Mengapa China Bisa Makin Maju Sekarang Ini?

29 Mar 2021 14:46 1438 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penguasaan teknologi dan sains kuncinya

Entahlah, kita ini sekarang lagi sibuk mengurusi apa? Apapun urusanmu, setidaknya kamu perlu menyadari bahwa telah banyak yang berubah di dunia ini.

Jika Matahari saja nantinya bisa berubah arah terbitnya. Apalagi dengan kekuasaan duniawi ini. Dulu Amerika Serikat dianggap sebagai negara adidaya tanpa pesaing, terlebih pasca runtuhnya Uni Soviet.

Kini Amerika Serikat tidak lagi "berkuasa" sendiri di segala bidang di dunia ini. Ada China, kekuatan baru ekonomi, teknologi, industri, militer dan sebagainya menyaingi Amerika Serikat.

Memang ada timbul sentimen negatif pada etnis, ideologi dan politik China. Tapi kenyataan bahwa kemajuan di segala bidang yang sedang dialami China merupakan fakta tidak terbantahkan.

Seperti Dubai yang dulunya hanya padang pasir, kini menjadi megapolitan yang modern. China pun begitu, bahkan lebih menakjubkan untuk cakupan wilayah yang lebih luas. Apa rahasianya? Yuk mari disimak:

 

Dimulai sejak lama

Tanda-tanda kemajuan negara China memang baru terlihat di permukaan tidak terlalu lama ini saja. Dan kemajuannya juga terjadi dalam waktu yang singkat.

Namun jangan salah sangka. Semua itu bukanlah hasil kerja kebut semalam. Melainkan sudah mulai dilakukan oleh pemerintah China dari tahun 1970. Melakukan berbagai langkah seperti berikut:

Perencanaan pusat yang agresif, memanfaatkan keunggulan tenaga kerja yang murah, mendevaluasi mata uang, dan mengembangkan sistem pabrik yang kuat untuk menyebarkan produknya ke seluruh dunia.

Hasilnya kini sudah terlihat pada China sekarang ini. Proses kemajuan yang tergolong singkat, tapi bukan berarti instan.

 

Transfer teknologi dan sains

Bangsa China dikenal sering mengundang investor dan arsitek luar untuk masuk ke negara. Namun disertai syarat bahwa pekerja lokal diikutkan dalam proyek sehingga bisa menguasai teknologi baru.

Diwajibkan juga gambar teknik dari proyek diserahkan dan disimpan kedalam arsip nasional. Untuk nantinya dapat dipelajari oleh insinyur lokal China.

 

Reverse Engineering

Pernah dengar istilah 'ATM' atau Amati, Tiru dan Modifikasi ? Nah, bangsa China ini termasuk jagonya untuk melakukan itu. Disebut juga Reverse Engineering.

Jadi, China terbiasa membeli suatu barang lalu membongkarnya, mengamati, tiru dan modifikasi. Mungkin persepsinya menjadi barang KW atau tiruan. Tapi intinya disini mempelajari teknologi dari suatu barang atau mesin tersebut. 

Dengan begitu, maka tidak heran kalau China kini menjadi raksasa teknologi di segala bidang di dunia. Sesuai cita-cita bangsa China yaitu "everything ia made ini China by 2025".

 

Memang rahasia sukses majunya negara China yang dijelaskan diatas tidak bersifat mutlak. Artinya faktor penentu tergantung penerapannya. Seberapa ulet berusaha untuk maju.

Dan tentunya masih ada rahasia lainnya dari kemajuan negara China yang tidak bisa dijelaskan secara rinci disini dalam satu artikel.

 

Kiranya rahasia kemajuan China ini dapat kita jadikan pelajaran berharga sebagai bangsa Indonesia. Jika ada contoh yang baik, mengapa tidak untuk kita ikuti.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 47
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel