel ini.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 37
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel