Membantu Google Jawab Tanya Netizen Kapan Covid-19 Berakhir

8 Mar 2021 08:22 1312 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagai prediksi dan ramalan kapan Corona berakhir di Indonesia

Sudah setahun sejak kasus 01 Covid-19 terdeteksi masuk ke Indonesia. Secara manusiawi, kita semua akan jenuh dengan keadaan Pandemi seperti sekarang. Hingga tidak heran banyak yang bertanya-tanya kapan Corona ini berakhir?

Buktinya mesin pencari Google mencatat bahwa pertanyaan "kapan Corona berakhir di Indonesia?" termasuk pertanyaan paling banyak ditanyakan oleh netizen +62.

Hei Mbah Google!! Sebuah mesin yang serba tahu. Dapatkah Mbah menjawab?

Tidak ada yang tahu pasti kapan hari itu tiba. Begitu juga hasil pencarian Google, hanya bisa menjawab berupa prediksi dan ramalan.

Sepertinya Google perlu dibantu. Guna memperbanyak perbendaharaan konten yang kiranya dapat menjawab tanya netizen Indonesia: kapan Corona berakhir??

Berikut ini hasil rangkuman dari berbagai sumber terkait prediksi kapan Corona berakhir. Mulai dari prediksi Presiden Jokowi, Bill Gates, hingga pria yang mengaku time traveller.

Prediksi Jokowi  akhir tahun Corona berakhir

Diawal Pandemi pada April 2020, Presiden Jokowi memprediksi Pandemi Covid-19 berakhir pada akhir tahun 2020 dan awal 2021 pariwisata akan booming. Kita tahu prediksi ini meleset jauh.

Seperti dikutip dari detikcom, alasan dari prediksi tersebut, sebab Presiden ingin membangun optimisme menghentikan pandemi secepat mungkin. Namun kenyataan berkata lain. Corona semakin menggila. Ya, tidak ada yang tahu kapan Corona ini berakhir.

Sebagaimana dikatakan juga oleh Jokowi pada Juni 2020. Jokowi: Tak Seorang pun Bisa Memastikan Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir seperti dikutip dari merdeka.com (akses 3/3/21). 

Prediksi Menko Luhut kapan Corona berhenti

Pada bulan April tahun lalu. Menko Luhut B. Panjaitan pernah memprediksi kira-kira kapan Corona berakhir. Menurutnya untuk tahu kapan Corona berakhir kuncinya dengan melakukan tes masif Covid-19.

“Mulai minggu ini sampai minggu depan per hari akan ada dua ribu hingga 10 ribu tes per hari. Sehingga ini modelling kita untuk tahu kapan kira-kira Covid-19 akan berhenti,” kata Luhut saat rapat dengan DPR RI, Selasa 21 April 2020 lalu. Dikutip dari minews.id pada 3 Maret 2021.

Kata WHO, Covid-19 berakhir awal 2022

Portal berita detikHealth (akses 3/3/2021) memberitakan bahwa direktur WHO regional Eropa menyebut Corona bisa saja berakhir awal 2022.

"Skenario terburuk pandemi telah berakhir," sebut Hans Kluge saat berbincang dengan lembaga penyiaran DR, Denmark.

Lebih lanjut Hans mengatakan bahwa di 2021 Corona masih terus mewabah. Namun relatif bisa terkendali. Sebab informasi terkait Covid-19 sekarang lebih memadai, dibanding awal 2020 dengan informasi wabah yang terbatas.

Meski terdapat mutasi virus, namun selama fasilitas kesehatan masih memadai maka wabah lebih mudah diatasi.

Ramalan seorang yang mengaku penjelajah waktu terkait kapan Covid-19

Drew Curtis, Founder Fark.com yang juga mengaku sebagai penjelajah waktu. Mengutip kembali tweet-nya dari tahun 2015. Dalam cuit tersebut (2015) Curtis mengaku sebagai penjelajah waktu dari 2020 yang datang ke 2015 dan mengatakan keadaan yang kurang baik di tahun 2020.

Tentu tweet itu bikin geger sebab nyaris akurat. Namun ada yang meragukan kebenarannya. Sebab itu hanya sebuah tweet yang tidak cukup membuktikan.

Curtis juga memprediksi kapan Covid-19 berakhir. Ketika mendapat pertanyaan demikian, Curtis menjawab "November 2020". Dan ya, lihatlah kenyataannya sekarang.

WHO memprediksi Pandemi akan menjadi Endemik

Sejak Desember 2020, dalam konferensinya WHO memprediksi Pandemi Covid-19 akan menjadi Endemik.

Endemik adalah penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu. Contoh penyakit endemik adalah malaria yang terjadi di sebagian besar wilayah Afrika dan Amerika Selatan.

Artinya Covid-19 akan lama berada diantara kita umat manusia. Bedanya kini sudah ada vaksin dan informasi lebih memadai terkait virus Corona dibandingkan diawal Pandemi. Penyebaran Covid-19 semakin melandai namun tetap masih ada, tidak sepenuh hilang.

Maka itu kita semua harus terus membiasakan diri hidup berdampingan dengan Covid-19. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Indonesia diprediksi mengakhiri wabah Covid-19 dalam 10 tahun ke depan

Prediksi ini mengacu pada kecepatan vaksinasi per hari dan jumlah penduduk Indonesia. Menurut data Bloomberg seperti dilansir detikcom (7/2/21) rata-rata jumlah dosis vaksin yang disuntikkan di Indonesia mencapai 64.000 ribu dosis. Diperkirakan butuh waktu 10 tahun lamanya untuk mencapai herd immunity yakni kekebalan 70-85 persen populasi dengan dua dosis.

Perlu diingat prediksi-prediksi diatas bisa saja benar atau meleset. Namanya juga prediksi. Covid-19 merupakan jenis penyakit baru. Sangat minim informasi yang dimiliki sejak pertama virus ini ditemukan. Maka tak heran jika satu dunia kelabakan menghadapinya.

Kunci mengakhiri Corona atau Covid-19 ialah kedisiplinan setiap orang menjalankan protokol kesehatan. Disampingnya adanya vaksin.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 47
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel