Es Krim

2 Mar 2021 16:30 224 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Es krim adalah salah satu kudapan ringan yang bercita rasa lezat dan mengandung gizi bagus untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sehingga bagus dikonsumsi setiap hari dalam segala kesempatan.

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini ? Es krim adalah salah satu jenis makanan beku yang dibuat dari bahan dasar yaitu susu seperti krim yang dicampur dengan bahan pemanis berupa gula atau madu. Es krim bisa dikelompokkan sebagai makanan penutup atau dessert yang banyak sekali disukai oleh orang – orang dari anak kecil hingga orang dewasa. Dimana es krim memiliki banyak manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Tekstur es krim padat namun lembut yang mempunyai banyak jenis dengan varian rasa beragam sesuai dengan keinginan dari si pembuat dan si pengkonsumsi.

Meskipun dikenal sebagai salah satu makanan favorit, banyak sekali anggapan yang salah mengenai es krim yang faktanya belum tentu benar seperti es krim bisa merusak gigi dan menjadi pemicu seseorang terkena sakit batuk dan pilek. Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada gigi maka ketika anda sedang makan es krim hindari memilih es krim cokelat dan biasakan untuk menggosok gigi atau berkumur – kumur setelah makan. Sedangkan penyakit batuk dan pilek tidak ada hubungannya dengan es krim. Dimana es krim yang dikonsumsi dan masuk ke dalam kerongkongan memiliki suhu tidak lagi dalam kondisi sedingin es krim ketika baru diambil dari freezer. Yang harus dihindari adalah jangan mengonsumsi es krim saat anda sedang menderita gangguan radang tenggorokan, asma, atau amandel.   

Es Krim Dan Jenis – Jenisnya

Es krim bercita rasa manis dan dingin yang menyebabkan siapa saja makan makanan ini menjadi ketagihan. Pada umumnya hidangan manis ini dibuat dari bahan – bahan campuran berupa susu dengan pemanis alami seperti madu atau gula atau pemanis buatan seperti cokelat, vanila, stroberi dan kopi.

Pada beberapa negara di dunia ini, es krim dimanfaatkan sebagai dessert yang menyimpan nama, bentuk dan kandungan yang berbeda – beda. Bagi anda yang penasaran, berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis es krim yang populer di beberapa negara antara lain sebagai berikut :

1/ Jenis es krim bernama Gelato dari Italia.

Gelato adalah salah satu jenis es krim khas Italia yang mengandung arti beku. Seperti halnya es krim yang lain, Gelato disajikan dengan dilengkapi cup atau cone yang cukup menyehatkan tubuh karena mengandung 7 persen lemak.

Proses pembuatan Gelato memakai suhu yang sangat tinggi sehingga mengumpulkan tekstur es yang lebih halus dengan menambahkan sedikit krim. Gelato cenderung banyak kandungan susu sehingga kaya akan rasa dibandingkan dengan jenis es krim biasa. Gelato juga mencampur buah – buahan asli ke dalam bahan adonan dasar seperti stroberi, alpukat, mangga hingga kelapa.

2/ Jenis es krim bernama Sorbetes dari Filipina.

Yang dimaksud dengan Sorbetes adalah salah satu varian dessert dingin yang memiliki sifat khas yaitu tradisional dari Filipina yang sekilas pandang memiliki tampilan menyerupai Sorbet. Pada umumnya Sorbetes dibuat dengan mencampur bahan dasar berupa susu, tepung singkong, dan caracao atau santan yang disajikan bersama dengan cone ataupun roti dengan cita rasa buah yang sangat kuat seperti mangga atau bahkan bisa diberi campuran ubi. Di negeri asalnya, Sorbetes biasa dijual oleh pedagang – pedagang gerobak sehingga populer dengan istilah dirty ice cream.

3/ Jenis es krim bernama Es Puter dari Indonesia.  

Es Puter populer dengan nama lain yaitu Es Dung – Dung adalah salah satu jenis es krim khas tradisional sajian dari Indonesia yang bahan utamanya terbuat dari santan sebagai pengganti susu.

Selanjutnya es krim jenis ini dibuat melalui cara – cara tradisional yaitu dengan memakai sebuah wadah menyerupai tabung yang diputar dengan kecepatan tinggi diberi bahan tambahan berupa es dan garam sehingga campuran santan dan perasa bertekstur akan membentuk benang – benang halus dan lembut bernama es krim. Biasa dijual keliling oleh pedagang kaki lima dengan sajian tambahan berupa cone atau roti.

4/ Jenis es krim bernama Spagettieis dari Jerman.

Seperti namanya maka kuliner khas Jerman ini mempunyai bentuk menyerupai Spageti. Pada umumnya disajikan di atas piring dengan diberi tambahan berupa krim kocok dan selai stroberi yang terlihat menyerupai saos tomat atau Bolognese. Pertama kali sajian ini dibuat oleh orang Jerman bernama Dario Fontanella pada tahun 1960 di daerah Mannheim. 

5/ Jenis es krim bernama Ais Kacang dari Malaysia.

Es krim di negara ini rata – rata dimakan sebagai sajian penutup atau dessert yang bernama Ais Kacang atau ABC / Air Batu Campur yang dibuat dari serutan es batu tersaji bersama dengan bahan – bahan lainnya seperti kacang, cincau, dan aneka toping lainnya lalu disiram kuah sirup dan susu kental manis. Kalau di Indonesia, makanan yang satu ini menyerupai sajian bernama Es Teler.

Manfaat Es Krim

Es krim dikenal sebagai salah satu makanan yang banyak memiliki manfaat dimana salah satunya adalah sehat diberikan untuk ibu – ibu hamil yang berguna untuk menambah berat tubuh ibu hamil, melenyapkan rasa tertekan saat menjalani masa – masa kehamilan serta membantu pembentukan tulang pada janin. Manfaat es krim lainnya adalah sebagai berikut :

1/ Mengurangi dan mengatasi morning sickness ibu – ibu hamil.

2/ Kaya akan kandungan kalsium.

3/ Bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4/ Kaya akan kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D bagus untuk menyerap kalsium dan beragam nutrisi dari makanan / minuman yang dikonsumsi sehari – hari lalu menyimpannya di dalam ginjal, kandungan vitamin K berperan aktif dalam meningkatkan aliran darah dan membuka sel – sel darah yang mengalami penyumbatan di dalam tubuh. Sedangkan vitamin B12 berperan aktif di dalam meningkatkan memori.   

5/ Bisa sebagai media diet sehat karena es krim dapat menurunkan berat badan.

6/ Mengandung zat protein.

7/ Bisa sebagai media untuk menjaga gigi dan gusi tetap dalam kondisi sehat.

8/ Mengurangi peradangan.

9/ Rendah lemak dan kaya akan gizi.

Cara Membuat Es Krim

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa es krim dihidangkan sebagai salah satu makanan penutup atau dessert. Pada waktu – waktu tertentu bisa difungsikan sebagai camilan sehat yang kaya akan kandungan gizi. Tersedia banyak sekali rasa dari es krim di pasaran namun cara membuat sendiri di rumah juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga anda tidak perlu lagi membeli es krim di luar rumah.

Resep membuat es krim vanila di rumah

Bahan – bahan yang wajib disediakan antara lain sebagai berikut :

  • Susus segar 1 L.
  • Gula pasir 200 gram.
  • Kuning telur ayam 4 butir dikocok lepas.
  • Tepung maizena 15 gram.
  • Vanili 1 sdm.

Bagaimana cara membuatnya ? Simak penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

  • Campurkan antara susu segar dengan gula pasir ke dalam panci untuk selanjutnya dimasak hingga mendidih sambil diaduk pelan – pelan agar tidak pecah.
  • Ambil 1 sdm susu campurkan dengan tepung maizena kemudian aduk hingga benar – benar tercampur merata.
  • Setelah campuran tepung maizena tercampur dengan sempurna lalu tuang ke dalam rebusan susu tersebut di atas sambil diaduk sekali lagi agar merata.
  • Tambahkan vanila, aduk – aduk hingga rata.
  • Dalam keadaan hangat – hangat kuku saring campuran susu dengan memakai kain tipis ke dalam wadah bersih lainnya.
  • Setelah semua tersaring dengan sempurna tuangkan kuning telur secara perlahan – lahan ke dalamnya lalu aduk – aduk hingga tercampur rata.
  • Diamkan sekitar 10 menit dan masukkan ke dalam lemari es / freezer.
  • Tunggu sekitar 15 menit, aduk – aduk kembali es krimnya, ini dilakukan sebanyak 3 kali agar memperoleh hasil es krim yang benar – benar halus bertekstur lembut.
  • Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu sekitar 8 jam agar es krim benar – benar membeku dengan sempurna.

Nah selesai sudah membuat es krim rasa vanila. Sangat mudah bukan membuatnya sendiri di rumah. Silahkan dicoba, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai es krim yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga berguna bagi para pembaca.

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Kadek Nila Utami 17
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel